Panduan Traveling

Tips Ampuh Sebelum Membeli Tas Carrier

Sebagai peng-hoby kegiatan outdoor dan sebagai petualang sejati merupakan hal wajib memiliki tas carrier yang super ampuh disegala medan, nyaman dibawa dan tahan banting disegala cuaca, agar bawaan dan kebutuhan saat di mendaki atau piknik bisa dimasukan didalam 1 tas, ringkas, simple dan nyaman. Aktivitas outdoor atau berpetualang kini telah menjadi trend dan gaya hidup. Semenjak viralnya film “5 Cm” yang bercerita tentang persahabatan yang melakukan pendakian ke gunung Semeru banyak orang mulai melakukan kegiatan seperti traveling dan naik gunung. Tingginya minat orang terhadap aktivitas outdoor membuat perusahaan-perusahaan perlengkapan outdoor memproduksi barang semakin beragam.

Yang terpenting adalah proses pendakian bukan soal puncak

Memilih tas carrier terkadang membingungkan, karena banyak fitur tambahan yang menarik dan mungkin bakal dibutuhkan ketika perjalanan. Tas Carrier atau tas gunung bisa dibedakan dengan tas umum biasanya, dari segi bentuk dan banyaknya kantong. Untuk ukurannya sendiri ada berbagai macam mulai dari 10 liter hingga 100 liter. Ukuran pas dan cocok yang dapat kita gunakan untuk mengangkut barang dan keperluan kita selama mendaki mempengaruhi performa dan fisik kita saat perjalanan. Selain dari ukuran yang besar, terbuat dari bahan pilihan yang kuat dan tahan lama, tas ini juga menjadi faktor utama banyak orang yang memilih untuk menggunakan tas carrier. Tas carrier juga sering digunakan karena lebih efisien dan mudah dibawa disetiap petualangan cinta digunung, meskipun berakhir kandas ketika sampai dibawah wkwkwk…

Walau demikian, kenyamanan dari carrier itu sendiri merupakan hal terpenting. Beberapa faktor penting itulah akan dibahas dalam tulisan ini, saat kita memilih tas carrier yang menentukan performa ketika kita berpetualang. Dan seiring berkembangnya Zaman dan Tekhnologi semakin banyak pilihan tas-tas petualang yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Baik merek dan jenisnya sangat banyak sekali dan dapat membuat kita pusing untuk memilihnya satu-satu. Jika anda bingung Berikut Tips Ampuh Memilih Tas Carrier yang dirangkum dari sumber terpercaya dan dari pengalaman terbatas penulis, hehee..

1. Pilih Carrier sesuai dengan kapasitas

Ukuran carrier sebaiknya disesuaikan dengan lama perjalanan anda ketika traveling atau berpetualang. Bila melakukan perjalanan 1 sampai 2 hari, gunakan carrier berukuran 30-40 liter. Sedangkan untuk perjalanan 3-5 hari, Anda bisa membawa carrier berukuran 50-70. Dan carrier berukuran lebih dari 70 liter dapat digunakan untuk perjalanan lebih dari satu minggu. Semakin lama perjalanan anda semakin banyak perbekalan anda, dan kapasitas carrier anda otomatis semakin besar. Satu catatan penting meskipun bawaan anda banyak, anda harus menyesuaikan ukuran carrier dengan kemampuan anda membawa dan ukuran badan anda, agar dalam perjalanan anda tidak diribetkan dengan ketidak nyamanan saat anda membawa carrier.

2. Pilih desain dan ukuran sesuai besar tubuh anda

Desain carrier yang ramping sesuai bentuk tubuh akan memudahkan anda berjalan ketika melewati jalan kecil setapak, berliku dan penuh dengan tebing atau tumbuhan serta pepohonan. Dengan tas ramping sesuai bentuk tubuh anda akan memudahkan melalui jalur trek dengan vegetasi yang rapat di pegunungan. Sedangkan carrier dengan banyak saku tambahan dikanan dan kiri membuat gerak anda menjadi tidak leluasa dan fleksibel. Jalur setapak dan hutan rimbun dapat membuat carrier lebar anda bisa tersangkut.

