Destinasi Hits

Pantai Gatra Malang: Pantai Bersih dan Tersembunyi

5/5 (7)
Pantai Bersih dan Tersembunyi

Siapa yang tak kenal Raja Ampat? Hampir semua orang tahu Raja Ampat dan keindahan alamnya. Tapi, tidak banyak yang tahu kalau Malang juga punya pantai bersih dan tersembunyi yang tidak kalah dari Raja Ampat. Ya, pantai tersebut adalah Pantai Gatra Malang.

Malang memang terkenal dengan berbagai destinasi wisata yang menarik. Dari mulai wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata alam. Garis pantai yang panjang di area selatan membuat Malang memiliki banyak sekali pantai yang memukau. Beberapa di antaranya bahkan belum terlalu terkenal.

Sebagian besar pantai di area Malang Selatan memiliki ombak yang tinggi. Namun, ada beberapa pantai yang memiliki ombak yang aman. Salah satunya adalah Pantai Gatra. Meski memiliki keindahan yang memukau dan ombak yang tenang, belum banyak wisatawan yang mengetahui pantai ini.

Karena itu, Pantai Gatra bisa menjadi destinasi wisata menarik bagi Anda yang menyukai pantai yang alami.

Lokasi Pantai Gatra Malang, Pantai Bersih dan Tersembunyi

Pantai Gatra berada di Desa Sitiarjo. Tepatnya di Dusun Sendangbiru, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Tidak jauh dari Pantai Gatra, Anda juga bisa menemukan berbagai destinasi wisata pantai di area ini. Salah satunya adalah Pantai Tiga Warna. Selain itu, ada banyak hutan mangrove yang keindahannya bisa Anda nikmati sepanjang perjalanan.

Rute Menuju Pantai Gatra Malang

Rute menuju Pantai Gatra tidak terlalu sulit. Jika Anda berangkat dari Kota Malang, Anda bisa memulai perjalanan dengan berkendara menuju Turen. Arah ini juga akan mengantarkan Anda ke Pantai Sendang Biru.

Sepanjang perjalanan, Anda akan menemukan banyak penujuk arah. Sehingga perjalanan akan terasa lebih mudah. Setelah sampai di kawasan Sendang Biru, lanjutkan perjalanan menuju Pantai Tiga Warna atau Pantai Clungup hingga sampai di pintu masuk kawasan Pantai Gatra.

Jika Anda tidak yakin dengan rute yang Anda tempuh, jangan malu untuk bertanya kepada penduduk sekitar. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda dengan menunjukkan jalan.

Setelah sampai di pintu masuk kawasan Pantai Gatra, Anda akan melihat jalan setapak yang sudah dipavling. Dari sini, Anda bisa turun dan memarkir kendaraan Anda. Lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan yang berpavling tersebut.

Sayangnya, pavling ini tidak sampai ke bibir pantai. Anda perlu melanjutkan perjalanan melewati jalan berbatu sejauh 400 hingga 500 meter. Nantinya, Anda akan melihat bibir Pantai Gatra Malang. Dan tidak lama kemudian, Anda akan sampai di Pantai Gatra.

Baca juga: Pantai Terbaik di Jatim, Pantai Tiga Warna Malang

Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Gatra Malang

Anda bisa mengunjungi Pantai Gatra kapan saja. Area pantai ini selalu dibuka selama 24 jam. Akan tetapi, waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah sekitar sore hari. Karena pada saat itu, matahari lebih teduh dan mungkin saja Anda bisa melihat matahari terbenam.

Biaya masuk kawasan Pantai Gatra juga terbilang murah bahkan sangat terjangkau. Anda cukup membayar sebesar Rp 10.000 saja untuk menikmati pantai ini. Jika Anda berencana untuk mencoba wahana kano, Anda bisa membayar Rp 25 ribu langsung kepada petugas kano.

Fasilitas di Pantai Gatra juga sudah terbilang baik. Anda bisa menemukan tempat ibadah, warung, hingga toilet. Jadi, Anda tidak perlu membawa bawaan atau makanan yang terlalu banyak.

