Destinasi Hits

Menikmati Keindahan Mangrove Pantai Clungup di Malang

5/5 (7)

Malang memang mempunyai banyak tempat wisata, mulai dari air terjun, pegunungan, hingga pantai ada di daerah tersebut. Salah satunya adalah Pantai Clungup yang letaknya di pesisir selatan Pulau Jawa. Pantai ini juga termasuk daerah mangrove conservation di Jawa Timur dan mendapat julukan sebagai ‘Raja Ampat’-nya Malang. Yuk baca ulasan mengenai Pantai Clungup di Malang di sini.

Pantai Clungup di Malang

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Pantai Clungup di Malang

Pantai Clungup mempunyai permukaan yang landai, dengan pasir yang sangat halus berwarna putih keemasan. Pantai ini memiliki beberapa pulau dengan batu karang raksasa yang ditumbuhi pepohonan rimbun, sehingga membuat arus lautnya tidak terlalu deras. Pulau-pulau tersebut yang membuat Pantai Clungup disebut sebagai ‘Raja Ampat’-nya Malang.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Clungup memang belum selengkap pantai-pantai atau lainnya di Jawa Timur. Belum banyak pedagang makanan yang menyediakan kuliner seafood di pantai itu. Selain itu, berbagai toko-toko souvenir dan penyewaan wahana air, seperti banana boat dan jetski juga belum tersedia.

Lokasi pantai memang terbilang terpencil dan sepi, bahkan sangat jarang ditemukan nelayan yang datang untuk berlabuh. Bila ada nelayan yang mau berlabuh di pantai ini, biasanya nelayan itu akan menyewakan perahu untuk mengantarkan wisatawan ke tengah laut. Wisatawan juga bisa meminta untuk diantarkan ke spot untuk snorkeling dan diving.

Namun hal itu justru menjadi daya tarik tersendiri untuk Pantai Clungup di Malang. Kalau ke sana, Anda bisa menikmati keindahan alam seolah-olah memiliki sebuah pulau pribadi yang belum diketahui oleh banyak orang. Anda juga bisa melakukan kegiatan menyenangkan lain, seperti berenang, snorkeling, hingga scuba diving. Namun pastikan Anda sudah menyiapkan peralatannya sendiri.

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di sini adalah memancing. Anda bisa menaruh pancingan di beberapa tebing besar yang ada di sekitar pesisir pantai. Anda juga diperbolehkan untuk membawa makanan dari luar, namun jangan membuang sampahnya sembarangan di sekitar pantai ya.

Karena termasuk daerah konservatsi hutan bakau, maka tidak ada penginapan terdekat di sekitar pantai. Meski demikian, Anda diizinkan untuk berkemah dan mendirikan tenda, dengan syarat mematuhi peraturan yang ada di pantai, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan merusak alam.

Arena yang ditujukan untuk camping pun cukup luas, dan sudah tersedia toilet umum yang bebas digunakan. Kalau memungkinkan, Anda bisa membuat api unggun dan membakar ikan di sini. Kalau malas memancing, Anda bisa membeli ikan hasil tangkapan nelayan yang singgah di pantai tersebut.

Pantai Clungup di Malang

Artike menarik lainya: Mau Wisata ke Pantai Goa Cina Malang Baca ini Dulu

Harga Tiket Masuk Pantai Clungup di Malang

Saat menuju Pantai Clungup di Malang, Anda akan melewati perkampungan beberapa rumah warga terlebih dahulu. Biasanya di tempat tersebut akan dikenakan tarif masuk. Kalau Anda memiliki kendaraan pribadi, parkirkan kendaraan itu di tempat yang sudah disediakan oleh para warga sekitar.

Seperti wisata pantai pada umumnya, harga tiket masuk menuju Pantai Clungup tidaklah mahal, hanya sebesar Rp6.000 untuk setiap orangnya. Harga tiket itu sudah termasuk membuat kemah selama satu malam di area camping. Harga yang terbilang sangat murah untuk menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Namun harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, terutama ketika memasuki musim liburan karena ramai pengunjung.

Untuk biaya parkir, biasanya dikenakan sebesar Rp3.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Kalau Anda membutuhkan tour guide untuk lebih mengenal pantai, Anda bisa menyewa dengan biaya sekitar Rp75.000 untuk sekali memandu perjalanan menuju Pantai Clungup. Setiap satu orang pemandu bisa memandu maksimal 10 orang wisatawan.

