Catatan Perjalanan

Taman Alun-alun Tulungagung dan Ciri Khasnya

4.8
(4)

Sekilas Tentang Taman Alun-Alun Tulungagung

Jika anda mengunjungi Tulungagung dan menyempatkan diri untuk singgah di alun-alun maka anda akan sedikit janggal dengan penulisan kata alun-alun Tulungagung di pusat kota ini. Karena penulisanya berbeda yakni Aloon-aloon Tulungagung, tapi ejaanya tetap sama alun-alun. Taman Alun-alun di Tulungagung ini pada awalnya bernama Taman Kusuma Wicitra, tapi sekarang taman hijau ini berubah nama menjadi Taman Aloon-Aloon Tulungagung.

alun-alun tulungagung
by: angga hermanda

Taman Alun-alun Tulungagung yang Asri terbaik ditingkat Nasional

Pepohonan besar yang hijau dan rindang serta berbagai tanaman bunga di bagian dalam alun-alun menambah keindahan dan kesejukan taman. Siapapun yang berkunjung disini pasti akan betah berlama-lama menikmati suasana asri taman ini.

Kawasan Taman Alun-alun Tulungagung banyak ditanami pepohonan besar yang rindang dan berbagai macam bunga yang berwarna-warni, Hal tersebut bertujuan untuk menjadikan Taman alun-alun ini sebagai ruang hijau yang terdapat di kawasan kota.

Di bawah pohon-pohon yang rindang ini biasanya masyarakat baik dari dalam dan luar kota selalu menikmati suasana sejuk dengan duduk bersantai bersama teman dan keluarga. Tidak jarang mereka semua piknik di sekitaran area Taman.

Di tengah Taman terdapat tugu atau menara yang diatasnya terdapat patung Garuda, kurang lebih setinggi 30 meter dan menjadi ciri khas serta ikon dari taman ini sekaligus ikon terbaik dari Kabupaten Tulungagung.

Selain itu terdapat fasilitas pendukung lainya yang membuat Alun-Alun Tulungagung sempat berpredikat sebagai taman kota terbaik tingkat Nasional ditahun 2012.

Fasilitas Pendukung Taman Alun-alun Tulungagung

Taman Alun-alun Tulungagung bisa juga disebut sebagai wisata taman kota yang memiliki beberapa Infrastruktur dan fasilitas penunjang pelayanan di antaranya sebagai berikut :

  • Area Parkir kendaraan
  • Air Mancur di tengah dan sisi Utara Taman
  • Kolam ikan hias
  • Tugu Pancasila dengan lima pilarnya
  • Tempat duduk dan Gazebo
  • Mini Outbond dengan pasir lautnya
  • Arena skateboard
  • Permainan Dakon Besar
  • Area Batu Terapi untuk Kaki
  • Jogging Trek
  • Sorotan Lampu warna-warni di malam hari
  • Pagupon-pagupon yang dihuni ratusan burung merpati
  • Kamar mandi / MCK
  • dan masih banyak lainnya

Dengan infrastruktur tersebut Taman Alun-alun Tulungagung menjadi destinasi wisata faforit yang murah meriah karena memiliki pesona dan keunikan tersendiri. Tidak jarang setiap liburan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Biasanya setelah sholat di Masjid Agung Al Munawwar pengunjung selalu menyempatkan jalan-jalan di Taman Alun-alun Tulungagung. Sangat di sayangkan ketika anda berada di tulungagung dan tidak mengunjungi Taman ini yang mempunyai keunikan yang tiada duanya tersebut.

Aktivitas terbaik yang biasa dilakukan di Taman

taman alun-alun tulungagung

Menaiki kerata Kuda (Dokar)

Setiap hari libur ada kereta kuda yang siap mengantarkan anda berkeliling di taman atau kota, tergantung permintaan penumpang, tarif menyesuaikan jarak yang ditempuh. Biasanya berkisar 10-20rb per orang.

