Destinasi Hits

Mau Wisata ke Pantai Goa Cina Malang? Baca Ini Dulu

5/5 (6)

Pantai Goa Cina, yang dulunya bernama Pantai Rowo Indah ini menjadi salah satu dari banyak wisata pantai populer di kawasan Malang Raya. Lokasi pantai ini berada di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuknya sangat murah, hanya Rp5.000/orang. Kalau Anda mau berwisata ke Pantai Goa Cina Malang, yuk baca dulu ulasan berikut.

Pantai Goa Cina Malang

Arti Nama Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina Malang

Nama Pantai Goda Cina diberikan karena memang ada sebuah goa dengan daya pikat tersendiri di kawasan pantai ini. Lokasi goa ini ada di Karang, sebelah kanan pantai dengan jarak sekitar 50 meter. Tingginya sekitar 2 meter, lebar 2 meter, dan terdapat rongga yang menjorok sekitar 8 meter. Memang tidak ada stalaktit dan stalagmit di situ, namun pemandangannya tetap tampak menakjubkan.

Awalnya objek wisata ini bernama Pantai Rowo Indah, namun terjadi peristiwa kematian seorang petapa dari Cina puluhan tahun lalu. Sejak saat itu, objek wisata ini berganti nama Pantai Goa Cina sampai sekarang.

Daya Tarik Pantai Goa Cina Malang

Pantai yang berada di garis pantai selatan ini mempunyai ombak yang besar sehingga cocok untuk berselancar. Selain Goa Cina, pantai ini juga mempunyai pulau lain, yakni Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya.

Pemandangan pantai tampak sangat asri, terdapat berbagai macam pepohonan di sini, seperti pohon tutup, cembirit, dan ketapang yang berjajar rapi. Ketika tidak ingin berenang, Anda bisa berteduh di bawah pepohonan itu sambil menikmati jernihnya air di bibir pantai.

Hal lain yang menjadi daya tarik Pantai Goa Cina Malang adalah fenomena alam yang langka, yakni gelombang bersimpangan dari tiga arah, yakni selatan, timur, dan barat. Menariknya, gelombang ini selalu saling bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya.

Arus gelombangnya begitu kuat, sehingga akan terdengar suara yang bergemuruh. Ombak yang besar tersebut membuat tidak ada pelayan yang berani bersandar di Goa Cina. Biasanya pantai hanya membuka jalur lalu lintas menuju ke Pantai Sendang Biru.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

Pantai Goa Cina Malang

Seperti di pantai lain, Anda bisa bermain pasir ataupun bersantai menikmati keindahan pantai di bawah pepohonan di pinggir pantai sambil menikmati es kelapa muda. Aktivitas tersebut sangat cocok di lakukan di pantai yang hawanya cukup panas ini.

Anda juga bisa berwisata kuliner di sini, menikmati nasi goreng, soto, ataupun mie instan. Namun memang tidak banyak menu yang tersedia di warung sekitar pantai, jadi lebih baik Anda membawa makanan sendiri dari rumah.

Pantai Goa Cina Malang sangat cocok dijadikan tempat untuk menikmati matahari terbenam. Kalau mau menikmatinya, Anda bisa berangkat pada siang hari kemudian camping di pinggir pantai sambil menunggu matahari terbenam. Tidak perlu khawatir mengenai perlengkapan camping, karena pengelola pantai sudah menyediakan fasilitas camping ground.

Anda bisa sekaligus melanjutkan camping hingga pagi hari untuk menikmati pemandangan matahari terbit dengan langit kemerahan dan bentangan laut biru. Namun perlu diingat bahwa jangan sampai mencoba berenang ketika ombak tengah pasang. Hal tersebut akan sangat berbahaya untuk keselamatan dan pihak pengelola juga akan memberikan sanksi jika sampai melanggarnya.

Sepulang dari pantai, Anda bisa membeli ikan segar yang dijual dengan harga terjangkau di sekitar pantai. Kalau malas membeli ikan segar, Anda bisa membeli oleh-oleh berupa makanan ringan yang terbuat dari ikan.

Tips Penting Berjemur

Pantai Goa Cina Malang mempunyai panas matahari yang cukup menyengat yang cocok digunakan untuk berjemur. Kalau mau berjemur, pastikan Anda memperhatikan hal-hal di bawah ini.

