Hitz Vitamin Sea

Pantai Sendiki Malang, Surga Camping Indah Pinggir Laut

5/5 (6)
Pantai Sendiki Malang

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak pantai sebagai tempat wisata. Salah satunya Pantai Sendiki Malang yang berada di Malang Selatan. Selain dapat menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa mencoba bermalam dan berkemah di pantai ini.

Rute dan Lokasi Pantai Sendiki Malang

Pantai Sendiki berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Tidak jauh dari Pantai Sendiki, ada Pantai Tamban yang hanya berjarak 2 kilometer. Jika mau, Anda bisa mengunjungi dua pantai ini dalam satu hari.

Jarak Pantai Sendiki dari Kota Malang jika dilihat dari Google maps sekitar 70,3 kilometer. Jika menggunakan kendaraan, Anda bisa mencapai Pantai Sendiki dalam 2 sampai 3 jam perjalanan. Sayangnya, belum ada kendaraan umum menuju Pantai Sendiki Malang. Sehingga, Anda perlu membawa kendaraan pribadi untuk bisa sampai ke pantai ini.

Jika Anda berangkat dari Kota Malang, Anda bisa mengambil rute menuju Pakisaji lalu lanjut ke Kepanjen dan Gondanglegi. Dari sini, Anda bisa mengambil rute ke Turen hingga sampai di Sumbermanjing Wetan.

Pantai Sendiki Malang

Setelah sampai di Sumbermanjing Wetan, ikuti jalan menuju Pantai Tamban di daerah Tambakrejo. Selanjutnya, Anda akan menemukan jalanan menurun sampai ke pertigaan. Di pertigaan, ambil belokan ke kiri hingga Anda melihat pos kamling yang terbuat dari bambu. Lalu belok ke kanan di pos tersebut.

Jika Anda datang menggunakan mobil, Anda harus menitipkan mobil di rumah penduduk dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Karena mulai dari sini, jalanan hanya akan cukup untuk sepeda motor saja.

Pastikan untuk selalu berhati-hati. Karena jalanan di area ini sudah cukup rusak dan licin saat hujan. Setelah berjalan sejauh 3 kilometer, Anda akan sampai di Pantai Sendiki.

Harga Tiket Masuk Pantai Sendiki Malang

Agar bisa menikmati keindahan Pantai Sendiki, Anda diharuskan membayar sejumlah biaya masuk. Biaya masuk ini sangat terjangkau. Yaitu hanya sebesar Rp 5.000 per orang. Jika Anda membawa kendaraan, setiap kendaraan juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 jika menginap.

Pantai Sendiki juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memudahkan Anda. Seperti toilet, mushola, warung-warung warga, bahkan pemandian umum dan camping ground. Seluruh fasilitas tersebut dikelola dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat setempat.

Mitos dan Asal Usul Nama Pantai Sendiki

Pantai Sendiki Malang

Hampir setiap tempat di Indonesia memiliki mitos atau cerita asal-usulnya. Keberadaan mitos ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat tersebut. Begitu pula dengan Pantai Sendiki. Ada mitos turun temurun yang diketahui masyarakat tentang pemberian nama pantai ini.

Penamaan Pantai Sendiki Malang bisa dibilang cukup unik. Berdasarkan mitos yang beredar, Pantai Sendiki ditemukan oleh empat orang sahabat. Selanjutnya, empat orang sahabat itu saling berbagi lahan dan menancapkan patok kayu sebagai penanda.

Salah satu dari empat sahabat tersebut bernama Mbah Singo Lelono. Dia adalah orang yang terakhir menancapkan patok. Dengan bingung, Mbah Singo Lelono bertanya kepada sahabatnya yang lain, “Punyaku Seng Ndi Iki?”

Kabarnyanya, dari perkataan Mbak Singo Lelono inilah pantai tersebut diberi nama Pantai Sendiki. Terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, cerita tersebut rasanya layak dan menarik untuk diingat.

Pantai Sendiki Malang: Pantai Asri dan Bersih

Pantai Sendiki Malang

Bagi Anda yang menyukai wisata alam pantai, Malang bisa dibilang sebagai surganya wisata pantai. Ada banyak pantai cantik dan eksotis yang bisa Anda temukan di Malang. Dengan garis pantai sepanjang 77 kilometer, rasanya Anda tidak akan kehabisan destinasi wisata pantai saat datang ke Malang.

