Jejak Kuliner

Seruit Khas Lampung, Kuliner Sambal Ikan

4.7
(3)

Pernah dengar makanan Seruit khas Lampung? Seruit adalah sambal  yang merupakan hasil perpaduan antara sambal terasi, tempoyak, dan ikan bakar. Perpaduan rasa sambal terasi dan tempoyak memberikan sensasi pedas masam manis nan segar yang menggoda.

Nama seruit sendiri berasal dari kata nyruit, yang berarti makan bersama. Biasanya makan bersama antar keluarga, saudara, kerabat, tetangga, maupun sahabat. Seruit juga kerap kali dihidangkan di acara keluarga, pernikahan, keagamaan hingga acara adat.

Seruit Khas Lampung

Di Lampung, makan bersama merupakan tradisi yang dinilai dapat mempererat kebersamaan antar individu. Karena merupakan tradisi yang dilakukan turun temurun di Lampung, melakukan nyruit dan menghidangkan seruit khas Lampung masih dilakukan hingga sekarang.

Ciri-ciri Seruit Khas Lampung

Sekilas Seruit khas Lampung memang terlihat mirip dengan ikan bakar bumbu atau pecel lele. Akan tetapi, pembuatan seruit khas Lampung biasanya menggunakan ikan sungai. Seperti ikan belida, layis, baung, dan lain-lain. Selain ikan sungai, ikan air tawar juga banyak digunakan sebagai alternatif.

Ciri khas seruit Lampung bukan hanya pada jenis ikan yang digunakan saja. Tapi juga pada penggunaan tempoyak di dalamnya.  Tempoyak sendiri adalah durian matang yang difermentasi. Yaitu dengan cara menggarami daging durian matang untuk kemudian diasamkan. Setelah proses fermentasi selesai, daging durian akan dihaluskan dan menjadi tempoyak.

Rekomendasi Kuliner Seruit Khas Lampung

Kalau Anda berkesempatan mengunjungi Lampung, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner khas Lampung satu ini. Ada beberapa rekomendasi kuliner seruit Lampung yang bisa Anda coba. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Rumah Makan Rusdi Gendut

Salah satu Rumah Makan yang menyediakan menu seruit khas Lampung di Lampung adalah Rumah Makan Rusdi Gendut. Rumah makan yang berdiri pada 2010 ini terletak di Jalan Pangeran Tirtayasa Sukabumi, Bandar Lampung. Lokasi Rumah Makan Rusdi Gendut juga cukup strategis. Anda bisa menemukannya dengan mudah karena terletak di pinggir jalan utama.

Selain menyediakan menu Seruit, rumah makan milik Rusdi ini juga menyediakan menu lain khas Lampung. Hal ini karena tujuan dari lahirnya rumah makan tersebut memang untuk melestarikan makanan khas Lampung.

Rusdi menyadari kalau rumah makan khas Lampung masih belum sebanyak rumah makan Padang atau Sunda. Padahal, ada banyak kuliner lampung yang menarik untuk dicoba. Salah satunya tentu saja adalah seruit.

2. Rumah Makan (RM) Cikwo

Rumah Makan Cikwo berlokasi di Jalan Nusa Indah 3, Pakis Kawat, Bandar Lampung. Selain seruit khas Lampung, Anda akan menjumpai beragam jenis kuliner khas Lampung lainnya di sini. Seperti  Sop Tuhuk, Sate Tuhuk, Taboh Iwa Tapa atau gulai Taboh, Pandap, Khetak Belulang, Bekasam, Sambal Khalipu, Pindang Baung, Pepes Baung.

Tidak berbeda jauh dengan Rusdi, pemilik Rumah Makan Rusdi Gendut, Isna selaku pemilik Rumah Makan Cikwo juga membangun tempat ini dengan keinginan yang serupa. Isna mengutarakan alasannya fokus pada hanya makanan khas Lampung, karena ingin mempopulerkan kembali khasanah kuliner asli Bumi Ruwa Jurai. Menurutnya, masih jarang yang menyediakan kuliner khas Lampung.

3. Dapur Tatu

Restoran Dapur Tatu berlokasi di Tiuh Kedamaian. Sebuah Kampung tua masyarakat Lampung. Lokasi rumah makan ini berada di tengah kota Bandar Lampung. Meski baru dibuka pada tahun 2014, restoran ini menawarkan beragam makanan khas Lampung yang menarik untuk dicoba.

Menu utama restoran ini adalah Seruit khas Lampung. Namun, Anda tidak akan mendapatkan seruit yang biasa saja di sini. Dapur Tatu menyajikan seruit yang dibuat dengan campuran timun rebus dan sedikit kuah pindang. Sehingga, rasanya semakin segar, gurih, dan khas.

