Jejak Kuliner

Resep dan Rekomendasi Tekwan Asli Palembang Enak

4.5
(4)

Ketika mendengar kuliner khas Palembang, apa yang ada di pikiran Anda? Pasti tidak jauh-jauh dengan pempek, kan? Tapi, ada lagi kuliner khas Palembang lain yang tidak kalah enak, yaitu Tekwan Asli Palembang.

Salah satu kuliner khas Palembang ini terbuat dari campuran daging ikan dan tapioka yang dibentuk berupa bulatan-bulatan kecil. Biasanya, tekwan disajikan dengan kuah udang yang membuat rasanya semakin istimewa.

Tekwan Asli Palembang

Sejarah Tekwan Asli Palembang

Menurut sejarahnya, tekwan merupakan hasil akulturasi budaya Palembang dan Tionghoa. Ketika orang Tionghoa mulai banyak yang menetap di Palembang, mereka juga membawa kuliner khasnya yang berbahan dasar ikan. Kuliner ini kemudian diadopsi dan disesuaikan dengan lidah orang Palembang. Salah satunya dengan menambahkan kuah kaldu dan bumbu khas Palembang.

Nama Tekwan sendiri ternyata sangat lokal. Ada yang mengatakan kalau Tekwan merupakan kependekan dari berkotek samo kawan atau mengobrol bersama kawan. Terinspirasi dari kebiasaan orang Palembang yang senang mengobrol saat makan.

Rekomendasi Tekwan Asli Palembang Terkenal

Datang ke Palembang rasanya tidak lengkap jika tidak mencoba kuliner khas Palembang. Kalau bosan dengan Pempek, Anda bisa mencoba mencicipi Tekwan di berbagai rumah makan di Palembang. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi Tekwan Asli Palembang terkenal yang bisa Anda cicipi:

1. Pempek dan Tekwan Lince

Pecinta kuliner pasti sudah tidak asing dengan Pempek dan Tekwan Lince. Tempat ini memang terkenal dengan pempek dan tekwannya yang enak. Kalau Anda mau mencicipi Tekwan atau membeli oleh-oleh, Anda bisa datang ke Jl. Tugumulyo No. 2398, 20 Ilir D II.

Anda bisa mengunjungi Pempek dan Tekwan Lince setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB. Untuk harga satu porsi tekwan di sini juga cukup terjangkau. Yaitu sekitar Rp 22.500.

2. Warung Tekwan Mang Dayat

Terletak di Jl. Depaten Lama No. 106, 27 Ilir, tempat ini buka setiap Senin-Sabtu sejak pukul 16.00 s.d. 21.00 WIB.

Ada berbagai menu yang ditawarkan di Warung Tekwan Mang Dayat. Mulai dari tekwan, model ikan, model gendum, dan lain-lain. Anda juga bisa memesan tekwan dan mie atau model dan mie. Harga Tekwan di tempat ini juga terbilang murah, yaitu sekitar Rp 7.000 sampai Rp 11.000 saja.

Tekwan Asli Palembang

3. Pempek dan Tekwan Saga Sudi Mampir

Pempek dan Tekwan Saga Sudi Mampir sudah berdiri selama puluhan tahun. Kurang lebih sejak tahun 1970. Karena itu, tempat ini adalah salah satu rekomendasi Tekwan Asli Palembang terkenal dan legendaris di Palembang. Sejak awal berdiri sampai sekarang, tempat ini masih memiliki cita rasa yang sama. Karena itu, banyak orang datang ke sini hanya untuk menikmati rasa tekwan legendaris ini.

Kalau Anda mau mencoba rasa tekwan di sini, Anda tinggal datang ke Jl. Merdeka, 22 Ilir. Tempat ini buka setiap hari pukul 10.00 sampai 21.00 WIB. Satu porsi tekwan di sini hanya dibanderol seharga Rp 25.000.

4. Model, Tekwan, Pempek Lek Min

Rekomendasi Tekwan terkenal berikutnya adalah Pempek Lek Min. Meski dikenal dengan pempeknya, tekwan di tempat ini memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan pempeknya. Harga tekwan di tempat ini juga cukup terjangkau. Yaitu hanya Rp 18.500 untuk satu porsinya.

