Jejak Kuliner

Rekomendasi Kue Bika Ambon dari Medan Terbaik

4.7
(3)

Bika Ambon menjadi makanan dari Medan yang paling banyak digemari. Kue Bika Ambon dari Medan sendiri adalah pengembangan dari kue bingka khas Melayu. Nama Bika Ambon berasal dari nama jalan tempat kue ini dijual pertama kali. Yaitu Jalan Ambon, Sei Kera Medan.

Kue Bika Ambon

Rekomendasi Toko Kue Bika Ambon yang Enak

Seiring dengan popularitasnya yang semakin meningkat, lambat laun kue ini menjadi oleh-oleh khas Medan. Mencicipi Bika Ambon asli Medan tentu saja menyenangkan. Akan tetapi, masa pandemi membuat hal ini sulit terjadi.

Bagi Anda yang ingin mencicipi rasa Kue Bika Ambon dari Medan, Ada beberapa toko kue bika yang bisa Anda coba. Beberapa toko tersebut bahkan memiliki variasi rasa Bika Ambon yang menarik untuk dicoba.

1. Bika Ambon Zulaikha

Siapa yang tak kenal Bika Ambon Zulaikha. Brand ini merupakan brand kue bika Ambon legendaris. Bisa dibilang, Bika Ambon Zulaikha adalah pelopor kue bika Ambon halal. Selain itu, kue ini juga menjadi oleh-oleh wajib setiap orang yang datang ke Medan.

Sayangnya, toko bika Ambon ini hanya ada di Medan. Jika Anda datang ke Medan, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke toko ini untuk membeli oleh-oleh. Rasa favorit bika Ambon di sini adalah original dan pandan. Tapi Anda juga bisa menemukan rasa lain yang bisa Anda coba.

Kalau Anda tidak sempat ke Medan, kue bika ini juga bisa Anda beli secara daring. Bika Ambon Zulaikha bisa tahan sampai dengan empat hari. Jadi, Anda bisa mendapatkan bika Ambon yang masih segar meski Anda membelinya secara online.

 2. Bika Ambon Meranti

Meranti memang terkenal karena kue bolunya yang sering dijadikan oleh-oleh. Tapi, toko kue ini tidak hanya menjual bolu. Rasa bika Ambon Meranti juga tidak kalah dengan rasa Kue Bika Ambon dari Medan lainnya.

Selain itu, harga Bika Ambonnya juga cukup terjangkau. Rasa original dan teksturnya yang lembut, membuat Bika Ambon mereka banyak dicari. Bika Ambon Meranti bisa Anda dapatkan melalui tokonya di berbagai marketplace.

3. Bika Ambon Rica Rico

Ingin mencoba rasa bika Ambon yang agak berbeda? Cobalah Bika Ambon dari Rica Rico. Toko kue ini tidak hanya menjual bika Ambon original dan pandan saja. Tapi juga ada rasa Red Velvet yang jarang ditemukan di toko lain.

Jika Anda ingin bika Ambon dalam ukuran kecil, Rica Rico juga bisa menjadi pilihan. Toko ini memiliki varian bika Ambon ukuran mini yang cocok untuk dimakan sendiri.

Kue Bika Ambon

4. Bika Ambon Sylvie

Kalau Bika Ambon Rica Rico punya rasa Red Velvet, maka Bika Ambon Sylvie punya rasa durian yang jadi andalan. Ada juga rasa keju, pandan dan original. Bika Ambon Sylvie bisa Anda temukan di marketplace dan layanan pesan antar makanan lainnya.

5. Bika Ambon Larizo

Jika Anda penggemar rasa green tea, Anda bisa mencoba Bika Ambon Larizo. Bika Ambon di tempat ini memiliki banyak rasa Bika Ambon kekinian yang menggugah selera. Bahkan Anda bisa mencoba bika Ambon dengan topping keju di atasnya.

6. Bika Ambon Holland

Walau hanya tersedia dalam rasa original saja, Bika Ambon dari Holland tersedia dalam berbagai ukuran. Mulai dari yang besar, slice hingga cup. Apalagi, toko Holland bisa Anda temukan dengan mudah dimana saja. Anda bisa mendatangi toko Holland terdekat dengan lokasi Anda atau memesannya secara online.