Selain bisa mencicipi rasa seruit yang enak, Anda juga bisa melihat proses pembuatan seruit secara langsung. Bahkan Anda juga akan mendapatkan penjelasan dan filosofi dari seruit Lampung. Menarik bukan?

Seruit Khas Lampung

Resep Seruit Lampung

Tertarik dengan menu Seruit Lampung? Di masa PPKM seperti ini, perjalanan antar pulau menjadi tidak semudah biasanya. Jadi, akan sulit bagi Anda untuk mencicipi seruit langsung di Lampung. Tapi, kalau Anda penasaran dengan rasa makanan ini, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Berikut ini adalah resep seruit Lampung yang bisa Anda coba.

Bahan Membuat Seruit:

  • Ikan (sesuai selera) 1ekor
  • Bumbu Ikan Bakar:
  • Bawang Putih 2 siung
  • Garam secukupnya
  • Kunyit 2 cm
  • Jahe 2 cm
  • Tempoyak durian

Bahan Sambal Terasi:

  • Cabai merah 5 buah
  • Cabai rawit 2 buah
  • Garam secukupnya
  • Bawang putih 1 siung
  • Tomat ½ buah
  • Terasi bakar
  • MInyak goreng secukupnya

Bahan Lalapan (opsional sesuai selera):

  • Daun singkong, rebus hingga matang
  • Terong panjang, rebus hingga matang
  • Labu, rebus hingga matang (atau sesuai selera)
  • Jengkol
  • Terong kecil
  • Petai
  • Daun mangga muda
  • Kemangi
  • Daun jambu monyet (atau sesuai selera)

Cara Membuat Seruit Lampung

Untuk membuat seruit Lampung, ada beberapa tahap yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu. Yaitu membuat ikan bakar, kemudian membuat sambal terasi, baru kemudian membuat seruit Lampung. Untuk lebih jelasnya, berikut ini tahapan membuat seruit yang bisa Anda coba:

Cara Membuat Ikan Bakar:

  1. Bersihkan insang, isi perut dan sisiknya
  2. Beri scoring / sayatan agar bumbu lebih meresap
  3. Haluskan bahan bumbu ikan bakar
  4. Balurkan bumbu secara merata pada ikan
  5. Bakar ikan hingga matang
  6. Diamkan sebentar sampai agak dingin
  7. Suwir-suwir ikan bakar yang sudah agak dingin

Cara Membuat Sambal Terasi:

  1. Masukkan secara berurutan bahan sambal terasi, mulai dari bawang putih, cabai, kemudian tomat ke dalam minyak panas
  2. Goreng sebentar, angkat dan tiriskan
  3. Uleg semua bahan sambal terasi

Cara Membuat Seruit:

  1. Campurkan empat sendok makan sambal terasi, dua sendok makan tempoyak durian, suiran daging ikan bakar, sedikit air dan perasan jeruk nipis
  2. Sajikan bersama lalapan (mentah atau matang sesuai selera) dan nasi hangat
Seruit Khas Lampung

Tips Membuat Seruit Lampung

Sebenarnya, ada beberapa perbedaan yang biasa digunakan untuk membuat campuran seruit. Umumnya, Seruit khas Lampung dibuat dengan komposisi 1 sdm sambal terasi, 1 sdm tempoyak, 2 sdm kuah pindah, dan 2 sdm kuah gulai taboh. Namun, Anda bisa membuatnya sesuai dengan selera Anda.

Setelah bahan-bahan seruit tercampur rata, barulah rasa khas seruit akan muncul. Rasa gurih ikan, masam tempoyak, dan sedapnya sambal terasi akan tercampur dengan baik dan memberikan sensasi rasa yang menggiurkan.

Kalau Anda tidak terlalu suka dengan tempoyak atau durian, Anda bisa menggantinya dengan sambal mangga atau parutan mangga. Rasa yang dihasilkan juga tidak akan kalah nikmat dengan seruit yang dibuat menggunakan tempoyak.

Tertarik untuk mencicipi Seruit khas Lampung? Anda bisa membelinya di salah satu tempat rekomendasi kuliner seruit Lampung atau mencoba resep seruit Lampung sendiri. Jangan lupa untuk menyantapnya bersama keluarga atau orang terdekat. Dijamin rasanya akan semakin nikmat. Selamat mencoba!

Terimakasih telah membaca, jangan lupa beri rating bintang lima

Klik bintang untuk memberi rating

Average rating 4.7 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!