Saat ini, ada sekitar 14 pantai di Malang yang telah dikelola, baik oleh masyarakat setempat ataupun oleh pemerintah. Salah satunya adalah Pantai Sendiki.

Pantai Sendiki Malang memiliki pasir pantai berwarna putih yang cantik. Pemandangan di pantai ini juga masih asri dan bersih. Wajar saja, karena memang belum banyak wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini.

Jika Anda menyukai suasana pantai yang sepi, Pantai Sendiki bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Di tempat ini, Anda bisa sejenak keluar dari rutinitas yang menjemukan, menikmati suasana pantai dan keindahan alam di sekitarnya, bahkan berkemah dan bermalam di tepi pantai.

Keindahan Pantai Sendiki

Pantai Sendiki Malang

Pantai Sendiki berada di pesisir Selatan Pulau Jawa. Sebagaimana pantai lain yang berada di pesisir selatan, ombak di pantai ini juga terbilang cukup besar. Karena itu, sebaiknya Anda tidak berenang atau menyelam saat berkunjung ke pantai ini.

Meskipun begitu, Anda masih bisa menikmati keindahan pantai ini dengan cara lain. Misalnya dengan bermain-main air di tepi pantai sambil menikmati pemandangan lautnya yang indah. Air di Pantai Sendiki juga masih jernih. Sehingga, Anda bisa menikmati keindahannya tanpa perlu berenang di laut.

Tidak jauh dari pantai, Anda dapat menemukan hutan lebat yang indah. Keberadaan hutan ini membuat Pantai Sendiki tidak terlalu panas. Sehingga, Anda bisa berlama-lama menikmati keindahan suasana pantai dan tidak cepat kepanasan.

Keindahan Pantai Sendiki tidak hanya sampai situ saja. Pasir di pantai ini memiliki warna putih bersih yang memukau. Dan jika Anda sedikit berkeliling, Anda akan menemukan banyak bebatuan cantik yang tersebar di beberapa tempat di pantai ini. Keberadaan bebatuan tersebut membuat Pantai Sendiki menjadi semakin eksotis dan menawan.

Berkemah di Pantai Sendiki

Pantai Sendiki Malang

Akses menuju Pantai Sendiki bisa dibilang relatif sulit dibandingkan dengan destinasi wisata pantai di Malang lainnya. Sehingga, tidak banyak pengunjung yang datang ke tempat ini. Meski begitu, pantai ini bisa dibilang sebagai harta tersembunyi.

Karena tidak banyak pengunjung, Pantai Sendiki menjadi cocok untuk dijadikan tempat berkemah. Ada banyak spot kemah yang bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda. Beberapa di antaranya cukup nyaman dan aman karena berada cukup jauh dari bibir pantai.

Untuk berkemah di Pantai Sendiki Malang, Anda tidak harus membawa seluruh perlengkapan sendiri. Ada banyak tempat penyewaan tenda yang bisa Anda gunakan. Biasanya, harga sewa tenda sekitar Rp 75 ribu untuk kapasitas tenda 4 hingga 5 orang.

Namun, jika Anda memiliki perlengkapan dan tenda sendiri, Anda hanya akan dikenakan biaya buka tenda sebesar Rp 20 ribu saja.

Homestay di Pantai Sendiki Malang

Berkemah bukan satu-satunya cara menikmati keindahan Pantai Sendiki. Kalau Anda memutuskan untuk tinggal lebih lama untuk menikmati keindahan pantai, Anda bisa menyewa homestay yang ada di sekitar pantai.

Homestay di Pantai Sendiki biasanya disediakan di rumah penduduk setempat. Pengalaman tinggal di rumah penduduk tentu saja akan memberikan kenangan liburan yang menarik untuk dikenang.

Itulah beberapa informasi tentang Pantai Sendiki Malang. Jika Anda menyukai suasana pantai yang eksotis, bersih, dan masih sepi pengunjung, Pantai Sendiki bisa Anda jadikan tujuan destinasi wisata Anda selanjutnya.

Nilai Kualitas Konten

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!