Hitz Vitamin Sea

Pantai Terbaik di Jatim, Pantai Tiga Warna Malang

5/5 (5)
Pantai Terbaik di Jatim

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar nama Pantai Tiga Warna Malang? Sesuai dengan namanya, pantai ini memang memiliki tiga gradasi warna yang memberikan daya tarik tersendiri. Apalagi jika Anda melihatnya dari ketinggian.

Pantai Tiga Warna merupakan salah satu pantai yang ada di kawasan konservasi. Tepatnya di kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC). Karena berada di area konservasi, pantai ini memiliki kebersihan dan keasrian yang terjaga.

Keindahan Pantai Tiga Warna

Nama Pantai Tiga Warna mengacu pada gradasi warna unik yang bisa Anda lihat di pantai ini. Warna ini mengacu pada warna air yang berbeda sesuai kedalamannya. Jika dilihat dari jauh, Anda akan melihat perpaduan warna merah, hijau, dan biru air laut yang cantik.

Karena keindahan yang unik ini, tidak heran jika banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk berkunjung ke Pantai Tiga Warna. Pantai ini baru dibuka sebagai destinasi wisata sekitar tahun 2014. Meski begitu, sudah banyak wisatawan yang mengenal dan menyukai pantai ini.

Lokasi Pantai ini di Malang Selatan

Pantai Tiga Warna berada di Kabupaten Malang. Tepatnya di Jalan Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Tidak jauh dari Pantai Tiga Warna Malang, Anda beberapa pantai lain yang bisa Anda kunjungi. Yaitu Pantai Gatra, Pantai Clungup, dan Pantai Batu Pecah.

Jika Anda berencana datang ke Pantai Tiga Warna, jangan lupa untuk melakukan booking terlebih dahulu. Karena berada di kawasan wisata, Anda perlu mendapatkan izin dari Clungup Mangrove Conservation terlebih dahulu untuk memasuki kawasan pantai.

Untuk melakukan reservasi, Anda bisa menghubungi pihak pengelola atau bagian reservasi dengan menghubungi nomor telepon 0812-3333-9889.

Rute Menuju Pantai Tiga Warna

Salah satu cara paling nyaman untuk berkendara ke Pantai Tiga Warna adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa menggunakan mobil atau sepeda motor. Namun, jika Anda menggunakan mobil, Anda perlu memarkir mobil sekitar 1 kilometer dari area Mangrove Conservation dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Jika Anda berangkat dari Kota Malang, Anda bisa mengambil jalan ke arah Gadang, lalu lanjut ke Turen. Selanjutnya, ikuti jalan menuju Pantai Sendang Biru selama kurang lebih dua jam. Setelah itu, Anda akan menemukan persimpangan ke dua pantai. Yaitu Pantai Goa Cina dan Pantai Sendang Biru.

Sampai di persimpangan, ambil jalur menuju Pantai Goa Cina dan ikuti jalan lurus sekitar 2 kilometer. Selanjutnya, Anda akan menemukan persimpangan lagi. Ambil belokan ke kiri atau ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Dari sini, Anda akan memasuki perkampungan Warna. Lalu ambil jalan ke Clungup Mangrove Conservation yang berada sebelum Bank BRI. Dari sini, Anda sudah dapat melihat pintu masuk ke area Pantai Tiga Warna.

Sayangnya, mulai dari sini Anda tidak dapat menggunakan mobil lagi. Karena itu, Anda perlu memarkir mobil Anda di area parkir terdekat. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jarak dari area parkir menuju pantai kurang lebih sejauh 1 kilometer.

Harga Tiket Masuk Pantai Tiga Warna Malang

Saat ini, Pantai Tiga Warna sudah dikelola dengan baik oleh pihak konservasi. Karena itu, Anda perlu membeli tiket masuk untuk bisa menikmati pemandangan alam di pantai ini. Tapi tidak perlu khawatir. Harga tiket masuk ke pantai ini masih sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 saja per orang.

Selain biaya masuk, Anda juga perlu membayar biaya guide sebesar Rp 100 ribu per 10 orang. Layanan guide ini berlaku selama 34 jam. Kalau Anda datang sendirian, Anda akan dimasukkan ke kelompok  lain. Artinya, Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 saja untuk biaya guide.

Uniknya, pengelola Pantai Tiga Warna Malang menerapkan pembatasan jumlah pengunjung yang datang. Jika kapasitas pengunjung sudah penuh, maka Anda perlu menunggu hingga kelompok sebelum Anda kembali. Pembatasan ini dilakukan untuk menjaga kebersihan area pantai.

Persiapan yang harus dipahami sebelum ke Pantai Tiga Warna:

1. Booking dan reservasi Kedatangan

Pengelola Pantai Tiga Warna menerapkan sistem reservasi dan membatasi jumlah pengunjung perhari. Kuotanya tidak boleh lebih dari 100 orang per hari. Dan kuota maksimal per kelompok pemberangkatan memasuki kawasan pantai adalah 10 orang, tidak boleh lebih. Jika Anda langsung datang tanpa booking di hari sebelumnya, dapat dipastikan anda akan ditolak oleh pengelola dan petugas yang berjaga karena tiap harinya kuota pengunjung sudah penuh. Intinya anda harus menanyakan langsung pada petugas

