Vitamin Sea

Ke Jember? Jangan Lupa Kunjungi Pantai Papuma

Jawa Timur tidak hanya menjadi salah satu provinsi terpadat di Pulau Jawa namun juga memiliki banyak wahana wisata yang bisa kamu kunjungi. Meskipun terletak di wilayah timur pulau Jawa. Jawa Timur juga memiliki beberapa obyek wisata Pantai Selatan yang bisa kamu kunjungi. Salah satu Pantai Selatan Jawa Timuryakni Pantai Papuma yang berlokasi di Kota Jember.

Baca juga: Tempat Wisata Pupuler Di Jawa Timur

1. Pantai Papuma Jember

Salah satu pantai selatan di Jawa Timurini memiliki keindahannya yang menyejukkan mata. Jika kamu ingin melihat pantai dengan lautan biru dan ombak yang indah sekarang tidak perlu lagi ke luar negeri karena di Jember pun kamu bisa menemukannya.

Saat tiba di Pantai Papuma indra penglihatan kita akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih pantai yang halus serta birunya laut yang menyejukkan mata. Bahkan Papuma ini merupakan akronim dari “Pasir Putih Malikan”. Pantai Papuma sebenarnya masih terletak dalam satu lokasi yang sama dengan Taman Nasional Meru Betiri. Namun karena pemerintah setempat menganggap pantai ini menarik maka pemerintah setempat mulai mengomersialkan pantai ini dan juga memperbaiki akses jalan menuju pantai ini.

Baca juga: Sayang Jika Terlewatkan 8 Pantai Terinda di Malang !

2. Apa Saja Mitos di Pantai Papuma?

Sebagai salah satu gugusan pantai selatan di Jawa Timur tentu Pantai Papuma tidak lepas dari mitos terkait “Nyi Roro Kidul”. Sebagaimana mitos yang dianut, kamu tidak diperbolehkan memakai pakaian berwarna hijau ketika mengunjungi pantai ini. Selain itu di pantai ini konon juga dikenal dengan Mitos Gua Lawa. Lawa dalam bahasa Jawa memiliki arti kelelawar dan konon Gua ini hanya bisa kamu lihat saat keadaan air sedang surut saja.

Banyak orang yang percaya bahwa di Pantai Papuma dihuni oleh Dewi Sri Wulan yang dianggap sebagai salah satu putri dari penguasa pantai selatan. Dewi Sri Wulan ini juga dianggap sebagai penunggu dari Pantai Papuma.

Selain mitos yang telah disebutkan tadi, Pantai Papuma juga memiliki batu datar yang berbentuk menyerupai kerang raksasa dan batu ini berjajar menghadap ke arah Barat. Penduduk sekitar meyakini bahwa batu ini merupakan perwujudan dari Raden Mursada dan Marsudo yang tengah memancing ikan. Kadang sekitar waktu maghrib akan tampak bayangan dua orang pria memancing.

3. Bagaimana Cara Menuju Pantai Papuma?

Cara menuju pantai selatan di Jawa Timur ini dari Kota Jember lalu ke Terminal Ambulu. Setelah itu kamu bisa mengikuti rute menuju Pantai Papuma. Kira – kira kamu membutuhkan waktu kurang lebih 1.5 jam dari pusat kota jember atau sekitar 45 KM saja. Cukup dekat memang.

Karena jalanan di pantai ini cukup rawan yakni berupa tanjakan serta jurang yang cukup terjal dengan kemiringan hampir 45° maka lebih disarankan menggunakan bus pariwisata saja.

Baca Juga: Tempat Wisata Pantai Pasir Putih Andalan Jawa Timur

Related posts

Liburan? Kunjungi Pantai Terindah di Jawa Timur !

Admin

3 Wisata Pantai Jawa Timur Yang Cantik Nan Menarik

Admin

Foto Keindahan Pulau Sempu di Malang, Bukan Sebagai Tempat Wisata

Admin

1 comment

Pendakian Gunung Sindoro, Menikmati Sunrise di Gunung #2 - September 25, 2020 at 2:28 am

[…] Baca juga: Ke Jember ? Jangan Lupa Kunjungi Pantai Papuma […]

Reply

Leave a Comment

You cannot copy content of this page