Jejak Kuliner

Rekomendasi Restoran Nasi Gudeg Khas Jogjakarta

4.8
(4)

Bagi Anda yang menyukai wisata kuliner, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan makanan gudeg khas Jogjakarta. Makanan ini hampir selalu jadi pilihan pertama setiap wisatawan yang datang ke Jogja. Rasanya tidak lengkap kalau datang ke Jogja tanpa mencoba makanan khas satu ini.

Selain bisa dimakan di tempat, gudeg Jogja juga bisa Anda jadikan oleh-oleh. Perpaduan rasa manis dan gurih pada gudeg menghasilkan cita rasa unik yang menggugah selera. Biasanya, oleh-oleh gudeg Jogja dikemas dalam kemasan besek. Sehingga terlihat semakin merakyat dan unik.

Tertarik untuk mencoba gudeg Jogja? Berikut ini adalah daftar restoran nasi gudeg khas Yogyakarta yang bisa Anda sambangi.

Gudeg Khas Jogjakarta

Mengenal Gudeg Khas Jogjakarta

Sebelum masuk ke rekomendasi restoran gudeg yang enak, ada baiknya Anda mengetahui dulu seperti apa makanan khas Jogja satu ini. Sehingga, Anda tidak bingung menjelaskan ketika ada yang bertanya gudeg Jogja itu apa.

Secara sederhana, gudeg khas Jogja adalah makanan khas daerah Jogja yang rasanya cenderung manis. Sebagaimana cita rasa makanan khas Jawa pada umumnya. Pembuatan gudeg umumnya menggunakan gori atau nangka muda sebagai bahan utama. Kemudian dikombinasikan dengan ayam suwir, telur, sambal krecek, dan tahu atau tempe.

Anda juga bisa menikmati gudeg khas Jogjakarta bersama sepiring nasi hangat dan segelas teh hangat. Dijamin rasanya akan semakin menggugah selera. Apalagi jika dinikmati bersama orang terkasih.

Rekomendasi Tempat Makan Terkenal Gudeg khas Jogjakarta

Nah, setelah mengetahui apa itu gudeg Jogja, Anda juga perlu tahu tempat makan gudeg Jogja mana yang cukup terkenal. Dengan mencicipi gudeg Jogja terkenal, Anda bisa merasakan rasa asli gudeg Jogja dan mungkin jatuh hati pada makanan ini.

Gudeg Khas Jogjakarta

Berikut ini adalah daftar tempat makan gudeg Jogja yang bisa Anda kunjungi:

1. Gudeg Yu Djum Wijilan

Mayoritas masyarakat Jogja pasti tahu nama restoran nasi gudeg khas Yogyakarta satu ini. Gudeg Yu Djum bisa dibilang adalah gudeg asli Jogja yang sesungguhnya. Resep gudeg yang disajikan di restoran ini merupakan resep asli yang diwariskan turun temurun.

Untuk memberikan pengalaman makan gudeg yang makin khas Jogja, Anda bisa memilih kemasan sajian. Gudeg Yu Djum memberikan dua pilihan kemasan, yaitu kemasan besek atau kendil. Ada berbagai varian gudeg yang bisa Anda coba. Mulai dari gudeg tahu tempe, telur, ayam, ati ampela, dan lain sebagainya.

Harga satu porsi gudeg di sini sekitar Rp 11.000 hingga Rp 45.000. Masih sangat terjangkau untuk siapa saja. Apalagi, gudeg khas Jogjakarta di sini juga tidak gampang basi. Anda bisa membawa gudeg ini sebagai oleh-oleh dengan aman.

Untuk mencicipi rasa gudeg Yu Djum, Anda tinggal datang ke Jalan Wijilan No. 167, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Gudeg Permata Bu Narti

Selain Gudeg Yu Djum, Gudeg Permata Bu Narti juga termasuk salah satu gudeg legendaris di Jogja. Gudeg ini sangat cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka rasa masakan yang terlalu manis. Dibandingkan dengan gudeg lainnya, gudeg Permata Bu Narti memiliki rasa yang cenderung lebih gurih.

