Catatan Perjalanan

Pesona Dlingo Bantul Yogyakarta

Bantul adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan tempat favorit wisatawan selain kota Yogya. Selalu ada saja tempat wisata yang dibuka di daerah Bantul ini terutama wisata alam. Hal ini secara tidak langsung bisa meningkatkan perekonomian warga Bantul.
Tahun 2006 silam Yogyakarta dan sekitarnya dilanda bencana gempa dahsyat, Bantul merupakan daerah berdampak hebat akibat bencana tersebut dan sekarang setelah dua belas tahun berlalu Bantul kini sudah bangkit bahkan sekarang telah menjadi destinasi wisata di Yogykarta karna keindahan alamnya.

Di Bantul itu ada tempat wisata apa aja sih? Banyak! Wisata alamnya sangat indah untuk dijadikan tempat refreshing, dan lokasi wisata ini terletak di daerah Dlingo Bantul.

Berikut ini ada tiga tempat yang kita kunjungi waktu di daerah Dlingo Bantul :

Kebun Buah Mangunan

Gardu pandang kebun buah mangunan

Tempat ini sempat happening beberapa tahun silam karna tempatnya yang indah. Kita bisa menyaksikan lautan awan di pagi hari sehingga tempat ini disebut dengan negri diatas awan. Waktu yang tepat untuk melihat penampakan lautan awan katanya adalah di pagi hari dan di musim penghujan, karna fenomena ini tidak bisa terjadi setiap saat. Jadi semoga beruntung ya hehe.

Pemandangan yang indah dari gardu pandang

Kebun buah mangunan adalah area kebun buah yang mempunyai luas sekitar 23 hektar dan memiliki berbagai koleksi pohon buah buahan. Kita bisa berwisata melihat aneka buah buahan sambil menikmati buah nya juga (tentunya kalau lagi musim ya). Tapi kebanyakan dari pengunjung tujuan mereka bukan ke kebun buah tapi ke gardu pandang di puncak nya. Karna dari sini kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah, hamparan pohon pohon yang berwarna hijau dan juga sungai yang membelah hamparan pohon tersebut, kita bisa melihat juga penampakan laut dari kejauhan. Duduk berlama lama di tempat ini tidak membosankan. Sangat mempesona.

Selalu ramai di akhir pekan

Waktu yang kita tempuh dari kota Jogja menuju kebun buah Mangunan sekitar satu jam menggunakan sepeda motor, jalan nya bagus dan akses nya cukup gampang. Jalur dua arah ke tempat ini sangat ramai apalagi di akhir minggu dan hari libur karna dipadati oleh para wisatawan. Jalurnya lumayan menanjak jadi pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima sehingga perjalanan bisa aman lancar dan selalu berhati hati.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Udara disini cukup segar, percaya!

Tidak jauh dari kebun buah Mangunan kita akan menemukan sebuah kawasan hutan pinus yang bernama hutan pinus Mangunan Dlingo. Tempat ini sangat indah karna kita melihat berpuluh puluh pohon pinus yang tersusun secara rapi sehingga indah dilihat dan dijadikan objek foto. Udara disini sangat sejuk sehingga bikin mudah lapar tapi tenang saja di kawasan hutan pinus terdapat banyak tempat makan dan harga nya tidak terlalu mahal.

Lagi nyari seseorang nih kayanya hehe

Pertama kali memasuki area ini kita akan melihat beberapa orang sedang santai di hammock. Warna hammock nya berwarna warni dan diikat di antara pohon pinus, bahkan ada yang dipasang beberapa tingkat keatas. Selain karna pemandangan pohon pinus yang cantik disini juga tersedia beberapa spot foto yang sangat instagramable, sangat cocok buat yang eksis di sosial media seperti rumah pohon, gardu pandang, bangku dan panggung pertunjukan, dijamin deh foto foto nya pasti keren.

Sudah nyoba naik keatas tangga itu, tapi turun lagi setelah lihat kebawah. ^_^

Ada hal yang bikin baper disini yaitu lokasi ini sering dijadikan sebagai lokasi foto prawedding sehingga tak jarang kita akan melihat calon pengantin yang melakukan foto depan kita (baper kan hehe).

Pintu Langit Dahromo

Moment sunset di pintu langit, kebetulan lagi sepi.

Tujuan terakhir kita adalah Pintu Langit Dahromo, dari namanya kita berpikir masa sih ada pintu langit. Tenang saja pintu langit adalah objek wisata yang tak kalah keren dari tempat tempat wisata lain yang ada di Bantul. Kenapa dinamakan pintu langit? Karna di tempat ini ada satu spot berupa pintu terbuka yang menghadap kelangit jadi kalau berdiri di spot itu seakan akan kita ke langit, kreatif sekali ya.

Waktu yang tepat berkunjung ke tempat ini adalah di sore hari menjelang matahari terbenam atau sunset, karna di waktu tersebut kita akan melihat pemandangan yang luar biasa ketika matahari terbenam. Jarang jarang kan kita melihat fenomena ini kalau di kota. Dan ini dimanfaatkan oleh pengunjung terutama anak anak muda untuk berfoto (termasuk gue hehe). View sunset disini sangat indah apalagi berfoto di spot pintu langit nya hasilnya pasti keren. Selain spot pintu langit ada juga spot tangan raksasa, piano diatas awan dan masih banyak lagi. Hits dan kekinian banget pokoknya, tak heran para pengunjung tempat ini adalah anak anak muda yang ingin menambah koleksi foto dan tentu saja posting di sosial media.

Menikmati sore disini sangat menakjubkan

Dan kalau hari sudah mulai gelap maka ada pemandangan yang tak kalah indah lagi yang akan kita saksikan yaitu lampu lampu perumahan yang terlihat dari kejauhan dan juga penampakan bintang bintang dilangit jika sedang cerah. Keren banget pokoknya, tapi tempat ini kurang cocok untuk wisata keluarga ya.

Sunset di tempat ini sangat indah

Jika berkunjung kesini tidak susah juga untuk mencari lokasi nya, walaupun letak nya agak jauh kedalam dari jalan besar tapi tersedia penunjuk jalan yang terpampang nyata di pinggir jalan.
Selain tiga tempat ini masih banyak lagi tempat wisata yang indah di Bantul. Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat Bantul jadi tempat wisata yang harus dikunjungi ketika di Yogyakarta ^_^

Related posts

Mengintip Gagahnya Merapi Dari Bukit Klangon

Apriel Mendrofa

Liburan dan Camping Akhir Tahun di Pulau Tidung

Apriel Mendrofa

Explore Coban Glotak di Malang yang masih Alami dan Menantang (Air Terjun)

Rud

Leave a Comment