Jejak Kaki

Kesiangan Menuju Punthuk Setumbu Magelang

5/5 (1)

Punthuk Setumbu Magelang merupakan sebuah bukit yang terdapat salah satu tempat terbaik untuk melihat sunrise berlatar Candi Borobudur, Gereja Ayam atau Merpati Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dari ketinggian disini kita bisa melihat megahnya bangunan-bangunan dan gunung tersebut di pagi hari tersingkap di atas danau kabut yang terombang-ambing.

Puthuk setumbu

Keindahan dan kecantikan pemandangan mentari di pagi hari yang terbit selalu membuat kita tidak akan beranjak dari tempat ini. Mulai dari turis lokal seperti saya maupun turis mancanegara kawe seperti teman saya, hehehe.. Karena ke eksotisan tersebut tak heran jika spot disini, yang memberikan sajian pemandangan sunrise dan alam selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal dan manca negara.

Bukit Punthuk Setumbu di Magelang ini memiliki pemandangan pagi yang sedikit berbeda dibanding bukit-bukit yang lain. kita disini bisa menyaksikan mentari pagi muncul perlahan dari kemisteriusan Gunung Merapi ataupun Gunung Merbabu, disini juga kita bisa menyaksikan kemegahan warisan nenek moyang bangsa Nusantara yang paling terkenal yakni Candi Borobudur. Hal ini menjadi nilai tambah sendiri untuk bukit yang indah ini, tak heran jika Punthuk Setumbu merupakan lokasi favorit bagi pelancong untuk menyaksikan sunrise dan juga menjadi spot favorit bagi para fotografer dan makhluk instagramable. 😀

Anda juga bisa membaca:
Beli Stabilizer Handphone Zhiyun Smooth Q2, Lebih Kecil dan Efisien untuk Traveling
Dari Masjid Al Hidayah menuju Pura Ulun Danau Beratan
Mengunjungi Pura Bedugul dan Masjid Besar Al Hidayah di kawasan Wisata Danau Beratan

Otw Kesiangan Menuju Bukit

Kelelahan dihari pertama keliling magelang dari titik pertama stasiun tugu dan lempuyangan, membuat ku tidak dapat bangun ketika shubuh. Karena kaki dan mata terasa berat untuk beranjak dari tempat tidur, alhasil planing hari ini ke Bukit Punthuk setumbu untuk melihat sunrise mengalami sedikit keterlambatan, karena baru jam 5.30 baru bisa otw. Seharusnya untuk ketempat seindah ini untuk melihat sunrise harus berangkat sebelum jam 5.00. Sunrise tidak akan menunggu kita tapi kitalah yang harus menunggu sunrise karena waktu tidak bisa berhenti dan kembali lagi, uhuk -uhuk tumben gue sebijak ini gaesss.. wkwkwkwk..

Lokasi Bukit Punthuk Setumbu Magelang

Punthuk Setumbu Magelang memiliki tinggi kurang lebih 400 meter dpl yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh tempat terkenal di dunia persilatan jaman dulu di pilem-pilem kolosal, hehehe.. Dulunya tempat ini merupakan tempat persilatan, eh salah maksudnya tampat ladang penduduk. Namun setelah seorang fotografer mengabadikan gambar sunrise borobudur dari tempat ini, orang-orang pun berdatangan untuk mengunjungi tempat ini untuk mengabadikan dan menyaksikan matahari terbit. Jangan lupa buang sampah di tempatnya dan jaga kebersihan serta jangan alay dengan corat-coret tembok, pohon dll.

Bukit Punthuk Setumbu Magelang terletak tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Dari Yogyakarta dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Wisatawan wajib membayar retribusi sebesar Rp 15.000 / orang (Tahun 2019) yang ingin menikmati indahnya sunrise di Puncak Punthuk Setumbu .

Waktu Terbaik Mengunjungi Bukit

Wisatawan yang menyaksikan keindahan Borobudur saat fajar disarankan untuk tiba di tempat ini sebelum pukul 05.00 WIB atau tergantung waktu shubuh, karena tidak tentu jika melihat matahari terbit dari jam, bisa berubah seiring kemiringan bumi. Pokoknnya jika anda tidak tau, buka saja Google Map dan browsing Punthuk setumbu, ntar anda di pandu untuk kesini. Setelah tiba dari parkiran yang ada di kaki bukit, anda harus mendaki lumayan tinggi seperti di Gunung Bromo (klo pernah kesana), sekitar 15 menit untuk mencapai atas dengan rute berupa jalan yang sudah di beton dan dikanan atau kiri banyak orang berjualan makanan dan minuman ringan. Bagi anda yang tidak kuat berjalan menuju puncak, tak jauh dari tempat parkir ada gazebo di mana pengunjung bisa melihat sunrise dan Borobudur dari kejauhan.

Bagi anda maupun fotografer yang ingin mengabadikan sunrise di Punthuk Setumbu Magelang, waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat musim kemarau, sekitar bulan Mei hingga Oktober. Pada masa-masa ini matahari terlihat dengan jelas tanpa bersembunyi dibalik awan gelap, sehingga bisa mendapatkan momen yang indah. Selain itu jalan menuju bukit tidak licin seperti saat musim hujan. Sedangkan jika ingin memotret Candi Borobudur berselimutkan kabut, pengunjung bisa datang kapan saja.

Keadaan Puncak Punthuk Setumbu Magelang yang Instagramable

Puncak Punthuk Setumbu merupakan tempat luas yang disediakan dan dibangun untuk melihat pemandangan atau sunrise dari puncak bukit. untuk lebih jelasnya silahkan lihat di video terlampir, sulit dijelasin dengan kata-kata, wkwkwkwk. Di tempat ini terdapat banyak gazebo, tempat duduk dan bersantai serta kursi kayu yang bisa digunakan istirahat untuk menanti sunrise. Meskipun perjalanan treking di pagi hari melelahkan, namun hal tersebut akan terbayar lunas ketika anda menyaksikan lautan kabut diseputaran borobudur yang perlahan terangkat naik, terombang-ambing dan mentari muncul dari balik gunung dengan penuh keikhlasanya.

Tulisan diatas semoga bermanfaat, disadur dari berbagai sumber dan pengalaman selama mengunjungi Bukit Punthuk Setumbu, terimakasih telah mampir dan membaca.

Jangan Vandal, Jaga Kebersihan dan Jangan Nyampah #indonesiadaruratsampah

Nilai Kualitas Konten

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!