Catatan Perjalanan

Mengintip Gagahnya Merapi Dari Bukit Klangon

Yogyakarta! sampai saat ini masih menjadi destinasi wisata favorit gue, sudah beberapa kali berkunjung ke kota ini dan selalu saja menarik buat gue. Bahkan ada beberapa tempat yang gue kunjungin berkali kali tapi tidak pernah merasa bosan. Kali ini gue akan mencoba mendatangi tempat yang baru di Yogyakarta yaitu Bukit Klangon. Dari tempat ini kita akan melihat gagah nya Gunung Merapi dari dekat.

Perjalanan Ke Bukit Klangon

Awas lahar dingin dan awan panas, merinding ya

Pagi itu rasanya malas untuk bangun apalagi untuk mandi masih pengen tidur, tapi jadwal kita pagi itu akan berkunjung ke Bukit Klangon. Walaupun sedikit ngaret dari jadwal tapi kita tetap semangat. Karna kita menginap di daerah Malioboro maka kita mencari sarapan di pinggir jalan Malioboro, kalau pagi di sepanjang jalan Malioboro banyak penjual makanan kaki lima dan penjualnya kebanyakan mbah mbah yang masih semangat mencari nafkah (luar biasa). Makanan yang dijajakan biasa nya Gudeg dan nasi pecel.

Bukit Klangon ini berada di desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman dan berjarak sekitar 30KM dari kota Yogyakarta, dan karna kita mengendarai sepeda motor tidak butuh waktu lama sampai disana apalagi itu hari minggu jalanan tidak begitu ramai. Kita memacu motor kita pagi itu ke arah Kalasan (arah ke Candi Prambanan), tapi sebelum Candi Prambanan kita akan berbelok ke kiri ke Cangkringan dan selanjut nya kita menggunakan Maps hehe.

Puncak kawah merapi yang hancur akibat erupsi hebat

Perjalanan ke Bukit Klangon kita akan melewati sawah sawah dan perkebunan warga, tidak jarang kita akan berpapasan dengan warga yang berangkat ke sawah atau kebun mereka. Melewati rumah rumah penduduk, melewati pasar, melihat keadaan suatu daerah dan tau aktivitas penduduk daerah tersebut merupakan hal yang menarik, itulah arti perjalanan buat gue.

Jalan semakin menanjak dan kita sudah jarang menemukan rumah warga lagi, kanan kiri jalan di tumbuhi oleh pohon pohon besar yang bikin udara jadi sejuk. Sekilas Merapi mulai terlihat gagah sekali, terbayang waktu erupsi warga yang berada di wilayah itu panik dan menyelamatkan diri. Bau belerang mulai tercium dan itu artinya kita mau sampai.

Gagahnya Merapi Di Pagi Hari

Berasa kaya di Titanic

Gunung Merapi merupakan gunung berapi aktif yang sering erupsi dan memakan banyak korban jiwa, tapi Merapi juga memberikan banyak manfaat buat warga sekitar yaitu lahan pertanian jadi subur dan warga bisa menambang pasir dan batu dari hasil erupsi. Jarak antara bukit Klangon dengan Merapi sekitar 4KM, sangat dekat sekali sehingga kita akan menemukan papan larangan “Awas lahar dingin/awan panas”. Jadi kalau ada tanda tanda erupsi maka kita langsung kabur hehe. Intinya kita harus mentaati setiap larangan yang ada karna alam gak bisa dilawan.

Duduk santai menikmati keindahan Merapi

Kita sempat berpapasan dengan beberapa rombongan motor yang turun dari bukit Klangon, bisa jadi mereka sudah dari pagi buta diatas mengejar sunrise. Waktu yang tepat untuk mendatangi tempat ini adalah di pagi hari, karna pada saat itu udara tidak begitu terik dan pemandangan juga bagus ditambah dengan udara yang sejuk bikin tambah syahdu, asekk. Dan mungkin kalau pagi banget bisa melihat sunrise.
Dari bukit Klangon, Merapi terlihat gagah menjulang tinggi dengan ujung kawah nya yang sudah hancur/retak akibat erupsi dahsyat.

Syahdu, seger, adem, orang nya hehe

Pertama melihat Merapi dari dekat bikin merinding, terbayang gunung itu telah mengakibatkan kerusakan dan memakan korban jiwa karna erupsinya dan bisa saja erupsi terjadi ketika gue disitu. Cuaca yang cerah dan gak berkabut sehingga kita bisa melihat dengan jelas gunung yang mempunyai ketinggian 2.930 Mdpl tersebut, sesekali tercium bau belerang yang terbawa angin.

Kondisi lagi sepi jadi tidak harus antri berfoto

Tempat favorit di bukit Klagon ini adalah gardu pandang yang terbuat dari bambu, kita bisa berfoto di spot ini dengan berlatar gunung Merapi, kalau lagi sepi kita bisa berlama lama sambil berfoto. Tapi kalau ramai pengunjung siap siap saja untuk antri dan gantian, waktu itu cukup sepi jadi kita aman.

Tersedia Area Parkir Yang Luas

Berangkattt..

Ketika memasuki kawasan Bukit Klangon, loket tempat penjualan tiket belum dibuka alias gak ada penjaga akhirnya kita free gak bayar tiket tapi cuma dikenakan parkir motor aja sebesar Rp. 2.000. (tukang parkir nya sudah siap sedia).
Tempat parkir bukit Klangon sangat luas bisa menampung banyak motor dan juga mobil, tempat parkirnya juga disediakan atap sehingga motor nya gak kepanasan dan juga aman pokoknya.

Bisa Camping Buat Yang Ingin Menyatu Dengan Alam
Gunung Merapi merupakan salah satu gunung favorit buat para pendaki, walaupun gunung nya bersifat aktif tapi tidak mengurangi minat para pendaki untuk menjelajahinya. Dan buat anda yang mental nya belum cukup kuat mendaki gunung atapun gak punya waktu banyak untuk mendaki, anda bisa camping atau berkemah di Bukit Klangon dengan view Merapi. Di tempat ini tersedia area untuk mendirikan tenda ataupun camping, seru kan! Selain suasana nya kaya di gunung anda juga tidak perlu bercapek capek untuk mendaki karna bisa membawa kendaraan langsung ke lokasi.

Tapi ingat karna Merapi gunung aktif yang sewaktu waktu bisa erupsi, kita harus selalu waspada apalagi Bukit Klangon jarak nya sangat dekat dengan Merapi. Jadi gimana tertarik gak mengunjungi bukit Klangon? ^_^

Related posts

Lompat Batu, Sebuah Proses Pendewasaan

Apriel Mendrofa

Melawan Rasa Takut Di Jembatan Cinta Pulau Tidung

Apriel Mendrofa

Menjelajah Pulau Pari Di Kepulauan Seribu

Apriel Mendrofa

Leave a Comment