Vitamin Sea

Berburu Ikan Sampai Pesta Adat di Pantai Sendang Biru Malang

5/5 (2)

Pantai Sendang Biru Malang
Pantai Sendang Biru Malang

Kondisi pandemi yang sudah berjalan lebih dari satu tahun tentu saja membuat Anda cukup jenuh berada di rumah. Karena itu, wisata outdoor ke pantai bisa menjadi refreshing yang menarik. Sebagai alternatif, Anda bisa mengunjungi Pantai Sendang Biru Malang.

Malang memang terkenal dengan banyak pantai sebagai objek wisata. Dari mulai pantai yang terkenal hingga pantai yang tersembunyi. Temu saja setiap pantai tersebut memiliki pemandangan indah yang memanjakan mata. Dari banyaknya pantai di Malang, Pantai Sendang Biru termasuk salah satu pantai tersembunyi yang indah.

Lokasi Pantai Sendang Biru Malang

Pantai Sendang Biru berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini menghadap ke arah Samudera Indonesia. Sehingga, pemandangan di tempat ini masih terasa sangat eksotis dan menarik.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sendang Biru Malang

Pantai Sendang Biru berada sekitar 72 kilometer dari pusat Kota Malang. Jarak tersebut bisa Anda tempuh sekitar 2 – 3 jam menggunakan sepeda motor atau mobil. Sayangnya, tidak ada kendaraan umum yang bisa Anda naiki untuk menuju ke pantai ini. Karena itu, Anda harus membawa kendaraan sendiri atau menyewa mobil.

Jika Anda berangkat dari Kota malang, Anda harus pergi dulu ke Gadang. Selanjutnya, ikuti jalan lurus dan belok kiri ke Pabrik Gula Krebet. Dari tempat tersebut, Anda tinggal mengikuti petunjuk arah hingga sampai ke Pabrik Pindad.

Setelah sampai di Pabrik Pindad, ambil belokan menikung ke kiri hingga masuk ke area pedesaan. Jarang pedesaan ke Pantai Sendang Biru hanya tinggal 15 kilometer saja. Dari pedesaan, Anda tinggal mengikuti petunjuk arah yang ada atau bertanya ke penduduk sekitar hingga sampai di Pantai Sendang Biru.

Perjalanan menuju Pantai Sendang Biru Malang dari kota umumnya cukup berkelok-kelok. Karena itu, pastikan Anda sedang berada dalam kondisi prima saat melakukan perjalanan.

Akan tetapi, perlu diingat juga kalau pemandangan sepanjang jalan cukup indah. Sehingga Anda bisa menikmati perjalanan sambil melihat pemandaan pepohonan di luar jendela. Anda juga bisa menikmati hembusan angin sejuk yang ada di Malang.

Harga Tiket Masuk Pantai Sendang Biru Malang

Untuk menikmati Pantai Sendang Biru, Anda perlu membayar harga tiket masuk terlebih dahulu. Akan tetapi, harga tiketnya masih sangat terjangkau. Yaitu sebesar Rp 5.000 per orang. Biaya ini tentu saja belum termasuk biaya lainnya seperti parkir, sewa perahu, peralatan memancing, dan lain sebagainya.

Kegiatan di Pantai Sendang Biru Malang

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Sendang Biru yang bisa Anda nikmati. Baik saat berkunjung bersama keluarga, bersama teman, ataupun saat liburan sendiri.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang bisa Anda coba:

1. Menikmati Keindahan Alam Pantai Sendang Biru Malang

Pantai Sendang Biru memiliki pesona alam yang memukau. Sebagian besar pantai di Malang memiliki ombak yang besar. Namun, ombak di Pantai Sendang Biru Malang justru sebaliknya. Pantai ini memiliki ombak yang tenang dan air yang jernih. Adanya Pulau Sempu juga menjadi penghalang dan pemecah ombak besar yang datang.

Ketenangan di pantai ini membuat banyak orang menjadikan Pantai Sendang Biru sebagai destinasi wisata favorit. Bukan hanya bagi turis lokal, tapi juga bagi turis asing yang datang.

