Catatan Perjalanan

Main Main Ke Kota Kembang Bandung

Bandung sudah menjadi rumah kedua buat gue, karna pernah tinggal dan menetap selama beberapa tahun disana. Tentu banyak kenangan yang gak bisa dilupakan di Bandung mulai dari keramahan warga nya, udaranya yang dingin (waktu itu), makanan nya yang beraneka ragam dan enak enak, juga tempat wisata nya yang bagus bagus. Sehingga tiap libur panjang atau ketika lagi kangen maka gue akan segera meluncur ke Bandung. Dan sekarang karna kesibukan kerja gue sudah jarang main ke Bandung. Tapi Bandung tetap dihati kok.

Masih jelas di memori ketika masih di Bandung, karna udara yang dingin dan air nya juga sedingin es maka mandi pagi selalu dilewatkan begitu saja. Sekarang udara di Bandung sudah mulai panas karna kota nya mulai padat, penduduk makin bertambah, bangunan yang semakin banyak dan kendaraan semakin bertambah. Faktor ini memang jadi indikator kemajuan suatu daerah, tapi banyak juga hal negatif yang akan muncul dibalik kemajuan tersebut (serius nih). Walaupun cuaca di Bandung sekarang sudah mulai panas tapi tidak bisa mengalahkan panas nya ibukota. Hehe.

Kota Bandung Kota Pelajar

Kota Bandung adalah salah satu kota pelajar di Indonesia, karna di kota Bandung banyak terdapat perguruan perguruan tinggi negri maupun swasta sebut saja Universitas Padjajaran, Institut Tekhnologi Bandung dan kalau perguruan tinggi swasta ada Universitas Parahyangan dan Universitas Maranatha, serta masih banyak lagi perguruan tinggi lain nya yang setiap tahun menghasilkan ribuan sarjana yang nantinya akan menjadi penerus generasi bangsa yang siap membangun Indonesia, Amin.

Karna banyak nya perguruan tinggi maka mahasiswa yang kuliah di kota Bandung juga banyak, dan itu bukan hanya dari warga kota Bandung sendiri tapi banyak juga mahasiswa berasal dari luar Bandung, luar kota dan bahkan dari luar pulau, seperti pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan pulau pulau lain nya. Jadi tidak heran ketika dalam sebuah kampus kita memiliki teman teman yang berasal dari berbagai daerah dengan kebudayaannya masing masing dan kita bisa saling berbagi informasi tentang daerah dan kebudayaan dari daerah mereka. Itulah hebatnya Indonesia yang kaya akan kebudayaan dan adat istiadat dari Sabang sampai Merauke. Dan perbedaan ini membuat bangsa kita menjadi bangsa yang kuat bukan menjadi alat untuk perpecahan.

Kota Bandung juga dikenal dengan sebutan kota kembang, itu karna cewek cewek nya geulis geulis atau cantik cantik, dan karna kecantikan nya ini banyak selebriti Indonesia yang berasal dari kota Bandung.

Universitas Maranatha

Destinasi Wisata Orang Jakarta

Kota Bandung menjadi destinasi tujuan wisata ketika hari libur tiba, seperti libur sekolah, libur lebaran, libur natal tahun baru dan libur long week end. Terutama orang orang dari Jakarta yang selalu memilih menghabiskan waktu liburan nya di Kota Bandung.

Pilihan yang tepat memang karna kota Bandung mempunyai banyak tempat wisata yang beragam dari wisata alam sampai aneka jenis wisata kekinian, dan semakin hari semakin banyak saja tempat wisata bermunculan di kota Bandung. Tidak hanya untuk anak anak muda saja, tapi juga tempat wisata untuk keluarga, untuk anak anak dan segala umur. Berkembang nya sosial media jaman sekarang, informasi yang kita dapat juga semakin cepat sehingga membuat penasaran dan ingin mengunjungi tempat tempat tersebut.

Hawa yang sejuk juga menjadi daya tarik para wisatawan menghabiskan waktu liburan nya di kota Bandung.

Dusun Bambu

Akses ke Bandung Sangat Gampang

Kalau anda memutuskan untuk berlibur ke kota Bandung maka jangan khawatir tentang sarana transportasi menuju kota Bandung. Jika anda membawa kendaraan pribadi maka bisa melewati jalan tol Cipularang dan kalau punya waktu banyak dan ingin santai anda bisa lewat puncak.
Kalau anda menggunakan bis bisa naik dari terminal terminal yang ada di Jakarta seperti terminal Kampung Rambutan dan Lebak bulus.

