Catatan Perjalanan

Liburan Lebaran Di Situ Gunung Suspension Bridge Kota Sukabumi #1

Lebaran biasanya identik dengan libur panjang yang buat sebagian orang akan dimanfaatkan untuk pulang kampung bertemu keluarga ataupun berwisata. Tapi buat gue sendiri lebih sering menghabiskan liburan lebaran dirumah saja daripada pergi ketempat wisata atau ke luar kota yang sudah pasti akan sangat ramai sekali. Pernah punya pengalaman liburan keluar kota disaat lebaran: dapat hotel yang mahal, tempat makan banyak yang tutup, tempat wisata yang ramai pokoknya kurang menikmati. Dan pengalaman itu akhirnya gue alami lagi, hanya karna bujukan teman yang mengajak jalan ke Kota Sukabumi.

Baca juga: Rekomendasi Pantai dengan Pemandangan Terbaik di Malang

Otw ke Sukabumi dengan Kereta Api

Untuk sampai ke Sukabumi itu sendiri ada beberapa alternatif selain membawa kendaraan pribadi yaitu dengan menggunakan bis atau menggunakan kereta. Cukup membayar tiket kereta sebesar Rp. 35.000 maka kereta yang nyaman akan membawa kalian ke kota yang terkenal dengan moci nya ini. Tapi jangan salah kereta ini bukan berangkat dari stasiun Gambir ataupun stasiun Pasar Senen tapi kita harus terlebih dahulu ke daerah Bogor. Stasiun nya bernama stasiun Paledang terpisah dari stasiun Bogor yang sering digunakan oleh KRL, lokasinya berada tidak jauh dari KFC Stasiun Bogor. Jika kalian berangkat dari Jakarta atau sekitarnya dan menggunakan KRL menuju Bogor, maka harus menyesuaikan jadwal agar tidak terlambat dan ketinggalan kereta. Untuk jadwal keretanya cuma ada beberapa kali dalam sehari dan tiket dibeli secara online seperti pembelian tiket kereta luar kota pada umumnya.

Perjalanan Bogor – Sukabumi ditempuh dalam waktu dua jam dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata karna sepanjang jalan kita melihat yang hijau hijau seperti pepohonan dan sawah sawah yang membentang luas, alangkah subur dan indah nya negriku Indonesia. Dari dalam kereta terlihat Gunung Gede Pangrango yang berdiri gagah seakan akan mengikuti perjalanan kita dan memanggil untuk menggapai puncaknya, dan karna gue udah pernah ke gunung Gede maka target selanjutnya adalah gunung Pangrango yang mempunyai ketinggian 3.019 meter diatas permukaan laut ini, semoga kesampaian ya amin.

Baca juga: Pendakian Gunung Lembu 792 mdpl ; Kecil-kecil tapi Menantang #2

Adventure tipis-tipis

Dua jam berlalu kereta Pangrango kereta yang membawa kami dari Bogor sampai juga ke kota Sukabumi, jadi ingat kalau beberapa tahun silam pernah berkunjung ke kota ini dan momentnya juga pas lebaran. Karna masih dalam suasana lebaran maka jumlah penumpang dan kondisi di stasiun tidak terlalu ramai. Stasiun ini berlokasi tidak jauh dari pasar tradisional dan keadaan disana juga lenggang karena warga sedang merayakan idul fitri bareng keluarga. Dan di stasiun ini perjalanan yang sebenarnya dimulai, kami gak tau tujuan nya mau kemana, mau nginap dimana dan mau ngapain, semua pada bingung karna dari awal berangkat semua serba dadakan dan tidak ada persiapan sebelumnya, nah kan! Tapi karna sudah siang dan perut sudah dangdutan maka saatnya mencari sesuap nasi dan segelas minum untuk memulihkan tenaga supaya bisa kuat menghadapi kenyataan hehe dan bisa berpikir tenang selanjutnya akan mau ngapain di kota ini. Dengan taxi online kami menuju salah satu pusat perbelanjaan di kota Sukabumi menggunakan 2 mobil karna personilnya berjumlah 9 orang.

Belajar dari Sebuah Perjalanan

Ternyata dan ternyata hampir semua hotel pada hari itu sudah full, ini salah satu resiko yang dialami ketika sebuah perjalanan tidak direncanakan sebelumnya apalagi bertepatan pula dengan lebaran dan membawa personel yang banyak pula hadehhh. Setelah beberapa jam berjuang mencari dan mencari akhirnya ada juga hotel yang kosong, walaupun hotelnya sedikit horor tapi setidaknya malam itu bisa tidur dengan tenang. Pelajaran penting gue dapat dari trip ini yaitu sebelum melakukan sebuah perjalanan harus direncanakan terlebih dahulu : untuk penginapan-nya, transportasi-nya, dan tujuan-nya harus jelas supaya tidak membuang buang waktu, perjalanan ini juga melatih kesabaran karna menghadapi banyak orang banyak pendapat.

Oiya selama ini ketika bepergian gue selalu mengatur segala sesuatunya dengan terencana, jadi ketika sampai ketempat tujuan gue sudah tau harus ngapain. Tapi apapun itu harus selalu mencoba untuk menikmati perjalanan karna suasana yang asyik itu kita yang ciptakan, dan setiap perjalanan mempunyai ceritanya sendiri yang kelak akan indah untuk dikenang.

Bersambung ke: Liburan Lebaran Di Kota Sukabumi : Situ Gunung Jembatan Gantung #2

Related posts

Pendakian Gunung Lembu 792 Mdpl ; Kecil-kecil Tapi Menantang #1

Apriel Mendrofa

Candi I’m In Love : Wisata Candi

Apriel Mendrofa

Melawan Rasa Takut Di Jembatan Cinta Pulau Tidung

Apriel Mendrofa

Leave a Comment

You cannot copy content of this page