2. Berenang dan Snorkeling di Pantai Sendang Biru Malang

Air laut yang tenang dan jernih membuat kegiatan berenang dan snorkeling bisa menjadi pilihan. Anda bisa berenang dan snorkeling dengan nyaman sambil menikmati keindahan pemandangan bawah laut. Mungkin juga sambil mengambil beberapa foto menarik.

3. Mencoba Perahu Wisata di Pantai Sendang Biru Malang

Sendang Biru

Bagi Anda yang ingin mencoba menikmati pemandangan laut, Anda juga bisa mencoba naik perahu wisata yang ada di Pantai Sendang Biru. Ada beberapa perahu yang  bisa Anda sewa untuk pergi ke Pulau Sempu atau sekedar menikmati pemandangan laut sekeliling pantai.

Harga sewa perahu di Pantai Sendang Biru cukup variatif. Biaya sewa perahu dayung sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 70 ribu. Sedangkan biaya sewa perahu motor sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu.

4. Mengunjungi Pulau Sempu

Selain menikmati pemandangan di sekitar pantai, Anda juga bisa mengunjungi Pulau Sempu yang berada tidak jauh dari Pantai Sendang Biru. Pulau Sempu merupakan salah satu kawasan cagar alam yang dilindungi. Karena itu, pemandangan alam di pulau tersebut juga sangat indah.

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Sempu, Anda perlu menyewa perahu wisata dari Pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Jarak dari Pantai Sendang Biru ke Pulau Sempu hanya sekitar 4 kilometer. Biasanya, wisatawan akan berperahu atau melakukan olah raga air lain di sekitar wilayah Pulau Sempu.

5. Mengunjungi Telaga di Pulau Sempu

Setelah sampai di Pulau Sempu, Anda bisa melakukan berbagai olah raga air yang menyenangkan atau sekedar berjemur. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi dan melihat-lihat telaga yang ada di pulau ini. Seperti Telaga Anakan, Telaga Lele, dan Telaga Sat Yang.

Telaga di Pulau Sempu merupakan danau dengan air tawar yang penuh ikan lele dan beberapa telaga air asin. Di sini, Anda juga dapat menemukan pasar pelelangan ikan yang menjual berbagai ikan segar dengan harga sangat murah.

6. Berburu Ikan di Pantai Sendang Biru Malang

Pantai Sendang Biru Malang

Berkunjung ke pantai rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati santapan ikan. Namun, sebelum itu Anda bisa mencoba pengalaman memancing dan berburu ikan sendiri. Ada beberapa tempat pemancingan ikan di sekitar wilayah pantai. Selain itu, Anda juga bisa mencoba pengalaman berburu ikan dari atas kapal.

7. Pesta Adat di Pantai Sendang Biru Malang

Bagi Anda pecinta wisata budaya, Pantai Sendang Biru Malang juga memiliki pesta adat yang menarik untuk dilihat. Setiap bulan September, penduduk pantai biasa mengadakan pesta adat yang disebut sebagai Pelik Laut.

Pesta adat ini berlangsung selama satu minggu. Sepanjang pesta, ada banyak hiburan yang disajikan. Dari mulai dangdutan, hiburan wayang, hingga acara menghanyutkan tumpeng berisi hasil laut ke tengah laut. Pesta adat ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat setempat terhadap Tuhan.

8. Bermalam di Penginapan Pantai Sendang Biru Malang

Kalau Anda berencana untuk menikmati matahari terbit dan terbenam di pantai ini, akan lebih menyenangkan jika Anda menyewa penginapan yang tidak jauh dari pantai. Ada beberapa penginapan dan homestay di sekitar Pantai Sendang Biru Malang yang bisa Anda sewa.

Harga penginapan di Pantai Sendang Biru cukup bervariasi. Tergantung layanan dan fasilitas yang dimiliki oleh penginapan tersebut. Namun, secara umum harganya masih cukup terjangkau. Anda bahkan masih bisa menemukan penginapan dengan harga Rp 200 ribu per malam di tempat ini.

Itulah beberapa informasi mengenai Pantai Sendang Biru Malang. Menurut Anda, kegiatan manakah yang paling menarik untuk dilakukan di Pantai Sendang Biru Malang?

“Terimakasih telah mampir dan membaca jangan lupa buanglah sampah pada tempatnya”

Nilai Kualitas Konten

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!