3. Pilih carrier yang punya lubang minum tersendiri

Selain memilih carrier ramping, Anda sebaiknya membeli carrier yang memiliki tempat tambahan untuk air minum yang bisa dikeluarkan selang minumnya dari samping carrier. Selain akan memudahkan Anda menyimpan air minum pribadi selama perjalanan, selang air minum tersebut tidak menyusahkan seperti halnya botol minuman. Karena wadah air minum sudah tersimpan di dalam carrier seperti bantalan kecil, dan yang keluar hanya selang seperti sedotan dan anda tinggal menyedot air minum tiap kali haus. Cukup mudah dan simple seperti pembalap motoGP dan pembalap F1, hehehee..

jejakpejalankaki.com

4. Pilih carrier yang ramah terhadap punggung anda (Back system)

Selama perjalanan, Anda perlu menjinjing ransel yang nyaman. Maka, salah satu yang mempengaruhi kenyamanan adalah sirkuliasi udara atau air back system yang berada di bagian punggung ransel. Pilihlah ransel yang memiliki sistem demikian untuk memastikan punggung tak panas selama menggendongnya.

Ransel yang punya air back system biasanya ditandai dengan rongga-rongga pada busa di bagian belakang. Klo punya penulis sendiri selain ada rongga-rongga tas carriernya juaga terdapat bantalan kecil untuk menahan punggung ketika dipakai. Karena fungsi dari rongga-rongga dan bantalan sendiri sebagai peredam beban berat agar mengurangi rasa sakit ketika dipakai dan dibawa menanjaki medan yang ekstrim. Berat tetap berat tapi punggung sedikit tidak lecet karena pelindung-pelindung tersebut

Selain itu pilihlah tas carrier yang memiliki rangka punggung atau frame berupa plat besi dan bantalan punggung karena hal ini memiliki fungsi sebagai penyangga atau penopang berat tas carrier yang kita bawa. Perbedaan Carrier yang memiliki rangka punggung dengan carrier yang lain adalah, ketika anda membawa carrier berjam-jam dengan medan ekstrim maka punggung anda akan terasa terlindungi dan tidak terasa sakit serta sedikit nyaman dibandingkan dengan yang tidak ada. Jika memakai tas yang tidak memiliki rangka punggung, maka dalam waktu singkat terasa pegal dan capek, karena beban bertumpu pada badan dan bahu kita. Dan yang harus diperhatikan juga dalam Memilih Carrier adalah pilihlah tas yang memiliki bantalan punggung juga memiliki filter sirkulasi udara.

5. Waist belt system untuk kenyamanan

Waist belt adalah bagian bawah carrier yang dilingkarkan di pinggang dan terkunci didepan dan berbunyi “klik” 😀 . Waist belt berfungsi mengurangi beban supaya berat isi tas seluruhnya tidak ditopang oleh bahu dan punggung. Pilihlah belt ini yang empuk, dan nyaman saat dipakai khususnya aman. Karena beban berat dapat diminimalisir ketika anda menggunakan tas carrier dengan system ini. Selain itu system ini memudahkan pengguna saat membawa tas carrier, tidak mudah goyang dan sangat rapat sesuai bentuk tubuh sehingga anda dengan mudah bergerak tanpa harus memegangi tas, karena sudah menyesuaikan bentuk tubuh.

Related posts

Raining In Odessa

Admin

Tips Ampuh Sebelum Membeli Tas Carrier #2

Admin

Beli Smooth Q2: untuk Traveling

Rud

1 comment

Tips Ampuh Sebelum Membeli Tas Carrier #2 - Jejak Pejalan Kaki February 23, 2021 at 12:44 am

[…] Tulisan sebelumnya: Tips ampuh sebelum membeli tas carrier […]

Reply

Leave a Comment

You cannot copy content of this page