Tips Perjalanan

Pertama Kali Ke Luar Negeri, Anda Harus Mempersiapkan Hal Berikut ini

5/5 (1)

 

Pergi keluar Negri merupakan impian bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, ada yang hanya berkunjung ke Negara tetangga hingga pergi ke benua yang jauh disana seperti Amerika dan Eropa. Suasana kota dan alam yang membuat sebagian masyarakat tertarik untuk pergi ke luar negri, penataan kota, tertib berlalulintas, kebersihan dan keindahan alam atau bangunan klasik yang tersebar ditiap sudut kota. Banyak perjalanan travel lokal maupun mancanegara yang menyediakan jasa untuk membantu wisatawan pergi ke lain negara atau luar negri.

Pertama Kali Ke Luar Negeri

Semenjak banyak promo-promo travel dan biro jasa perjalanan serta tiket pesawat murah, banyak masyarakat Indonesia yang ingin berlibur atau sekedar jalan-jalan ke Luar Negri. Ada yang ingin ke negara-negara Eropa, seperti Sepanyol, Italia, Inggris, Belanda, Perancis dan lain-lain. Atau mungkin juga ada yang ingin mengunjungi negara-negara kawasan Asia timur seperti Jepang, korea, taiwan dll. Ada juga yang berkunjung ke Amerika, brasil, Argentina dll.

Anda bisa membandingkan jika pergi keluar negri seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan sekitarnya lebih murah dibandingkan kita pergi ke Raja Ampat, hal ini dikarenakan akses daerah atau lokasi yang sulit dijangkau sehingga membuat biaya perjalanan dan akomodasi membengkak. Berbeda jika anda pergi ke negara-negara kawasan asia tenggara tersebut. Biaya Transport dan Akomodasi relatif murah dan bersahabat. Beberapa hal tersebut, wajib anda pertimbangkan sejak awal. Hal ini supaya anda tidak mengalami kesulitan ketika berada di negeri orang, terutama bagi anda yang akan bepergian ke luar negeri untuk pertama kalinya. Berikut persiapan yang harus anda lakukan ketika anda akan bepergian ke luar negri:

Siapkan Paspor dan Visa Anda (Wajib)

Siapkan Paspor dan Visa

Paspor merupakan hal yang wajib anda bawa saat anda bepergian ke luar negeri, karena dengan paspor anda bisa memasuki sebuah Negara, berbeda jika anda pergi ke seluruh kawasan Indonesia, anda tidak akan berhubungan dengan keimigrasian karena pergi ke belahan wilayah Indonesia tidak dibutuhkan paspor, tapi cukup membawa KTP dan Cukup uang saku anda bisa keliling Nusantara. Paspor wajib dibawa ketika anda akan memasuki sebuah Negara dan membeli tiket pesawat tujuan luar negri. Penting untuk memiliki paspor sejak awal, artinya anda bisa membutuhkannya sewaktu-waktu, misalnya jika sewaktu-waktu ada teman anda yang mengajak berlibur gratis ke luar negri atau sekedar jalan-jalan mengunjungi sodara.

Selain paspor, visa harus diurus untuk kelancaran perjalanan, sebab beberapa negara bisa dikunjungi dengan menggunakan buku visa, walau ada negara yang membebaskan berkunjung tanpa visa. Untuk mengurus visa pastikan melalui jalur yang diperbolehkan atau legal bagi negara yang akan dikunjungi atau menghubungi langsung kudutaan. Perhatikan juga masa berlaku paspor anda sebelum merencanakan perjalanan ke luar negeri, pastikan masa berlakunya lebih dari 6 bulan lagi ketika tanggal keberangkatan anda tiba.

Booking Tiket Pesawat dan Hotel Sebelum Bepergian

Pertama kali Keluar Negeri

Memboking tiket pesawat dan Hotel merupakan hal wajib kedua setelah mengurus Paspor dan Visa untuk perjalanan tersebut, anda bisa melakukan perbandingan dengan maskapai lain dan pilihlah harga yang murah dan berkualitas premium melalui situs-situs di Internet. Banyaknya makapai penerbangan membuat anda dapat memilih harga tiket sesuai kantong Anda. Jangan lupa untuk membeli tiket pulang sesuai tanggal anda memutuskan untuk kembali ke Tanah Air, hal ini dilakukan karena setiap pengurusan visa akan ada wawancara dengan pihak imigrasi.

Semua Penginapan harus anda persiapkan jauh-jauh hari, anda bisa memilih hotel berbintang atau sekelas Homestay untuk menghemat pengeluaran anda dan ingin bepergian layaknya seorang backpacker. Dan jangan mencari penginapan ketika anda sudah berada di negara orang, intinya jangan terlalu mepet jika ingin booking penginapan karena ini bukan negri anda yang semua bisa dilakukan dengan mudah baik itu komunikasi bahasa dan lokasi. Lakukan pemesanan secara online, pilih hotel yang lokasinya dekat dengan berbagai fasilitas publik, agar anda tidak kesulitan untuk bepergian dengan alat transportasi umum di sana.

Tukarkan Uang Rupiah anda dengan Uang Negara yang akan anda kunjungi

Jangan lupakan menukar uang negara tujuan anda, hal ini dilakukan karena alat tukar uang berbeda dengan yang anda lakukan di Indonesia. Lakukan ini di dalam negeri agar anda tidak dirugikan oleh kurs yang lebih rendah saat menukarkan di luar negeri nanti. Selain itu, menukarkan uang di dalam negeri akan menghindarkan anda dari aktivitas merepotkan mencari money changer di luar negeri. Bawa jumlah uang yang cukup dan sejumlah US Dollar sebagai cadangan.

Kenali Kebiasaan Masyarakat Negara Tujuan Anda

Sebelum melakukan perjalanan ke sebuah negara orang lain, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai negara yang akan anda kunjungi, mencukupi tentang kebiasaan yang dilakukan masyarakatnya di negara tersebut. Semua ini mempermudah anda dalam merencanakan segala sesuatu secara matang bagi keselamatan perjalanan anda, terutama pakaian dan akomodasi selama berada diluar negeri yang akan anda gunakan selama di Negara tersebut. Selain hal diatas kebiasaan dan peraturan harus anda pahami terlebih dahulu, kebiasaan, Norma yang diterapkan di negara tersebut. Karena lain ladang lain belalang, lain Daerah atau Negara lain juga kebiasaan Masyarakatnya. Demi menjaga keselamatan perjalanan dan pribadi anda, lebih baik anda mentaati segala kebiasaan yang ada di Negara tersebut.

Demikian tips singkat yang harus anda bawa dan dilakukan ketika akan pergi keluar negri.

Nilai Kualitas Konten

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!