Vitamin Sea

9 Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Balekambang Malang

5/5 (6)

Pantai Balekambang Malang
blog tiket.com

Wisata ke pantai bisa menjadi hiburan menyenangkan untuk melepas penat. Pemandangan laut yang seakan tidak berbatas, deburan ombak, serta semilir angin dapat membuat Anda merasa sedang dimanjakan alam. Bagi Anda yang bosan dengan rutinitas sehari-hari, Anda bisa mencoba datang dan mengunjungi Pantai Balekambang Malang.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Balekambang saat berkunjung bersama keluarga, teman, pasangan, atau bahkan saat berwisata sendiri. Berikut ini adalah beberapa inspirasi kegiatan di Pantai Balekambang yang bisa Anda coba:

Alamat dan Akses ke Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang menurut google maps berada sekitar 58,2 km ke arah selatan dari Kota Malang. Tepatnya di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak tempuh Pantai Balekambang dari Malang berkisar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Kalau Anda ingin datang ke pantai ini menggunakan kendaraan umum, Anda bisa berangkat dari Terminal Arjosari Malang. Cari angkutan jurusan Terminal Gadang, lalu lanjutkan dengan naik kendaraan jurusan Bantur. Kemudian turun di kecamatan Pagelaran atau Gondanglegi.

Dari sini, tidak ada angkutan umum lagi yang menuju pantai. Karena itu, Anda bisa melanjutkan dengan menggunakan ojeg hingga sampai ke pantai.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang Malang sebenarnya buka selama 24 jam. Akan tetapi, loket karcis masuk hanya buka sejak pagi hingga sore hari. Dan selama kebijakan PPKM berlangsung, destinasi wisata Pantai Balekambang tutup sementara untuk wisatawan umum.

Jika sudah dibuka kembali, biaya tiket masuk pantai ini sangat terjangkau. Anda bisa menikmati keindahan Pantai Balekambang hanya dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 15 ribu saja. Tidak ada persyaratan bukti rapid test atau vaksin untuk memasuki area pantai. Tapi pastikan Anda selalu menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Inspirasi Kegiatan di Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang adalah salah satu destinasi wisata pantai di Malang yang banyak menarik wisatawan. Pantai yang menjadi tempat wisata sejak tahun 1985 ini adalah salah satu pantai terkenal di Malang. Pasir pantai yang putih, akses jalan yang mudah, dan pemandangan yang menawan tentu saja membuat siapapun ingin datang ke Pantai Balekambang.

Nah, jika Anda memiliki kesempatan untuk datang ke Pantai Balekambang, berikut ini adalah beberapa inspirasi kegiatan yang bisa Anda lakukan:

1. Berenang di Pantai Balekambang

Datang ke pantai rasanya tidak lengkap jika Anda tidak mencoba berenang. Atau setidaknya membasahi tubuh dan menikmati air laut. Di pantai ini, Anda bisa berenang dan membebaskan diri Anda. Akan tetapi, pastikan Anda tetap berhati-hati dengan ombak yang datang.

Pastikan juga Anda tidak melewati batas aman yang telah ditetapkan oleh petugas. Biasanya, akan ada sejumlah petugas yang bersiaga di perahu karet. Sehingga, jika terjadi kecelakaan, petugas bisa dengan cepat bertindak dan memberi pertolongan.

Kalau Anda datang ke Pantai Balekambang bersama anak, pastikan anak Anda selalu berada dalam pengawasan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan baju ganti. Setelah berenang, Anda bisa membilas tubuh dan berganti baju di fasilitas toilet yang tersedia di pantai ini.

2. Berkemah di Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Malang

Siapa bilang berkemah harus dilakukan di gunung? Anda bisa merasakan serunya menikmati suasana alam sambil berkemah di Pantai Balekambang Malang. Apalagi jika ditemani dengan api unggun dan jagung bakar. Pasti terasa lengkap dan seru.

Jika Anda berencana untuk berkemah di pantai ini, pastikan Anda sudah membawa peralatan kemah secara lengkap. Karena tidak ada tempat penyewaan kemah yang tersedia di pantai ini. Dan tentu saja, Anda tidak perlu membayar biaya tambahan apapun untuk berkemah di Pantai Balekambang.

