Tips Perjalanan

Pertama Kali Ke Luar Negeri, Anda Harus Mempersiapkan Hal Berikut ini #2

Pertama Keluar Negeri

Sebelumnya saya pernah menulis artikel “Pertama Kali Ke Luar Negeri, Anda Harus Mempersiapkan Hal Berikut ini”. Pada artikel tersebut, saya rasa ada tambahan tips yang baik anda lakukan ketika anda melakukan perjalanan ke Luar Negri, boleh dilakukan jika anda merasa perlu masukan karena anda belum atau hampir tidak pernah keluar negri, berikut masukan atau tips tersebut:

Lengkapi Proses Imigrasi Anda

Hal penting lainya untuk melengkapi semua dokumen yang akan anda gunakan selama perjalanan anda, pastikan anda membawa semuanya ketika berangkat ke luar negeri. Hal ini akan mempermudah anda saat menjalani pemeriksaan di bandara yang dilakukan oleh petugas imigrasi. Jika salah satu tidak terbawa dipastikan anda tidak akan bisa meneruskan perjalanan dan akan terhenti dibandara sampai semua dokumen anda benar-benar lengkap, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti itu maka anda harus mengurusnya jauh hari sebelum keberangkatan. Jangan lupa mengisi kartu kedatangan anda dan menyimpannya dengan baik sampai hari kepulangan anda ke Indonesia.

Urus Imigrasi di Negara Tujuan

Sesaat setelah tiba di negara tujuan, maka anda akan kembali berurusan dengan petugas imigrasi di bandara kedatangan. Biasakan mengantri dengan tertib dan tenang, agar anda tidak mengalami kesulitan saat menjalani pemeriksaan. Petugas hanya akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait dengan kunjungan anda ke negara tersebut seperti yang ada di film-film, jadi anda tidak perlu khawatir selama anda bisa berkomunikasi dengan baik dan tentunya anda harus bisa menjawab dengan bahasa internasional tentunya.

Susunlah rencana perjalanan anda dengan matang

Pertama Keluar Negeri

Sebelum hari H keberangkatan, anda wajib menyusun rencana perjalanan selama di luar negri. Hal ini akan membuat perjalanan menjadi terencana, terjadwal, terstruktur dan akan sangat berkesan. Karena setiap waktunya akan bermanfaat dan tidak ada waktu yang hilang sia-sia ketika anda sudah berada di Luar Negri. Dapatkan semua informasi dan pengetahuan mengenai objek wisata, Kota dan lain sebagainya yang akan anda datangi, serta waktu kunjungan terbaik untuk mendatanginya. Anda juga perlu mengetahui dengan jelas mengenai tiket masuk ke lokasi wisata, dan juga transportasi yang akan anda gunakan. Datangi tempat wisata yang mudah dijangkau dan berada di satu kawasan atau berdekatan sekaligus, agar tidak boros waktu, tenaga dan biaya.

Membawa Barang-barang Penting

Pertama Keluar Negeri

Ketika anda melakukan persiapan jauh-jauh hari selain Persiapan Pasport visa dan penginapan barang bawaan adalah kebutuhan penting lain setelah anda sampai di tempat tujuan. Ketika anda membawa perbekalan dan baran-baran kebutuhan utama anda pastikan semua sesuai dengan kebutuhan dan jangan membawa sesuatu yang kurang begitu penting, karena hal ini akan sia-sia, selain menambah beban koper atau tas anda hal ini mengakibatkan ketidak efisien dalam manajemen akomodasi anda. Jika anda membawa sesuatu yang kurang penting dan barang tersebut melebihi berat dari hal yang diperbolehkan oleh batas maksimal barang kabin dipesawat anda akan dikenai biaya tambahan, dan hal ini akan membuang duit dengan sia-sia, setelah sampai di Negara tujuan barang tersebut tidak terpakai, sunggguh sangat disayangkan jika anda melakukan hal sia-sia ini. Sekali lagi bawalah barang kebutuhan pribadi yang menjadi prioritas dan terpenting. Jangan buru-buru dan siapkan semua kebutuhan anda dengan baik, hindari membawa pakaian terlalu banyak. Gunakan sepatu yang nyaman dan tidak membuat kaki anda cepat lelah dan lecet, terutama jika anda akan banyak berjalan-jalan. Bawa smartphone atau gadget anda, lengkap dengan powerbank dan charger. Jangan lupa bawa kartu kredit anda berlogo internasional Visa atau Mastercard agar semua transaksi bisa berjalan dengan lancar, tinggalkan berbagai kartu yang tidak dibutuhkan selama di Luar Negri.

Aktifkan Ponsel Anda

Jika anda menggunakan nomor dari Indonesia maka akan dikenakan biaya roaming, dan biaya ini sangat mahal bahkan bisa 3-5 kali lipat dari biaya yang semestinya di Indonesia. Oleh karena itu anda lebih baik membeli nomer lokal untuk sekali pemakaian, supaya ponsel anda tetap bisa aktif dan terus berkomunikasi. Apalagi di negara orang hal yang perlu anda butuhkan adalah google map yang memudahkan anda pergi kemanapun tujuanya. Dan pastikan anda tetap terhubung dengan keluarga atau kerabat dirumah selama bepergian ke luar negeri, sebab kita tidak pernah tahu kejadian apa saja yang mungkin anda alami ketika bepergian ke luar negeri. Dan anda harus tetap waspada akan hal sekecil apapun, karena anda tidak akan pernah tau segala sesuatu ditempat baru tersebut.

Jangan Membawa Barang Palsu

Pertama Keluar Negeri

Kebanyakan negara-negara Eropa, Amerika sebagian Asia dan Australia menerapkan peraturan mengenai barang palus. Ada banyak kasus di mana barang palsu ketika dibawa bepergian ke luar negeri akan mendapat masalah, contohnya tas bermerek adalah jenis barang yang banyak sekali dipalsukan dan bahkan banyak sekali digunakan oleh wanita. Jangan membawa ketika sedang bepergian ke luar negeri, sebab barang palsu tersebut akan disita atau bahkan disobek oleh petugas di dihadapan anda jika memang terbukti hal tersebut terindikasi barang palsu. Karena sebagian negara-negara tersebut menghargai produk-produk original.

Demikian tips yang saya berikan untuk anda dan semoga bermanfaat serta menjadi masukan bagi anda untuk sekedar berlibur atau mengunjungi Negara-negara lain.

Nilai Kualitas Konten

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!