Jejak Kaki

Ketika Liburan di Bali: Pandawa Beach Festival

Pagi hari setelah mandi dan gosok gigi 😀 aku keluar Hotel untuk mencari kartu e-tol di supermarket terdekat yang buka 24 jam. Saat aku mencari kartu tersebut aku menyempatkan membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen saat jalan-jalan singkat ini di seputaran legian ketika pagi hari. Setelah sampai di lantai dasar hotel aku segera bergegas mengambil jalan trotoar di sebelah kiri hotel dan menyusurinya. Karena di jarak 50 meteran sudah Nampak Tugu Peringatan Bom Bali, sontak saja aku langsung menghidupkan kamera dan mengambil photo atau video disekitar lokasi tugu. Kurang lebih selama 10 menit aku mengambil gambar di lokasi dan dijalan-jalan sekitar. Setelah puas mengambil gambar aku segera bergegas ke mini market yang ada disekitar lokasi untuk membeli kartu e-tol buat perjalanan menuju Pantai Pandawa.

Setelah selesai dengan keperluan membeli e-tol dan snack aku segera kembali ke hotel untuk mempersiapkan perjalanan dan ngetrip pagi ini, yang akan dimulai ke Pantai Pandawa. Perjalanan akan dimulai Pukul 9.00 pagi dimana semua orang di bali pada mulai beraktifitas dan caffee diseputaran legian pada buka. Sebelumnya aku mengecek di Google Map jarak Antara penginapan dan Pantai Pandawa ternyata sekitar 24km-an dan harus melewati Tol Bali Mandara.

Anda juga bisa membaca:
Dari Danau Beratan Menuju Pura Tanah Lot
Dari Masjid Al Hidayah menuju Pura Ulun Danau Beratan
Mengunjungi Pura Bedugul dan Masjid Besar Al Hidayah di kawasan Wisata Danau Beratan

Sekilas mengenai Pantai Pandawa

Pantai Pandawa berpasir Putih dan ngehitz
Pantai Pandawa image by: s3.bukalapak.com

Ketika liburan di Bali hal yang paling dikenal orang-orang baik di dalam dan luar negri adalah pantai Kuta padahal Pantai Pandawa bisa menjadi salah satu tempat favorit wisatawan yang sangat indah. Pemandangan berupa penataan tebing kapur curam dijadikan sebagai spot pertama sebelum memasuki dan menginjakkan kaki ke hamparan pasir putih. Di musim liburan khususnya akhir Tahun, berbagai kegiatan di kemas dalam serangkaian Pandawa Beach Festival yang sangat menarik minat Wisatawan.

Gagasan menata pantai hingga menjadi obyek wisata dimulai dari pemikiran seorang tokoh desa, Nyoman Mesir. Pantai Kutuh sering dilangsungkan sebagai kegiatan Melasti oleh masyarakat setempat. Wajah Pantai Kutuh yang dulunya hanya memiliki akses jalan seadanya dan kurang layak di lalui kendaraan bermotor kini berubah menjadi obyek wisata Pantai Pandawa yang menawan. Hal ini telah diakui oleh Pemerintah Kabupaten Badung sebagai obyek wisata unggulan. Selain menyuguhkan pemandangan pantai dari atas tebing, keberadaan patung-patung besar tokoh penting dalam kisah Mahabarata menjadi obyek berfoto yang berada di antara tebing yang dikeruk. Lima patung yang ada di dalam Goa Megala-gala adalah tokoh Nakula, Sadewa, Arjuna, Bima, Dharmawangsa, dan paling barat Dewi Kunti.

Lokasi Pantai Pandawa

Lokasi Pantai Pandawa

Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Lokasi Wisata Pantai Pandawa sangat dekat dengan obyek-obyek wisata yang ada di Kuta Selatan, seperti Garuda Wisnu Kencana, Pantai Nusa Dua, Pantai Uluwatu, dan Jimbaran. Karena alasan lokasi dan jarak tempuh inilah, keberadaan  obyek wisata yang lebih dulu terkenal punya andil dalam mengangkat dan menjangkau lokasi Wisata Pantai Pandawa. Serta karena pembangunan sarana dan prasarana yang mendukung serta insfrastrukur yang masih terus di bangun menjadikan lokasi wisata ini menjadi kunjungan wisatawan. Pantai Pandawa, dulunya dikenal dengan Pantai Kutuh punya filosofi yang berkaitan erat dengan pisahnya Desa Kutuh dari Desa Ungasan. Pantai Pandawa yang berada di wilayah  Desa Kutuh resmi memisahkan diri pada 12 Maret 2002.

