Jejak Kuliner

Asal Muasal dan Rekomendasi Kuliner Jakarta Kerak Telor

4.8
(6)

Bagi orang Jakarta, nama makanan kerak telor tentu saja sudah tidak asing lagi. Makanan ini juga sering disebut sebagai omelet Betawi. Anda bisa menemukan kuliner Jakarta kerak telor dengan mudah di hari-hari istimewa atau saat perayaan Kota Jakarta.

Meski diberi nama kerak telor, makanan ini bukan hanya berasal dari telur yang dibuat mengerak. Bahan dasar membuat kerak telur adalah ketan dan telur. Kemudian, makanan ini akan disajikan bersama serundeng sebagai topping. Menikmati kerak telur akan semakin nikmat jika disantap saat hangat.

Kuliner Jakarta Kerak Telor

Sejarah Kerak Telor

Asal kerak telor kabarnya tidak sengaja ditemukan. Makanan kuliner Jakarta kerak telor dipercaya sudah ada sejak zaman Belanda. Makanan ini tercipta ketika masyarakat Betawi ingin memanfaatkan buah kelapa sebagai makanan.

Sekitar tahun 1970, masyarakat Betawi mencoba untuk menjual kerak telor. Siapa sangka kalau ternyata banyak orang yang menyukai makanan ini. Bahkan kerak telor sempat menjadi makanan favorit kalangan bangsawan. Karena itu, penjual kerak telor bisa ditemukan di mana saja.

Saat ini, penjual kerak telor hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu saja. Seperti acara festival, perayaan, atau di beberapa tempat wisata. Akan tetapi, harga kerak telor saat ini sudah sangat terjangkau. Sehingga, siapa saja bisa menikmati cita rasa kuliner khas Jakarta ini.

Resep kuliner Jakarta Kerak Telor Teflon

Membuat kerak telor sendiri di rumah sebenarnya cukup mudah. Anda bahkan bisa membuat kuliner Jakarta kerak telor dengan menggunakan teflon. Berikut ini resep kerak telor teflon yang bisa Anda coba sendiri:

Siapkan bahan kerak telor berikut ini:

  • Beras ketan 4 sdm
  • Telur ayam 1 butir
  • Serundeng kelapa 2 sdm
  • Air, kaldu bubuk, dan bawang panir secukupnya

Cara membuat kerak telor:

  1. Cuci beras ketan hingga bersih, rendam kurang lebih 3 jam. Tiriskan
  2. Siapkan teflon, masukkan beras ketan yang sudah dibersihkan
  3. Tambahkan air hingga terendam. Tutup teflon
  4. Masak sampai air menyusut dan beras menjadi lunak. Matikan api
  5. Kocok telur, tambahkan serundeng dan kaldu bubuk
  6. Aduk sampai rata, tuang ke atas ketan, aduk rata kembali. Tutup teflon
  7. Masak hingga permukaan agak kering
  8. Bolak balik kerak telor. Jika sulit, Anda bisa menggunakan piring seukuran teflon. Tutup teflon
  9. Tunggu sampai kecokelatan. Angkat
  10. Sajikan dengan serundeng dan bawang panir

Itulah cara membuat kerak telor sendiri di rumah. Jika Anda belum berkesempatan untuk ke Jakarta dan mencicipi kerak telor langsung, Anda bisa mengikuti resep tersebut dan membuatnya di rumah. Cukup mudah bukan?

Akan tetapi, jika Anda berada di Jakarta atau berencana liburan ke Jakarta, cobalah untuk mencicipi rasa original kerak telor khas Jakarta. Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk mencoba kuliner khas Jakarta satu ini.

Tempat Wisata Kuliner Jakarta Kerak Telor

Saat ini, menemukan kerak telor mungkin tidak semudah dulu. Anda tidak akan menemukan kerak telor di pinggiran kota Jakarta dengan mudah. Umumnya, kerak telor bisa dijumpai pada saat perayaan atau festival Kota Jakarta. Selain kerak telor, Anda juga bisa menikmati kebudayaan Jakarta lainnya.

Lalu bagaimana jika Anda ingin mencicipi kuliner Jakarta kerak telor saat tidak ada perayaan? Nah, beberapa tempat wisata ini bisa menjadi pilihan Anda.