3. Mengunjungi Pulau di Sekitar Pantai

Berkunjung ke pulau selalu menjadi pengalaman liburan yang menarik. Ada tiga pulau yang berada tidak jauh dari Pantai Balekambang. Yaitu Pulau Ismoyo, Anoman, dan Wisanggeni. Dari tiga pulau tersebut, Pulau Ismoyo adalah yang paling populer. Bahkan sering disebut sebagai Tanah Lot-nya Jawa.

Di Pulau Ismoyo, Anda juga bisa mengunjungi Pura Amarta Jati. Menariknya, pura tersebut bisa Anda datangi hanya dengan menyebrangi sebuah jembatan. Jika Anda datang saat Hari Raya Nyepi, Anda juga dapat melihat ritual peribadatan yang diadakan di pura. Namun, jangan lupa untuk menghormati adat dan etika setempat ya.

4. Memancing di Pantai

Anda senang memancing? Atau ingin mencoba menikmati santapan ikan segar langsung dari laut? Jangan lupa untuk membawa peralatan memancing sendiri. Setelah memancing, Anda bisa membawa pulang ikan hasil tangkapan Anda atau membakarnya sambil berkemah.

5. Bermain Flying Fox

Sudah pernah bermain flying fox di sepanjang bibir pantai? Sejak tahun 2012 lalu, Pantai Balekambang Malang sudah memiliki wahana flying fox yang bisa dicoba oleh pengunjung. Untuk mencoba wahana ini, Anda harus datang di hari Sabtu atau Minggu.

6. Bermain di Sungai Kecil

Anak-anak biasanya senang sekali bermain air. Selain bisa bermain air di laut, Anda juga bisa mengajak anak-anak bermain di sungai kecil Pantai Balekambang. Agar lebih aman, Anda juga bisa menyewa ban kepada petugas yang berjaga.

7. Makan di Pinggir Pantai

Pantai Balekambang Malang

Ada banyak warung dan kafe yang bisa Anda temukan di Pantai Balekambang. Harga makanan yang dijual di pantai ini pun cukup terjangkau. Mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu per porsi. Setelah membeli makanan, Anda bisa menyantapnya sambil menikmati keindahan pantai. Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan ya.

8. Belanja Oleh-Oleh di Pantai

Sebelum pulang, Anda mungkin ingin membeli beberapa oleh-oleh sebagai kenang-kenangan atau buah tangan untuk keluarga. Ada beberapa kios oleh-oleh yang bisa Anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh. Biasanya, kios-kios tersebut menjual kacamata, topi, baju, dan berbagai pernak-pernik lainnya.

9. Bersantai di Pinggir Pantai

Selain melakukan berbagai kegiatan seru, Anda juga bisa memilih bersantai sambil duduk di pinggir pantai saja. Menikmati alunan laut, desiran air, suara ombak, dan berbagai keindahan alam lainnya. Agar lebih nyaman, Anda juga bisa membeli tikar dari kios sekitar.

Tips Berkunjung ke Pantai Balekambang Malang

https://pbs.twimg.com/media/D2afSa2UwAAnBeY?format=jpg&name=small

Berkunjung ke pantai bersama orang terdekat memang menyenangkan. Dan akan semakin menyenangkan jika Anda mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Datang di sore hari setelah matahari tidak terlalu terik
  • Menggunakan sunscreen atau sunblock sebelumnya
  • Bawa bekal makanan dan minuman secukupnya
  • Tidak membuang sampah sembarangan
  • Awasi anak-anak yang sedang bermain
  • Bawa perlengkapan berkemah dan memancing pribadi
  • Selalu taati protokol kesehatan

Itulah beberapa informasi dan inspirasi kegiatan di Pantai Balekambang Malang yang bisa Anda lakukan bersama teman, pasangan, atau keluarga. Semoga dapat membantu Anda yang ingin berwisata ke Pantai Balekambang, ya.

Baca juga: Berburu Ikan Sampai Pesta Adat di Pantai Sendang Biru Malang

“Terimakasih telah mampir dan membaca serta jangan lupa buanglah sampah pada tempatnya dimanapun kita berada”

Nilai Kualitas Konten

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!