Memberi makan burung Merpati

Pakan burung merpati dapat anda beli di pedagang yang berada di area alun-alun, dengan merogoh kocek sekitar dua ribu rupiah anda bisa memberi makan merpati-merpati yang ada di area Taman.

Bermain skaterboard

Bagi anak dan remaja permainan ini tidak asin lagi, di taman ini telah menyediakan lahan untuk bermain skaterboard. Arenanya luas dan sudah memiliki trek yang cocok untuk anak-anak dan pemula.

Outbond mini anak

Taman ini memang ramah anak, karena outbond mini ini berupa tali memanjang yang biasa digunakan untuk outbond dengan cara menyebrang dari landasan satu kelandasan lainya serta tidak terlalu tinggi, jadi aman untuk anak-anak.

Bermain Dakon (Permainan Tradisional)

Di Taman ini terdapat batu besar yang diukir dan dibentuk layaknya permainan dakon yang telah memiliki lubang-lubang. Sehingga pengunjung bisa bermain dakon dibatu besar ini, tapi buah dakon harus bawa dari rumah atau sebagai alternative pakan burung dara juga bisa dipakai bermain, meskipun terlalu kecil.

Piknik bersama keluarga

Jika anda kesini membawa rombongan, maka anda bisa menggelar karpet atau tikar di rumput atau sekedar duduk-duduk di area gazebo yang telah disediakan, asalkan jangan membuang sampah sembarangan dan merusak tanaman atau fasilitas umum.

Jogging ketika pagi

Bagi anda pecinta olahraga, jogging adalah olahraga yang cocok ketika anda berada di Taman Alun-alun Tulungagung. Karena saat pagi hari banyak dari kalangan baik itu orang tua dan anak muda melakukan aktifitas jogging untuk menyehatkan tubuh. Bahkan di Taman ini ada komunitas joggingnya juga, saat pagi hari.

Lokasi Alun-alun Tulungagung

Dimana lokasi Taman Alun-alun Tulungagung? Seperti yang telah disebutkan di atas, lokasi Wisata Alun-Alun berada di Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur.

Namun jika masih bingung dengan lokasi Tulungagung, cari saja di Google Maps. Di Google Maps, telah ditandai sebagai lokasi yang Anda cari.

Tips saat berkunjung ke Taman Alun-alun

Rekomendasi dan Tips Sebelum pergi ke tempat wisata Taman Alun-Alun, Anda perlu mempersiapkan kebutuhan yang Anda butuhkan. Dan beberapa item tambahan, seperti kamera, karena Anda pasti ingin mengabadikan momen di Taman ini bersama keluarga atau teman Anda.

Jangan lupa pakai masker dan bawa perlengkapan handsanitazer. Persiapkan tubuh dan kendaraan Anda agar liburan Anda berjalan lancar. Jaga dirimu dan berhati-hatilah setiap saat.

Hampir setiap hari libur atau akhir pekan, Taman Alun-Alun selalu ramai dikunjungi wisatawan, mulai dari lansia, dewasa, remaja, dan anak-anak. Taman persegi ini merupakan standar taman bermain anak-anak sekaligus taman olahraga.

Seperti kebanyakan taman kota di daerah lain, Taman ini sering dijadikan tempat berkumpulnya berbagai komunitas, mulai dari pecinta sepeda motor, mobil, penggemar sepeda hingga pecinta reptil.

Sarana umum yang berada didekat Alun-Alun

Di sebelah barat alun-alun terdapat Masjid Agung Al-Munawwar, dan di sebelah barat laut terdapat Gedung Balai Rakyat yang biasanya digunakan acara-acara tertentu.

Di sebelah utara terdapat Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangsa. Perpustakaan daerah dan gedung DPRD Kabupaten Tulungon terletak di sebelah selatan kantor pos Kabupaten.

Demikian ulasan dari kami, semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca, jangan lupa beri rating bintang lima

Klik bintang untuk memberi rating

Average rating 4.8 / 5. Vote count: 4

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!