7. Bika Ambon BeFond

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, Bika Ambon BeFond bisa menjadi solusi penebus rindu Anda pada Kue Bika Ambon dari Medan. Toko BeFond tersebar di berbagai area Jakarta. Anda bisa mendapatkan Bika Ambon yang masih fresh untuk dinikmati.

Untuk mendapatkan Bika Ambon BeFond, Anda bisa mencari tokonya di marketplace ataupun layanan pesan antar makanan online lainnya.

8. Bika Ambon Biengo Bakery

Biasanya, bika Ambon dijual dalam ukuran besar. Porsi tersebut tentu saja terlalu banyak jika hanya dinikmati sendiri atau berdua dengan orang tersayang. Nah, jika Anda ingin mencoba bika Ambon dalam porsi satu orang, bika Ambon Biengo Bakery bisa menjadi solusi.

Bika Ambon dari toko ini tersedia dalam ukuran oval yang mungil. Jadi, Anda bisa membelinya sebanyak yang Anda butuhkan saja. Selain bisa dibeli langsung di toko, Biengo Bakery juga bisa Anda temukan di marketplace favorit Anda.

Resep Kue Bika Ambon dari Medan

Salah satu daya tarik bika ambon adalah rasa dan bentuknya yang khas. Sayangnya, harga satu kue bika Ambon cukup mahal. Karena itu, banyak orang yang mencoba untuk membuat bika Ambon sendiri di rumah.

Nah, kalau Anda ingin mencoba membuat bika Ambon, berikut ini adalah resep bika Ambon bersarang yang bisa Anda coba:

Bahan-Bahan:

– Bahan Santan

1. 250 ml santan (3 sachet santan kara @65ml + 55 ml air).

2. 1 ruas jari kunyit, diparut (bisa diganti kunyit bubuk).

3. 1 lembar daun pandan.

4. 3 lembar daun jeruk.

5. 1 batang sereh, geprek.

– Bahan Biang

1. 50 ml air hangat

2. 2 sdm terigu

3. 2 sdm gula pasir, haluskan

4. 6 gr (setengah sachet) ragi instan

– Bahan Adonan

1. 5 kuning telur

2. 1 putih telur

3. 100 gr gula pasir

4. 60 gr tepung tapioka

5. ¼ sdt garam

6. ½ sdt vanili

Cara Membuat:

1. Campur dan rebus semua bahan santan hingga mendidih, sisihkan sampai benar-benar dingin

2. Campur semua bahan biang dan aduk hingga rata

3. Diamkan selama 15 menit, sampai berbuih (yang menandakan raginya aktif dan masih baik digunakan. Jika ragi tidak membuat bahan biang membuih, buang ragi dan buat ulang bahan biang)

4. Kocok telur dan gula pasir sampai pucat dan lembut

5. Tambahkan tepung tapioka, garam dan vanili. Aduk rata.

6. Masukkan bahan biang, aduk hingga tercampur rata.

7. Masukkan bahan santan sembari disaring, kemudian aduk rata.

8. Tutup dengan plastik wrap kemudian dengan serbet bersih.

9. Diamkan selama 3 jam, sampai berbuih

10. Panaskan oven

11. Siapkan loyang yang sudah dilapisi dengan mentega dan tepung, kemudian panaskan dalam oven selama 10 menit

12. Setelah 3 jam, aduk adonan sebentar dan perlahan

13. Masukkan adonan dalam loyang, panggang dengan suhu 220°C api bawah, selama 50 menit, dengan posisi oven sedikit terbuka

14. Setelah 50 menit, ganti posisi api menjadi api atas bawah, panggang selama 10 menit

15. Keluarkan dari oven, tunggu benar-benar dingin

Setelah kue menjadi agak dingin, keluarkan kue dari loyang. Potong-potong kue sesuai selera, dan Kue Bika Ambon dari Medan siap disajikan.

Terimakasih telah membaca, jangan lupa beri rating bintang lima

Klik bintang untuk memberi rating

Average rating 4.7 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!