Vitamin Sea

Foto Keindahan Pulau Sempu di Malang, Bukan Sebagai Tempat Wisata

Masih banyak yang berwisata ke Cagar Alam Pulau Sempu di Kabupaten Malang. BBKSDA, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jatim menegaskan bahwa Sempu bukan tempat wisata dan merupakan Cagar Alam yang harus dijaga kelestarianya meskipun keindahan Sempu di Malang selalu menggoda mata seseorang yang melihatnya. Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 28/2011, cagar alam untuk penelitian, pendidikan, konservasi alam, penyerapan karbon dan pemanfaatan sumber plasma nutfah untuk penunjang budidaya.

Lokasi : Cagar Alam Pulau Sempu, Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur.

Lokasi di Jawa
LetakKabupaten MalangJawa TimurIndonesia
Kota terdekatKota Kepanjen
Koordinat8°26′09″S 112°41′45″EKoordinat8°26′09″S 112°41′45″E
Luas877 Ha
Didirikan1928
Pihak pengelolaBBKSDA Jatim

Bukan Sebagai Tempat Wisata

Petugas BBKSDA Jatim sesekali berpatroli mengelilingi keindahan Pulau Sempu di Malang dan menghalau wisatawan yang mau masuk ke Pulau dan meminta untuk mencari alternatif wisata alam atau Pantai Indah lainya di sekitar Sempu. Tujuannya, agar Sempu tetap terjaga dan tidak rusak.

Jika wisatawan yang terlanjur datang dan warga sekitar tidak diberikan perhatian khusus dikhawatirkan Sempu akan menjadi lahan bisnis yang dapat merusak kelangsungan ekosistem didalamnya. Karena semenjak dipublikasikan di stasiun TV nasional sebagai destinasi Traveling, Pulau semakin kotor dengan sampah dan banyak tangan-tangan jahil yang merusak area pulau, hal ini sangat disayangkan. Apalagi dengan perubahan perilaku monyet-monyet liar dan hewan sejenisnya yang mengandalakan sisa-sisa makanan atau pemberian dari pengunjung membuat miris pecinta alam dan BBKSDA. Jika ini terus dibiarkan maka ekosistem di dalam Sempu terancam rusak.

Ekosistem dan Keindahan Pulau Sempu

Pulau Sempu memiliki beberapa ekosistem selain keindahan di Malang itu sendiri, mulai hutan pantai, hutan mangrove, dan hutan hujan tropis dataran rendah. Bermacam-macam vegetasi tumbuh dan berkembang, diantaranya wadang (Pterocarpus javanicus), triwulan (Terminalia), bendo (Artocarpus elasticus), dan Buchanania arborescens.

Sementara vegetasi yang tumbuh dan berkembang di hutan pantai didominasi ketapang (Terminalia catappa), Baringtonia raceunosa, waru laut (Hibiscus tiliaceus), nyamplung (Calophylum inophylum), dan pandan (Pandanus tectorius).

Selain itu, ada empat jenis vegetasi mangrove dapat dijumpai, yakni api-api (Avicennia sp.), Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata, dan tancang (Bruguiera sp). Kawasan hutan menjadi habitat satwa liar dan dilindungi, seperti lutung Jawa (Tracypithecus auratus), elang Jawa (Nisaetus bartelsi), monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), babi hutan (Sus sp), kijang (Muntiacus muntjak), kancil (Tragulus javanicu) dan macan tutul Jawa (Panthera pardus melas).

Pulau Sempu adalah Cagar Alam

Sejak puluhan tahun yang lalu Keindahan Sempu di Malang dan keberagaman hayati yang terdapat didalamnya sudah sangat dikenal orang luas, sehingga Sempu sendiri menjadi cagar alam semenjak Tahun 1928, dikhususkan untuk penelitian, ilmu pengetahuan dan pendidikan konservasi. Pulau ini terlarang untuk pariwisata dan komersial lainya yang bisa mengancam dan merusak kelestarian ragam hayati didalamnya. Berwisata atau melakukan aktivitas tanpa izin dikawasan cagar alam merupakan pelanggaran yang bisa dipidanakan.

Pemanfaatan Pulau Sempu

Pemberdayaan nelayan, antara lain memasang rumpon. Sebanyak tiga rumpon terpasang untuk para nelayan. “Hingga sekali memancing 100 kilogram sampai dua ton cakalang, dan tuna,” kata Ketua Sahabat Alam Indonesia Andik Syaifudin. Pendapatan nelayan lebih besar dengan menangkap ikan dibanding menyediakan jasa untuk wisatawan. Selain itu, juga meningkatkan paket wisata kuliner hasil laut, wisata memancing, menyelam, dan berselancar. “Termasuk atraksi lumba-lumba dan paus bisa dilihat sepanjang tahun,” katanya. Jadi banyak alternatif wisata bisa mengalihkan wisatawan agar tak masuk ke Cagar Alam Pulau Sempu meskipun Keindahan Pulau Sempu di Malang sangat menggoda iman para pecinta Traveling. mongabay.co.id

Foto-foto hitz di seputaran Pulau Sempu

Semoga kawasan ini tetap lestari, bagi yang sudah pernah berkunjung karena ketidak tahuan maka tidak apa-apa. Jadikan memori foto-foto untuk tidak dilakukan lagi demi pelestarian Cagar Alam beserta flora dan fauna di dalamnya. Karena Pulau Jawa Sudah Padat, dan tidak ada warisan terbaik selain ilmu untuk anak-cucu kelak selain Cagar Alam yang harus dilestarijkan dan jaga bersama.

Pesen penulis, ketika anda mengunjungi tempat wisata atau terlanjur mengunjungi Keindahan Pulau Sempu di Malang ataupun dimanapun anda berada jagalah kebersihan dan buanglah sampah pada tempatnya. Karena Indonesia Darurat Sampah.

Nilai Kualitas Konten

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!