Objek Wisata Pantai Gatra Malang

Ada banyak objek wisata dan kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Gatra. Berikut ini adalah beberapa di antanya:

1. Mengunjungi Pulau Karang yang Indah

Salah satu daya tarik Pantai Gatra adalah keindahan alamnya. Beberapa wisatawan menyebut pantai ini sebagai Raja Ampat-nya Malang. Di sini, Anda juga dapat menemukan pulau-pulau karang berwarna hijau yang indah.

Keberadaan pulau-pulau karang inilah yang membuat Pulau Gatra terasa seperti Raja Ampat. Selain itu, adanya pulau-pulau karang juga membantu memecah ombak di Pantai Gatra agar tidak terlalu besar.

Banyak wisatawan yang memilih pulau-pulau karang sebagai tempat selfie dan foto. Dan kalau beruntung, Anda bisa datang saat ombak surut dan menyeberangi pulau-pulau karang ini. Lengkap dengan berbagai jenis karang dan biota laut yang hidup di antaranya.

2. Berenang, Snorkeling, dan Bermain Kano di Pantai Bersih dan Tersembunyi

Keberadaan pulau-pulau karang membuat ombak di Pantai Gatra menjadi lebih tenang. Dengan begitu, Anda bisa berenang di laut dengan lebih tenang. Di sini, Anda juga bisa snorkeling sambil menikmati pemandangan bawah laut.

Selain berenang dan snorkeling, Anda juga bisa bermain kano. Apalagi jika Anda datang bersama keluarga atau sahabat. Bermain kano bisa menjadi aktivitas menyenangkan yang tak terlupakan. Untuk bisa bermain kano, Anda hanya perlu menyewa kano dengan biaya sewa Rp 25 ribu saja.

3. Menjelajahi Hutan Mangrove di Pantai Bersih dan Tersembunyi

Pantai Gatra juga memiliki hutan mangrove yang indah dan masih alami. Jika mau, Anda bisa menjelajahi hutan ini sampai ke area Pantai Clungup. Akan tetapi, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan dan keindahan hutan, ya.

4. Berolah Raga di Pantai Gatra Malang

Bagi Anda yang senang berolah raga, Anda juga bisa mencoba olah raga di pantai ini. Area pantai yang luas memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa olah raga pantai. Misalnya voli pantai atau sepak bola laut.

Akan tetapi, pastikan Anda membawa peralatan olah raga sendiri dari rumah. Melakukan olah raga pantai bersama keluarga atau teman terdekat tentu saja akan menjadi kenangan liburan yang menarik untuk diingat.

5. Melihat Sunset di Pantai Gatra Malang

Suasana yang sepi dan pantai yang indah akan menjadi perpaduan sempurna untuk menikmati matahari terbenam. Anda bisa datang ke Pantai Gatra pada sore hari agar bisa menyaksikan panorama matahari terbenam yang memukau.

Baca juga: Pantai pasir putih situbondo apakah tidak lagi putih?

Menjaga Kebersihan Pantai Bersih dan Tersembunyi

Pantai Bersih dan Tersembunyi

Ada yang menarik dari persyaratan mengunjungi Pantai Gatra. Biasanya, saat akan mengunjungi pantai, Anda hanya perlu membayar tiket masuk saja. Di Pantai Gatra, Anda juga akan mendapatkan daftar barang bawaan yang harus Anda isi.

Karena berada di area konservasi, kebersihan Pantai Gatra Malang memang sangat dijaga. Selain itu, ada beberapa peraturan yang juga harus Anda taati saat berkunjung ke pantai ini. Seluruh peraturan tersebut akan disampaikan oleh petugas sebelum Anda memasuki area pantai.

Selanjutnya, petugas di pintu masuk juga akan mendata seluruh barang bawaan Anda yang berpotensi menjadi sampah. Setelah memasuki area pantai, Anda tidak diizinkan untuk membuang sampah apapun di area pantai. Jadi, pastikan Anda membawa pulang semua sampah yang Anda hasilkan.

Sebelum pulang, petugas akan kembali mengecek barang bawaan Anda. Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kalau pengunjung tidak membuang sampah sembarangan di area pantai. Jika petugas mengetahui ada pengunjung yang membuang sampah sembarangan, maka petugas akan memberikan denda yang harus dibayarkan.

Peraturan yang unik inilah yang membuat kebersihan dan keindahan alami Pantai Gatra masih terjaga sampai saat ini. Jadi, tertarik berwisata ke Pantai Gatra Malang?

Nilai Kualitas Konten

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!