Pantai Tiga Warna
  • Penentuan hari dan jam keberangkatan ke Pantai
  • Anggota rombongan maksimal 10 orang dan harus menggunakan Guide.
  • Booking dan reservasi melalui No. HP 08133777659.
  • Tiket 10k per orang.
  • Jasa Pemandu Lokal 150k per 1-10 orang (Wajib)
  • Snorkling di Pantai Tiga Warna 25k per set
  • Atraksi Kano di Pantai Gatra 25k
  • Berperahu (maksimal 7 orang) Pulang Pergi dari Pantai Tiga Warna – TPI Sendang Biru 200k

2. Guide Lokal dan Menanam Pohon

Setiap Rombongan Maksimal 10 Orang wajib hukumnya menggunakan Guide Lokal, Setiap orang diharuskan membayar tiket senilai 1 pohon mangrove sebesar Rp.10k

3. Check List Barang Bawaan dan sampah

Semua barang bawaan pulang dan pergi harus tetap sama, termasuk sampahnya harus dibawah kembali sampai punting-puntung rokok dan tisu. Jika melanggar dan kurang maka akan kena sanksi berupa denda. Sampah dari barang bawaan tertinggal didenda Rp.100k per pcs. Karena kelestarian dan kealamian pantai tigawarna benar-benar dijaga kebersihanya dari sampah-sampah.

4. Batas Waktu Menikmati Pantai

Rata-rata waktu yang diperbolehkan mengunjungi Pantai Tiga Warna adalah 2 jam, jika melebihi jam yang ditentukan Guide mengingatkan kepada rombongan agar segera bergegas kembali dan melanjutkan perjalanan.

Objek Wisata Pantai Tiga Warna Malang

Masuk ke area Pantai Tiga Warna memang perlu didampingi oleh guide. Meski begitu, bukan berarti Anda jadi tidak bebas berekplorasi.

Ada banyak objek wisata dan kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Menikmati Pemandangan di Pantai yang Eksotik

Pengelola Pantai Tiga Warna menerapkan pembatasan pengunjung yang datang. Tentu saja hal ini membuat area pantai menjadi asri dan sangat terjaga kebersihannya. Anda yang menyukai pemandangan laut yang alami tentu saja akan sangat menyukai tempat ini.

Pantai Tiga Warna memiliki pasir putih dengan warna air laut yang memukau. Anda bisa menikmati keindahan ini sambil bermain air di bibir pantai. Atau sekedar duduk-duduk menikmati suasana.

2. Berenang di Pantai

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pantai dengan berenang atau snorkeling di laut. Jika Anda tidak membawa alat snorkeling, Anda bisa menyewa peralatan tersebut dengan harga Rp 15 ribu per orang.

Pemandangan bawah laut di Pantai Tiga Warna Malang sangat menakjubkan. Ada banyak terumbu karang dan biota laut yang cantik. Anda juga bisa melihat tiga warna air laut yang berbeda. Bahkan dengan mata telanjang sekalipun.

3. Berkemah di Pantai

Pantai Tiga Warna
Pantai Gatra

Mengingat bahwa pantai ini tidak bisa dikunjungi sembarangan, rasanya sayang kalau tidak menghabiskan malam di Pantai Tiga Warna. Jadi, jangan ragu untuk mendirikan tenda. Tapi Semua rombongan yang datang tidak diperbolehkan ngecamp atau menginap di Pantai Tiga Warna Malang dikarenakan wilayah kawasan pantai tersebut masuk dalam kawasan konservasi. Jika anda ingin ngecamp, anda diperbolehkan ngecamp dengan tenda di Pantai Clungup atau Pantai Gatra dengan tambahan biaya menyewa lahan, izin ngecamp, dan sewa tenda.

Biaya sewanya relatif murah. Untuk sewa tenda, biayanya adalah Rp 25 ribu per malam ditambah biaya sewa lahan sebesar Rp 25 ribu.

4. Trekking dari tempat Parkir Menuju Pantai

Sebelumnya, Anda mungkin bertanya-tanya, untuk apa biaya sewa guide yang Anda keluarkan? Nah, guide ini yang nantinya akan menemani Anda trekking di kawasan Pantai Tiga Warna. Bukan hanya di area pantainya saja, tapi juga ke kawasan konservasi hutan mangrove yang tidak jauh dari area pantai.

5. Melihat Ubur-Ubur di Pantai

Sudah pernah melihat ubur-ubur secara langsung? Jika belum, Pantai Tiga Warna akan memberikan Anda kesempatan untuk melihat ubur-ubur dan biota laut lainnya. Akan tetapi, pastikan untuk selalu berhati-hati dengan sengatan ubur-ubur.

Ada banyak ubur-ubur yang berkeliaran di laut Pantai Tiga Warna. Anda bisa mengabadikan keindahan ubur-ubur ini dengan memotretnya. Karena itu, jangan lupa untuk membawa kamera tahan air ya.

5. Snorkeling di Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna
s

Jangan lupa Kalau anda pecinta snorkeling, wajib banget mencoba snorkeling di sini, dijamin puas dengan ikan dan terumbu karang nya. Ada juga hewan-hewan unik penghuni perairan pantai ini, penasaran? segera kunjungi pantai ini.

Itulah beberapa informasi mengenai keindahan Pantai Tiga Warna, rute dan tiket masuk Pantai Tiga Warna, serta beragam destinasi Pantai Tiga Warna. Jika Anda berencana untuk datang ke pantai ini, jangan lupa untuk melakukan reservasi ke pengelola Pantai Tiga Warna Malang, ya!

Nilai Kualitas Konten

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!