1. Kerak Telor di Setu Babakan

Setu Babakan bisa dibilang adalah tempat terbaik berburu kerak telor. Ada banyak penjual kerak telor yang bisa Anda temukan di sini. Selain kerak telor, Anda juga bisa menemukan berbagai penganan khas Jakarta lainnya. Seperti toge goreng, dongkal, dan lain-lain.

Selain menikmati kerak telor, Anda juga bisa menikmati berbagai kesenian Betawi lainnya. Menikmati kerak telor sambil menonton kesenian Betawi bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

2. Kerak Telor di Lapangan Banteng

Untuk bisa menikmati gurihnya rasa kerak telor di Lapangan Banteng, Anda perlu datang di sore hari hingga malam. Para penjual kerak telor biasanya ada di area yang tidak jauh dari lokasi parkir motor. Menikmati kerak telor di tempat ini akan lebih menyenangkan jika bersama dengan orang terkasih.

Sebaiknya, Anda datang di akhir pekan. Karena setiap akhir pekan, air mancur di tempat ini menampilkan pemandangan yang indah. Tertarik untuk datang ke Lapangan Banteng?

3. Kerak Telor di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat wisata ketiga ini tentu saja tidak boleh Anda lewatkan. Ada banyak titik rekreasi yang bisa dinikmati bersama keluarga. Jangan lupa untuk mencoba kerak telor yang dijual disana ya. Biasanya, para penjual ini berada tidak jauh dari Anjungan DKI.

4. Kerak Telor di Monumen Nasional

Bicara soal Jakarta rasanya tidak lengkap jika tidak membahas Monumen Nasional atau Monas. Tempat ini merupakan salah satu tempat paling ikonik di Jakarta. Selain memiliki monumen khas Jakarta, ada banyak penjual makanan kuliner khas Jakarta di tempat ini. Termasuk kerak telor.

Jika Anda datang di akhir pekan, Anda bisa menikmati satu porsi kerak telor diiringi dengan musik yang berasal dari Monas. Menarik kan?

5. Kerak Telor di Kebun Binatang Ragunan

Anda yang sudah berkeluarga rasanya sayang jika tidak pernah berkunjung ke Ragunan. Tempat ini memiliki banyak koleksi hewan. Anda bisa mengenalkan anak-anak pada berbagai jenis hewan. Setelah lelah berkeliling, Anda bisa membeli beberapa porsi kerak telor untuk dinikmati bersama keluarga.

Menikmati kerak telor hangat sambil berpiknik dengan keluarga tentu saja akan terasa menyenangkan.

6. Kerak Telor di Kota Tua

Kota Tua adalah satu area yang berada di sekitar Museum Fatahillah. Di area ini, Anda bisa menemukan banyak penjual kerak telor. Akan tetapi, sejak pandemi berlangsung, area museum jadi steril dari berbagai macam pedagang.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Para pedagang dan penjual kerak telor masih bisa Anda temukan di Kota Tua. Hanya saja, tempatnya bergeser ke area di luar lingkar Museum Fatahillah. Di tempat ini, ada banyak penjual kerak telor yang bisa Anda coba.

7. Kerak Telor di Ancol

Ancol bukan hanya menawarkan pemandangan laut yang menarik saja. Saat ini, Ancol telah memiliki Kampung Betawi. Di area tersebut, Anda bisa menemukan berbagai macam kuliner dan oleh-oleh khas Betawi. Tentu saja termasuk kerak telor.

Anda bisa memilih kerak telor dari telor ayam atau bebek sesuai dengan pilihan Anda. Selanjutnya, Anda bisa menikmati kerak telor tersebut sambil menikmati semilir angin. Mencoba kerak telor di Ancol juga tetap nikmat meskipun Anda datang ke tempat ini sendiri atau bersama orang terdekat.

Itulah beberapa informasi mengenai kuliner Jakarta kerak telor. Termasuk sejarah dan asal muasalnya, resep kerak telor, hingga tempat wisata yang menyediakan kuliner ikonik ini. Tertarik untuk mencicipi atau membuat sendiri kerak telor?

Terimakasih telah membaca, jangan lupa beri rating bintang lima

Klik bintang untuk memberi rating

Average rating 4.8 / 5. Vote count: 6

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!