Catatan Perjalanan

Liburan dan Camping Akhir Tahun di Pulau Tidung

Seperti biasanya, setiap malam tahun baru keluarga besar gue selalu merayakannya dengan berkumpul bersama, makan malam bersama, dan doa bersama. Dan untuk tahun ini gue absen dulu (tahun sebelumnya dan tahun sebelumnya lagi absen juga sih hehe). Alasannya ya males ditanyain kapan nikah mulu hehehe.. jejak pejalan kaki

30 Desember 2017/Sabtu

Ketika lagi makan malam di daerah Blok M, tiba tiba ada WA dari teman yang ngajakin buat malam tahun baruan di pulau. Gak pake mikir langsung bilang OK. Lumayan malam tahun baru ada alasan untuk keluar rumah. Hehe.. Pulang kerumah langsung beberes dan tidur karna besok pagi udah harus jalan. Niat nya sih mau tidur tapi malah susah tidur.

jejak pejalan kaki

31 Desember 2017/Minggu

On the way ke Pelabuhan Kali Adem-Muara Angke. Pagi itu arah ke Pelabuhan Kali Adem sangat rame dan macet, karna banyak orang juga yang mau menghabiskan malam tahun barunya di pulau pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Temen temen gue udah sampai duluan di Pelabuhan Kali Adem dan mereka sudah beli tiket ke pulau tidung setelah ikut antrian yang cukup panjang. Tadinya kita niat pergi nya ke pulau Pramuka, tapi karna tiket gak dapet jadi lah kita pulau tidung yang tiket nya masih available. Tiket kapal 50.000/orang.

Tiket penyebrangan menuju pulau Tidung

Fyi trip ke Tidung kali ini kita tidak menginap di homestay tapi kita camping, ya CAMPING, pengen cari suasana yang berbeda. Dan karna temen temen gue suka naik gunung maka peralatan camping mereka lengkap. Dan gue bawa peralatan pribadi aja kali ya hehe. Kita ada lima orang : gue, Andy, Ika, Igun dan cewe nya Yanti. Nah gue kenal mereka ini juga waktu naik Gunung Prau Desember 2016. Cieee anak gunung heheh..

Suasana di kapal

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3 Jam dari Jakarta akhir nya kita sampe ke Pulau Tidung.. Yeayyyyy. Dan Puji Tuhan cuaca sangat baik. Sampe di Tidung kita cari makan siang dulu deket deket pelabuhan, pesen pecel lele dan pecel ayam harganya hampir sama dengan di Jakarta. Beres makan kita naik bentor ke arah Jembatan Cinta, karna lokasi camping adanya di Pulau Tidung Kecil. Ongkos bentor Rp 25.000 aja. Satu Bentor angkut lima penumpang plus tas nya gede gede plus abang nya juga. Mantap!

Abang bentor semangat cari penumpang hehe

Dari Jembatan Cinta kita jalan kaki ke arah Pulau Tidung Kecil. Jadi jembatan cinta ini menghubungkan antara pulau Tidung besar dengan Pulau Tidung Kecil. Di jembatan ini banyak wisatawan yang lompat ke bawah. Pernah nyoba dulu waktu pertama kali ke tidung tapi kalo skg gak lagi deh. Dan di area jembatan ini juga banyak wisatawan yang main banana boat, berenang de el el. Antara pulau tidung besar ke tidung kecil lumayan jarak nya, tapi pemandangan kanan kiri atas bawah lumayan buat cuci mata.

Pemandangan yang indah

Ke Pulau Tidung Kecil

Sore hari di Pulau Tidung kecil
Senja di pulau Tidung Kecil

Pemandangan indah, angin sepoi sepoi jadi bikin baper, Hadeh. Sampai di Pulau Tidung Kecil terus cari area camping, lapor di pos, bayar tiket 15.000/orang plus satu KTP di tinggal. Setelah dapat spot kita bangun tenda dan beres-beres. Tenda udah jadi kita maen air dulu dan foto-foto, sayang nya waktu itu agak mendung jadi sunset nya gak dapet tapi gapapa lah. Yang camping waktu itu rame banget, sementara kamar mandi/toilet dikit, jadi harus antri lama dulu buat mandi, ya resiko. selain fasilitas kamar mandi, disini juga ada mushola.

Lokasi Camping yang lumayan ramai karna akhir tahun

Kelar mandi udah ganteng dan cantik kita cari makan malam ke arah Jembatan Cinta sekalian pergantian tahun disana. Oiya ninggalin tenda kosong juga aman, asal jangan tinggalin barang berharga aja di tenda. Jalan dari Tidung kecil ke jembatan cinta lumayan gelap jadi baik nya bawa senter atau headlamp. Terus angin laut lumayan kencang jadi kalo ga kuat dingin bisa bawa jacket biar gak masuk angin. Abis makan kita Santai santai aja kaya di pantai, lah emang di pantai. Makin malam makin rame menunggu pergantian tahun. Tepat jam 00.00 teng, Pergantian tahun 2017 ke 2018 di Jembatan Cinta, Happy New Year. Setelah foto foto, kita balik lagi ke tenda untuk istrahat.

Happy New Year @jembatancinta

jejak pejalan kaki

01 Januari 2018/Senin

Jam 04.30 perut tiba tiba mules, keluar tenda masih gelap nyari toilet, sampai toilet air gak ada, di ember kosong keran di matiin. Hadeehhh ditahan aja. Ternyata air di kamar mandi dibatesin jam nya, jadi kalo mau BAB atau BAK yah siap siap gak ada air. Pagi pagi bikin sarapan terus beres beres tenda, tas, saatnya kita pulang ke Jakarta. Jalan lagi ke arah jembatan cinta, naik bentor lagi. Beli tiket kapal gak lama kapal berangkat.Sampai ketemu lagi Pulau Tidung.

Sampai rumah, orang rumah pada pergi, jadi home alone. Sambil tiduran Cek WA grup dapat foto keluarga kemarin kumpul kumpul pas malam tahun baru. Post di Instastory dan WA dengan caption “Selamat tahun baru dari keluarga gue” ^_^

Related posts

Pengalaman Pertama Kedinginan Di Gunung Bromo

Apriel Mendrofa

Tergiur Tiket Murah Ke Singapore

Apriel Mendrofa

Melepas Kangen Dengan Ketinggian Prau 2565 Mdpl

Apriel Mendrofa

Leave a Comment