Jejak Kuliner

Ayam Betutu, Kuliner Khas Bali

4.7
(3)

Sudah pernah mendengar kuliner Ayam Betutu khas Bali? Kuliner yang berasal dari Gianyar ini ternyata sudah ada sejak tahun 1976. Meski berasal dari Gianyar, saat ini Anda bisa menemukan kuliner Ayam Betutu hampir di seluruh wilayah Bali.

Ayam Betutu

Ciri Khas Ayam Betutu Khas Bali

Meskipun namanya Ayam Betutu, ternyata kuliner ini tidak selalu menggunakan daging ayam untuk membuatnya. Anda juga bisa membuat makanan ini dengan menggunakan daging bebek. Biasanya, ayam betutu dibuat dengan membungkus daging dengan daun dan pelepah pisang.

Pada awalnya, ayam betutu dibuat dengan memasukkan bumbu-bumbu ke dalam perut ayam yang akan dimasak. Kemudian, ayam tersebut dibungkus dengan daun dan pelepah pisang. Bungkusan ini kemudian ditanam di dalam lubang dan ditutup dengan bara api sekam.

Proses pemasakan ayam betutu bisa membutuhkan waktu berjam-jam. Sehingga, rempah dan bumbu yang digunakan bisa meresap sempurna ke dalam daging. Cara pembuatan dengan arang sekam ini juga memberikan cita rasa aroma sekam yang khas dan menggugah selera.

Namun, cara tersebut sudah lama ditinggalkan. Pembuatan ayam betutu saat ini hanya menggunakan bakaran panggang saja. Cara modern ini memang mengurangi aroma sekam pada masakan, tapi cita rasa khas Ayam Betutu tetap terjaga.

Ciri khas dari kuliner Ayam Betutu khas Bali adalah rasa rempahnya yang kaya dan meresap hingga ke dalam daging. Pembuatan ayam betutu biasanya menggunakan dua jenis bumbu. Yaitu bumbu genep dan bumbu wewangean.

Bumbu genep terdiri dari bawang merah, bawang putih, kencur, kunyit, kemiri, lengkuas, jahe, laos, cabai rawit, serai, gula merah, daun limau, daun salam, dan minyak kelapa. Sementara bumbu wewangean terdiri dari merica hitam, merica putih, cengkih, pala, tabia bun, ketumbar, kemiri, menyan, jangu, bangle, dan kulit jeruk purut.

Rekomendasi Tempat Makan Ayam Betutu Enak di Bali

Ayam Betutu

Di Bali, terdapat banyak tempat makan yang menyediakan kuliner ini. Apalagi, kuliner ini banyak dicari oleh para turis domestik maupun luar negeri yang datang ke Bali. Bila Anda sedang berada di Bali, berikut tujuh tempat makan Ayam Betutu khas Bali yang bisa Anda kunjungi, di antaranya:

1. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Lokasi Ayam Betutu Khas Gilimanuk ada di Jl. Raya Tuban No. 2X, Badung, Bali. Tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.30 sampai 22.00 WITA.

Di tempat ini, Anda bisa memilih ayam kuah, goreng, maupun bakar. Tak hanya itu, Anda juga bisa memilih sambal yang beraneka ragam seperti matah, embe, maupun cabai krinyi. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 90.000 untuk satu ekor ayam.

2. Ayam Betutu Men Tempeh

Tempat makan legendaris ini berada di Jl. Gilimanuk, Melaya, Jembrana. Ayam Betutu Men Tempeh berdiri sejak 1978. Karena itu, Anda tidak perlu ragu akan kenikmatan rasa ayam betutu di tempat ini.  Ayam Betutu Men Tempeh buka setiap hari sejak pukul 07.00 sampai 21.30 WITA.

Harga satu ekor ayam di tempat ini sekitar Rp 121.000. Meski cukup mahal, porsi ayam betutu di tempat ini bisa untuk empat orang. Kalau Anda hanya datang berdua, dijamin akan sangat puas dan kenyang dengan rasa dan porsi yang disajikan.

3. Ayam Betutu Pak Man

Ayam Betutu Pak Man berada di Jl. Kubu Anyar No. 72X, Kuta. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 22.30 WITA.