  1. Memilih waktu paling tepat.

Hindari berjemur ketika matahari sedang terik, karena itu bisa membuat kulit Anda mengelupas. Waktu terbaik untuk berjemur adalah pukul 8-9 pagi dan 4-5 sore.

  1. Mengenakan topi dan kaca mata hitam

Gunakan kaca mata hitam ketika berjemur karena sinar UV dari matahari bisa mengganggu penglihatan. Selain kaca mata, Anda juga perlu mengenakan topi sebagai perlindungan tambahan.

  1. Mengenakan tabir surya

Tabir surya menjadi salah satu komponen yang paling penting saat Anda akan berjemur. Lakukan pengolesan tabir surya setiap 20 menit sekali. Sesuaikan kandungan SPF-nya dengan warna kulit. Kulit yang semakin putih biasanya mengandung melanin yang semakin sedikit, sehingga butuh tabir surya dengan SPF yang tinggi.

  1. Menggunakan pakaian tipis

Ketika berjemur, Anda bisa menggunakan baju tipis supaya tidak merasa gerah. Bagaimanapun sinar matahari akan membuat badan banyak mengeluarkan keringat kalau Anda mengenakan baju tebal.

Rute yang Bisa Dilalui Menuju Lokasi Pantai Goa Cina Malang

Rute dari Juanda Sby menuju Pantai Goa Cina Malang

Rute jalan menuju Pantai Goa Cina tidaklah sulit untuk dilalui. Lokasi lengkap Pantai Goa Cina berada di Dusun Tumpak Awu, Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Pantai ini tidak jauh dari Pantai Bajul Mati dengan Pantai Sendang Biru, sehingga akan mudah untuk menuju ke sana. Hanya butuh waktu 15 menit untuk menuju Pantai Goa Cina Malangdari Pantai Bajul Mati atau Pantai Sendang Biru.

Kalau Anda mulai dari Malang Kota, Anda bisa langsung mengambil rute jalan menuju ke Gadang. Begitu sampai di perempatan Gadang, ambil rute jalan ke arah Bululawang, Turen dan Sumbermanjing Wetan. Setelah itu, pilih jalan menuju Dusun Sitiarjo. Begitu sampai di sana, Anda akan menemukan petunjuk arah untuk sampai ke Pantai Sendang Biru. Ambil arah kanan untuk menuju Pantai Goa Cina.

Tidak perlu khawatir akan tersesat, karena ada banyak rambu yang akan mengantarkan Anda untuk sampai di Pantai Goa Cina. Namun Anda harus sangat berhati-hati karena jalannya berkelok-kelok dan relatif dekat dengan jurang. Terlebih lagi, sekitar 500 meter di jalan utama ke Pantai Goa Cina rusak parah dan sulit dilalui.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju ke pantai, yakni dengan angkot AG/GA dari Arjosari Malang dan berhenti di Terminal Gadang. Dari Terminal Gadang, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkot bison ke arah Sumbermanjing Wetan. Kalau sudah sampai di sana, Anda tinggal naik ojek menuju ke Pantai Goa Cina.

Jangan lupa untuk memperkirakan jam berangkat dan pulang. Sebaiknya tidak pulang setelah petang karena akan sulit menemukan angkutan. Untuk memastikan rute yang Anda lalui sudah benar, manfaatkan Google Map sebagai pemandu Anda.

Transportasi Menuju Lokasi Pantai Goa Cina Malang

Kalau tidak memiliki kendaraan pribadi dan malas menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menyewa jasa rental mobil. Tarif jasa rental mobil di Malang terbilang terjangkau. Kalau dihitung-hitung, tarif rental mobil lebih terjangkau dibandingkan dengan tarif transportasi umum untuk sampai ke Pantai Goa Cina Malang.

Penggunaan rental mobil juga akan lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum. Keunggulan lain menggunakan rental mobil adalah Anda bisa memilih berbagai tempat wisata yang diinginkan dengan lebih leluasa. Kalau belum terlalu mengenal daerah Malang, Anda bisa menyewa supir dan tour guide sekaligus.

β€œTerimakasih telah membaca, jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya”

Nilai Kualitas Konten

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!