Nama permata pada gudeg ini berasal dari lokasi gudeg ini dijual. Yaitu dekat dengan bioskop Permata yang terkenal pada masanya. Sayangnya, bioskop tersebut saat ini sudah tutup. Tapi Anda bisa menemukan Gudeg Permata Bu Narti dengan mudah saat datang ke sini.

Untuk menunya sendiri, gudeg di sini menawarkan menu yang tidak terlalu beda dengan gudeg lainnya. Dari mulai telur, krecek, kepala, tahu tempe, ayam suwir, dan lain-lain.Harga gudeg Permata Bu Narti juga cukup terjangkau. Yaitu sekitar Rp 12.000 hingga Rp 50.000.

Untuk menikmati berbagai macam menu di gudeg Permata Bu Narti, Anda bisa datang ke Jalan Gajah Mada, Purwo Kinanti, Pakualaman, Gunung Ketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg satu ini memberikan kesan gudeg yang berbeda dengan gudeg pada umumnya. Sesuai dengan namanya, Gudeg Mercon Bu Tinah cocok untuk Anda yang mencari gudeg dengan rasa pedas yang nikmat. Harga gudeg di sini juga cukup murah. Yaitu sekitar Rp 16.000 saja.

Akan tetapi, Gudeng Mercon Bu Tinah baru buka sekitar jam 9 malam. Meski begitu, pengunjung yang antri biasanya sudah cukup panjang. Selain gudeg ayam, telur, atau jeroan, di sini juga tersedia berbagai menu sate yang bisa Anda coba.

Lokasi Gudeg Mercon Bu Tinah berada di Jalan Asem Gede No. 8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Rumah Makan Gudeg Pawon

Hampir setiap rumah makan Gudeg di Jogja memiliki keunikannya masing-masing. Begitu pula Rumah Makan Gudeg Pawon. Keunikan rumah makan ini ada di cara pengolahannya yang unik. Sampai saat ini, Rumah Makan Gudeg Pawon masih menggunakan tungku kayu bakar untuk mengolah gudegnya.

Penggunaan kayu bakar ini membuat cita rasa Gudeg Pawon menjadi lebih nikmat. Apalagi, kayu bakar yang digunakan juga telah dikontrol kualitasnya. Sehingga, cita rasa gudeg khas Jogjakarta ini semakin terjamin kelezatannya.

Keunikan Gudeg Pawon bukan hanya soal cara memasaknya saja. Penyajiannya pun terbilang unik. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini memiliki pawon atau dapur untuk penyajian makanannya. Setiap tamu yang datang akan mengambil makanan langsung dari pawon.

Harga menu di Gudeg Pawon cukup variatif. Yaitu berkisar antara Rp 11.000 hingga Rp 24.000. Anda bisa menikmati gudeg langsung di tempat ini atau membungkusnya sebagai oleh-oleh. Lokasi Gudeg Pawon berada di Jalan Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Gudeg Sagan

Keunikan Gudeg Sagan ada di variasi gudeg yang ditawarkan. Hanya Gudeg Sagan yang memiliki menu gudeg basah dengan cita rasa khas. Gudeg basah di tempat ini disajikan dengan kuah santan kental yang nikmat. Selain bisa dinikmati bersama nasi, gudeg basah juga bisa Anda cicipi bersama menu bubur.

Gudeg Sagan juga memiliki suasana rumah makan yang menarik. Ada dua pilihan suasana yang bisa Anda pilih sesuai preferensi. Yaitu suasana indoor atau outdoor. Adanya live music di tempat ini juga membuat suasana makan di Gudeg Sagan semakin menyenangkan.

Harga menu di tempat makan ini berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 30.000. Untuk menikmati menu dan suasana Gudeg Sagan, Anda tinggal datang ke Jalan Prof. Dr. Herman Yohanes No. 53, Caturtunggal, Depok, Samirono, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nah, itulah lima tempat makan gudeg khas Jogjakarta yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Jogja. Dari lima rekomendasi tersebut, manakah yang paling ingin Anda coba? Jika Anda berkesempatan datang ke Jogja, jangan lupa untuk mencicipi atau membeli gudeg Jogja sebagai oleh-oleh.

Terimakasih telah membaca, jangan lupa beri rating bintang lima

Klik bintang untuk memberi rating

Average rating 4.8 / 5. Vote count: 4

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!