Menggunakan kereta api juga merupakan pilihan yang tepat, dengan waktu 3.5 setengah jam saja anda sudah sampai di stasiun Bandung dari stasiun Gambir Jakarta. Keretanya cukup nyaman dan harga tiket nya tidak terlalu mahal. Selain dari stasiun Gambir kita bisa juga berangkat dari stasiun Pasar Senen, kita bisa naik kereta ekonomi yang jurusan Purwokerto tapi singgah di stasiun Kiara Condong Bandung, harga tiket nya lebih murah dari Argo Parahyangan.

Dan selama di kota Bandung anda bisa menggunakan Taksi online, ojek online, angkot atau pun rental mobil sebagai sarana transportasi anda.

Stasiun Bandung

Wisata Alam yang memukau

Beranjak sedikit dari kota Bandung, kita ke daerah Lembang. Di tempat ini banyak sekali tempat wisata menarik yang dikunjungi seperti Gunung Tangkuban Prahu, Curug Cimahi, Maribaya dan masih banyak lagi. Selain menawarkan pemandangan yang indah kita bisa menikmati hawa yang sejuk khas pegunungan.

Bergeser ke arah Ciwidey disini kita menemukan banyak tempat wisata dengan keunikan nya masing masing seperti Kawah Putih dan Situ Patenggang.

Tidak jauh dari pusat kota ke arah Dago, disini kita akan menemukan taman hutan raya, area yang sangat luas yang siap memberi kesejukan buat kita. Di area ini kita menemukan goa peninggalan penjajahan dulu yaitu Goa Jepang dan Goa Belanda. Terdapat juga sebuah tempat yang sempat happening beberapa waktu yang lalu yaitu Tebing Keraton.

Curug Cimahi dikenal juga dengan Curug Pelangi

Wisata KulinerĀ 

Bicara soal kuliner kota Bandung adalah juaranya, hampir setiap saat kita akan menemukan menu baru muncul di kota ini. Selain itu menjamur nya restoran restoran dan tempat makan hits kekinian membuat Bandung bisa dijuluki sebagai juara wisata kuliner.

Tidak hanya kuliner dengan tempat tempat yang hits dan kekinian yang ramai di kunjungi wisatawan tapi juga tempat makan yang di tenda tenda pinggir jalan tapi rasanya lumayan enak, sebut saja warung bakso, Batagor dan lain lain. Pilihan banyak kita bebas milih sesuai dengan selera.

Bakso Anggrek
Salah satu kuliner Bandung, Siomay

Wisata Belanja

Beberapa tahun silam, kota Bandung sempat happening dengan factory outlet nya. sudah dipastikan setiap orang yang ke Bandung tidak akan melewatkan belanja di factory outlet. Akibatnya di kota Bandung berjamur yang namanya factory outlet yang menawarkan produk fashion untuk segala umur. Tapi berkembang nya tekhnologi orang cenderung memilih berbelanja online, sehingga factory outlet tidak seramai dulu lagi.

Selain factory outlet, kita bisa wisata belanja juga di daerah Cibaduyut yang terkenal dengan produk sepatu nya atau ke Cihampelas dengan produk Jeans dan fashion lain nya.

Jalan Cihampelas, terkenal dengan pusat jeans nya

Pusat Oleh Oleh

Main ke Bandung kurang pas rasanya kalu tidak membeli oleh oleh untuk dibawa pulang ke keluarga, tak jarang juga kita suka dititipin oleh oleh sama teman, makanya kalau pergi nya itu diam diam aja hehe. Salah satu pusat oleh oleh yang terkenal di kota Bandung adalah Kartika Sari. Jadi Bandung dan Kartika Sari itu tidak dapat dipisahkan. Tempat ini tidak pernah sepi dari pembeli apalagi di akhir pekan dan libur panjang.

Gak sah ke Bandung kalau gak beli oleh oleh di tempat ini
Peyeum Bandung bukan peyempuan ya hehe

Demikian sekilas ulasan mengenai kota Bandung, semoga Bandung tetap menjadi tempat wisata favorit kita semua.

Dan terima kasih kota Bandung sudah menjadi bagian dari hidup gue ^_^

Related posts

Camping Ceria Di Datar Kolle

Apriel Mendrofa

Sunrise Yang Indah Di Bukit Sikunir

Apriel Mendrofa

Lompat Batu, Sebuah Proses Pendewasaan

Apriel Mendrofa

Leave a Comment