Lokasi Pantai Clungup Malang

Adanya tour guide untuk mengantarkan Anda ke Pantai Clungup dari area permukiman penduduk tentu bukan tanpa alasan. Pantai Clungup sendiri berlokasi di dalam area konservasi tanaman pohon bakau. Jadi kalau mau datang ke pantai ini, Anda harus melewati hutan mangrove dengan jarak sekitar 1 km dari lokasi permukiman masyarakat.

Selain memiliki lokasi yang terpencil, Pantai Clungup di Malang juga berada di tepian Samudera Indonesia. Samudera ini dikenal mempunyai arus air laut yang ganas dan besar. Meski demikian, arus air laut di Pantai Clungup sudah lebih terkendali karena gelombang air laut tertahan oleh beberapa pohon bakau dan bebatuan karang yang tinggi menjulang.

Lokasi Pantai Clungup secara administratif berada di Desa Sitiharjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Dari desa terdekat dari pantai tersebut, Anda tidak diizinkan membawa kendaraan jenis apapun ke kawasan pantai karena kawasan itu termasuk wilayah konservasi alam.

Artike menarik lainya: Tips Pendakian Gunung Semeru yang Perlu Diketahui

Rute Menuju Lokasi Pantai

Jarak dari kota Malang ke lokasi pantai sekitar 76 km dan membutuhkan waktu selama 3-4 jam dengan menggunakan mobil atau motor. Namun perjalanan panjang tersebut tidak akan terasa membosankan karena Anda akan disajikan pemandangan yang begitu indah.

Sebelum dijadikan wilayah konservasi, rute menuju Pantai Clungup bisa ditempuh melalui Goa China. Namun sejak ditetapkan sebagai kawasan konservasi mangrove, rutenya dialihkan melalui Pantai Sendang Biru. Dari Pantai Sendang Biru, Anda akan menemukan pertigaan dan papan petunjuk menuju Pantai Clungup. Dari pertigaan tersebut, Anda perlu berbelok ke arah kanan.

Saat sudah mendekati pantai, jalanannya biasanya akan menyempit sehingga disarankan untuk membawa motor saja. Kalau Anda datang ke sana menggunakan mobil, lokasi parkirnya akan lebih jauh dibandingkan dengan lokasi motor. Dari tempat parkir, Anda perlu berjalan kaki untuk menuju pantai.

Untuk rute lengkapnya, Anda bisa memilih perjalanan ke arah Kecamatan Bululawang dari pusat kota Malang. Arahkan kendaraan lurus terus sampai tiba di Kecamatan Turen. Kalau Anda mengambil jalur yang benar, Anda akan sampai di Kecamatan Sumber Manjing Wetan. Kecamatan Sumber Manjing Wetan sudah sangat dekat dengan daerah pantai.

Ketika Anda sudah sampai di tempat itu, Anda akan pertigaan dengan papan yang menunjukan arah ke Pantai Sendang Biru dan Pantai Clungup. Kalau Anda mengambil arah lurus, Anda akan sampai ke Pantai Sendang Biru. Ambil arah belok kanan untuk sampai ke Pantai Clungup.

Sesampainya di sana, Anda perlu memarkirkan kendaraan. Dari tempat parkir, Anda masih harus melalui Clungup Mangrove Conservation sepanjang sekitar 1.3 km. Saat musim hujan, biasanya ada batasan area khusus untuk parkir kendaraan. Jalan yang digunakan sebagai akses menuju pantai sendiri merupakan jalan setapak yang dicor dan hanya bisa dilalui pejalan kaki atau sepeda motor.

Kalau Anda merasa bosan di Pantai Clungup, Anda bisa bermain-main ke Pantai Gatra yang letaknya bersebelahan dengan Pantai Clungup. Pemandangan yang ada dalam Pantai Gatra juga tidak kalah indah. Karena lokasinya dekat, Anda bisa menuju ke Pantai Gatra menggunakan perahu. Jadi, apakah Anda tertarik untuk berlibur ke Pantai Clungup di Malang?

Nilai Kualitas Konten

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!