Location:

Coordinates: 8.845474°S 115.185014°E

Geology: Beach

Wisatawan dari Berbagai Daerah Baik Dalam dan Luar Negri

Pantai Pandawa
Pantai Pandawa image by: pandawacliffestate.com

Siapa yang tidak tahu Pulau Bali, semua orang baik itu di dalam Negri dan Luar Negri Pasti Mengetahui tentang Bali. Bali merupakan tujuan wisata yang paling terkenal di Indonesia, Bali seakan menjadi ikon dan magnet wisata di Indonesia. Hampir setiap tahunnya jutaan wisatawan datang ke Bali untuk menikmati keindahan alam dan kultur kesenian masyarakat Bali yang begitu memukau.

Momen libur Natal dan Tahun Baru membawa kunjungan wisatawan yang signifikan di Pantai Pandawa, selama musim liburan tingkat kunjungan wisatawan yang datang bisa mencapai 10.000 orang. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan hari biasa, pada hari biasa rata-rata kunjungan 7.000 wisatawan, baik itu domestik maupun mancanegara. Sejak awal keberadaan Pantai Pandawa mulai dikenal wisatawan sejak tahun 2012an dan rupanya telah berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Masyarakat lokal yang dulunya sebagai petani rumput laut, penambang batu kapur tradisional dan berpenghasilan pas-pasan kini sebagian sudah mengelola kios yang berada di sepanjang pantai.

Pantai Pandawa sudah dikenal oleh wisatawan dari berbagai daerah. Libur Natal dan Tahun Baru memberi kesan sendiri bagi pengunjung yang datang. Pantai di sini memiliki pemandangan bagus, banyak tempat untuk berfoto-foto. Sekalian refreshing mengisi liburan hari raya.

Pandawa Beach Festival, Pertunjukan Seni Musik dan Tari hingga Festival kuliner dari Rumput Laut Khas Pantai Pandawa

Tari Tradisional di Festival Pantai Pandawa
Tari Tradisional di Festival Pantai Pandawa

Bali juga dikenal dengan ragam seni budayanya yang masih dijunjung tinggi. Atraksi dan Pertunjukan kebudayaan yang menjadikan Bali terlihat begitu unik dan indah. Beragam acara pun diselenggarakan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Bali. Salah satu acara yang tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Bali adalah Pandawa Beach Festival.

Festival ini biasanya dilangsungkan mulai tanggal 25 Desember hingga 1 Januari, dimana disetiap acaranya akan menampilkan kelompok kesenian tradisional yang dimiliki oleh Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, serta beberapa pihak yang turut bekerja sama dalam meramaikan acara. Baik dari local bali, luar bali dan Manca Negara.

Di acara Pandawa Beach Festival punya agenda khusus dalam malam tahun baru. Bertempat di kawasan pantai, ada panggung utama yang dilengkapi dengan berbagai pentas seni dan pertunjukan, seperti Tari Nusantara, Parade Band, Parade DJ, dan Pesta Kembang Api.

Mengapa anda harus datang ke acara ini? karena acara ini menampilkan beragam pertunjukan yang seru dan menarik. Keindahan pantai Pandawa menjadi latar belakang dan background yang sangat pas untuk menunjang semaraknya acara festival yang akan digelar. Sekarang Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Bali. Hampir tiap hari pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Tujuan diselenggrakan Pandawa Beach Festival adalah untuk mempromosikan Pantai Pandawa sebagai objek wisata terbaik yang ada di Bali. Festival ini akan dirangkai dengan beragam acara seru dan menarik, seperti acara musik dan Nautical Festival. Dalam acara Nautical Festival pengunjung dapat menikmati beragam kuliner rumput laut yang berasal dari warga yang membudidayakanya dipantai ini. Selain itu ada pula acara bazar yang dihadiri beragam vendor kuliner di bali, fashion dan aksesoris. Dan acara musik yang disemarakkan oleh para seniman Bali dan DJ dari dalam dan luar negeri.

Kesimpulan dari Ngetrip

Setelah mengunjungi Pantai Pandawa dan mengabadikan momen-momen indah di sana, kesimpulanya adalah Pantai ini benar-benar Indah dan sangat cocok untuk anak kecil karena ombak tidak terlalu besar. Akan tetapi perlu diperhatikan bulan-bulan saat mengunjungi pantai ini, karena ketika musim hujan suasana mendung akan menyelimuti keindahan pantai. Dan disarankan untuk mengunjungi pantai saat musim panas antara bulan Juni – Oktober. Lokasi tebing kapur menambah keeksotisan dan keindahan alam pantai pandawa, apalagi pasir putihnya yang memanjakan kaki, menambah spot photo yang sangat bagus.

Visit Bali, Visit Indonesia. Buang Sampah Pada Tempatnya.

Related posts

Menyambut dan Merayakan Tahun Baru 2019 – Dari Bromo Langsung tik-tok Gunung Panderman

Rud

Legenda Garuda Wisnu Kencana – Tarian Tradisional

Rud

Belajar Merangkai Kata

Rud

1 comment

Legenda Garuda Wisnu Kencana - Tarian Tradisional - Jejak Pejalan Kaki March 11, 2020 at 1:20 pm

[…] Ketika Liburan di Bali: Pandawa Beach Festival […]

Reply

Leave a Comment