Ciri khas ayam betutu Pak Man ada di bumbunya yang meresap sempurna pada ayamnya. Belum lagi tekstur ayam kampung di sini juga sangat lembut dan mudah ditelan. Harga satu ekor ayam betutu di sini sekitar Rp 95.000. Harga tersebut sudah termasuk sambal matah dan urap.

4. Warung Liku Nasi Bali

Warung Liku Nasi Bali adalah salah satu tempat makan Ayam Betutu Khas Bali yang memiliki banyak cabang. Salah satu yang paling ramai berada di Jl. Tukad Musi No. 19A, Panjer. Tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai 15.00 WITA

Harga dan porsi ayam betutu di tempat ini cocok untuk Anda yang datang sendiri atau berdua saja. Ada paket ayam betutu dengan dua pilihan yang bisa Anda sesuaikan. Yaitu paket nasi ayam jumbo dan nasi ayam biasa. Harga nasi ayam biasa dibanderol di harga Rp 15.000. Sedangkan nasi ayam jumbo hanya Rp 20.000.

5. Ayam Betutu Pak Sanur

Lokasi Ayam Betutu Pak Sanur ada di Jl. Arjuna No. 19, Ubud. Tempat makan ini adalah salah satu tempat makan ayam betutu yang selalu ramai pengunjung. Tempat ini buka sejak pukul 07.00 sampai 14.00 WITA. Selain karena rasanya yang enak, harganya juga sangat terjangkau.

Satu porsi nasi, ayam, dan sayur hanya dibanderol di harga Rp 25.000. Sedangkan porsi satu ekor ayam hanya Rp 100.000. Kalau Anda ingin mencoba ayam betutu di tempat ini, pastikan Anda datang lebih pagi. Anda juga bisa memesan lebih dulu satu hari sebelum datang ke lokasi agar tidak kehabisan.

Resep Ayam Betutu

Kalau Anda belum sempat mampir ke tempat tersebut atau jauh dari Bali, Anda juga bisa membuat ayam betutu sendiri. Resep Ayam Betutu khas Bali ini juga tidak terlalu berbeda dengan rasa aslinya. Atau setidaknya bisa menjadi pelipur rindu Anda pada Bali.

Berikut ini adalah bahan dan cara membuat ayam betutu yang bisa Anda coba sendiri:

Bahan Ayam Betutu:

  • 700 gr ayam utuh satu ekor
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 2 batang serai, iris tipis
  • 2 sdt penyedap rasa
  • 200 gr daun singkong rebus
  • 4 lembar daun jeruk
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bahan Bumbu Halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 12 buah cabai merah keriting
  • 2 cm kunyit bakar
  • ½ sdt ketumbar kasar
  • 2 cm jahe parut
  • 2 cm lengkuas parut
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdt minyak

Cara Membuat Ayam Betutu:

  1. Lumuri ayam dengan garam dan jeruk nipis secara merata
  2. Diamkan hingga 15 menit agar meresap. Sisihkan
  3. Panaskan minyak sekitar 2 sdm
  4. Tumis bumbu halus dan serai sampai dengan tercium bau harum
  5. Masukkan penyedap rasa, aduk sebentar, angkat
  6. Ambil setengah bumbu tadi, aduk bersama daun singkong dan daun jeruk. Masukkan ke dalam rongga perut ayam
  7. Lumuri sisa bumbu ke seluruh permukaan ayam secara merata
  8. Bungkus dengan daun pisang
  9. Kukus sekitar 45 menit, angkat
  10. Panggang ayam di atas wajan dengan menggunakan alas daun pisang hingga kecokelatan
  11. Belah ayam memanjang dua bagian
  12. Ayam betutu siap disajikan.

Bagaimana? Apakah Anda akan menikmati kuliner Ayam Betutu khas Bali ini dengan membeli atau membuatnya di rumah? Yuk, nikmati kuliner ini bersama dengan keluarga, kerabat, maupun teman. Dijamin bakal nagih deh.

Terimakasih telah membaca, jangan lupa beri rating bintang lima

Klik bintang untuk memberi rating

Average rating 4.7 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!