Pempek Lek Min terletak di Komplek Meteor Garden, Jl. Dwikora I, Sungai Pangeran. Anda bisa datang ke tempat ini setiap hari sejak pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

5. Pempek dan Tekwan Candy

Siapa yang tidak kenal Pempek Candy? Hampir semua orang yang pernah ke Palembang tahu tempat ini. Pempek Candy memang dikenal dengan rasa pempeknya yang enak. Tapi ternyata, Anda juga bisa membeli tekwan di tempat ini.

Rasa tekwan di Pempek Candy juga termasuk yang paling enak di Palembang. Meskipun begitu, harga satu porsi pempek di sini terbilang sangat murah. Yaitu hanya sekitar Rp 17.500 saja. Untuk mencicipi tekwan di tempat ini, Anda bisa datang sejak pukul 07.30 sampai 22.00 WIB. Lokasi Pempek Candy berada di Jl. Jend. Sudirman No. 149/8, Sungai Pangeran.

Resep Tekwan Asli Palembang

Tekwan Asli Palembang

Tekwan ternyata bukan hanya enak di lidah saja. Makanan ini juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Selain karbohidrat dan kalori yang memberikan energi, Tekwan Asli Palembang juga kaya akan serat, sodium, dan kalsium.

Kuah kaldunya yang terbuat dari ikan juga kaya akan protein dan lemak tak jenuh yang menyehatkan. Anda bisa menjadikan Tekwan sebagai camilan di kala senggang, atau bahkan membuat kuah tekwan sebagai tambahan MPASI anak.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat Tekwan sendiri, berikut ini adalah resep tekwan asli palembang yang bisa Anda coba:

Bahan Tekwan Asli Palembang

Bahan Pempek:

  • 250 gr daging ikan tenggiri yang dicincang halus
  • 1 putih telur
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 gr tepung sagu
  • 2 sdm tepung terigu
  • 100 ml air es

Bahan Kuah:

  • 2 sdm minyak sayur
  • 4 siung bawang putih yang dicincang halus
  • 100 gr udang kupas yang dicincang
  • 1.5 liter kaldu udang
  • 1 sdm ebi yang sudah direndam hingga lunak dan ditumbuk kasar
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt gula pasir
  • 2 sdm garam
  • 4 buah jamur kuping segar yang sudah diiris kasar
  • 20 buah bunga sedap malam kering/kimchan yang diseduh hingga mengembang dan diikat
  • 100 gr bengkuang yang sudah diiris halus panjang
  • 20 gr suun yang direndam hingga lunak dan dipotong-potong
  • Untuk taburannya, dibutuhkan bahan:
  • 4 sdm bawang merah goreng
  • 2 sdm seledri cincang

Cara Membuat Tekwan Asli Palembang:

Cara Membuat Tekwan:

  1. Masukkan daging tenggiri dan bahan lainnya, campur hingga merata
  2. Gunakan sendok untuk membuat adonan menjadi bulat panjang atau bulat kasar
  3. Masukkan air secukupnya ke dalam panci dan didihkan
  4. Setelah mendidih, masukkan adonan tersebut ke dalam panci
  5. Tunggu hingga mengapung, angkat dan tiriskan

Cara Membuat Kuah:

  1. Masukkan kaldu udang ke dalam panci, didihkan dengan api kecil.
  2. Sambil menunggu kaldu mendidih, panaskan minyak dalam penggorengan
  3. Tumis bawang putih sampai warnanya berubah kuning dan agak harum
  4. Masukkan udang dan ebi, tumis hingga wangi
  5. Tuang bumbu yang sudah ditumis ke dalam kaldu udang, didihkan
  6. Masukkan garam, gula, dan merica sesuai selera
  7. Masukkan bola ikan, jamur, sedap malam, dan bengkuang, didihkan hingga matang
  8. Angkat dan tiriskan
  9. Tekwan siap disajikan. Beri taburan bawang merah goreng, seledri, dan sambal rawit sesuai selera

Kalau Anda merasa porsi tersebut terlalu banyak, Anda bisa memisahkan sebagian tekwan yang sudah direbus terlebih dahulu. Simpan sebagian tekwan tersebut di kulkas agar lebih awet.

Tertarik untuk membuat Tekwan Palembang? Kuliner satu ini memang paling enak dinikmati hangat. Apalagi jika Anda menikmatinya bersama teman, keluarga, atau orang tersayang. Selamat mencoba!

Terimakasih telah membaca, jangan lupa beri rating bintang lima

Klik bintang untuk memberi rating

Average rating 4.5 / 5. Vote count: 4

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!