Liburan Akhir Tahun Low Budget ke Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen

Hari libur waktu yang tepat untuk rekreasi bersama keluarga. Meskipun masih belum punya pasangan tapi tidak ada salahnya jika menikmati liburan dengan orang tua, adik dan ponakan. Masih bingung mau kemana tujuan wisata akhir tahun 2019 karena tidak ada planning dan tidak ada budget untuk liburan.

Alhasil setelah berkeliling kota Malang akhirnya sekeluarga sepakat untuk pergi berkunjung ke salah satu Taman Nasional di Indonesia yang katanya terbesar se Asia yakni Taman Safari Prigen. Dimana terdapat unsur edukasi bagi seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak, dengan cagar alam yang lestari, sejuk dan alami.

Apalagi koleksi satwanya banyak dan masih terjaga, ada yang jinak, buas sampai ada yang gemesin dan kepingin dibawa pulang seperti anak singa atau anak harimau, hehehee.  

Lokasi Taman Safari Prigen

Taman Nasional ini bernama Taman safari II yang terletak di Desa Jatiarjo RT.12/RW.06, Prigen, Pasuruan, Jatim.

| Anda juga bisa membaca: Jalan-jalan ke Jakarta tapi Khawatir dengan Kondisi Jakarta Rawan Banjir di Musim Hujan

Sekilas mengenai Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen merupakan kawasan suaka margasatwa keluarga yang menyuguhkan wisata terbaik yang menyuguhkan satwa, alam, rekreasi, teater alam semesta, wahana hiburan serta berbagai aktivitas yang mendekatkan manusia dengan alam. Dikenal sebagai Taman Safari Indonesia II (dimana Taman Safari Indonesia I sebutan untuk Taman Safari Bogor), kawasan wisata ini terletak di kaki pegunungan Arjuno.

Taman Safari di Indonesia yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Safari Cisarua Bogor, Bali Safari dan Marine Park di Bali. Taman Safari Prigen berdiri sejak 1997. Secara umum, Taman Safari memang dikenal sebagai tempat wisata keluarga yang menyuguhkan suasana alam semesta dan lingkungan serta konservasi satwa di habitat aslinya.

Taman Safari Terluas

Taman Safari Prigen lebih luas dibandingkan dengan Taman Safari Indonesia Cisarua dan Bali. Memiliki luas 350 hektar, Taman Safari Prigen mengunsung konsep ala Afrika yang membiarkan satwa bebas berkeliaran di alam bebas dan terbuka, akan tetapi tetap dalam penjaggan yang ketat oleh petugas. Dan  Kamu gak bakal sanggup menyusurinya dengan berjalan kaki, apalagi letak dan kondisi medan berada di dataran tinggi yang berliku dan berkelok. Dijamin seru dan seperti di film-film Hollywood Jurassic park.

Untuk berkeliling melihat satwa, kamu diharuskan menyusuri menggunakan mobil pribadi, mobil wisata, atau tramp yang disediakan oleh petugas, karena sangat berbahaya dan dilarang jika berjalan kaki ataupun menaiki sepeda motor. Tapi, kalau untuk ke spot lain kamu bisa berjalan kaki. Ada banyak tempat menarik di Taman Safari Prigen ini.

Wahana di Taman Safari Prigen

Safari Adventure (Animals Feeding & Intimate)

Wahana ini untuk melihat berbagai satwa dari bebagai negara di dunia. Safari Adventure ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu satwa Amerika, Asia, dan Afrika. Untuk mengikuti safari ini, pengunjung harus menggunakan mobil keluarga yang tertutup, dapat juga menaiki shuttle bus yang disediakan pihak pengelola. Feeding & Intimate. Ini merupakan petualangan seru dan menantang, karena wisatawan dapat berdekatan dengan hewan-hewan di alam bebas dengan mengutamakan keselamatan dan rambu-rambu yang tertera disetiap jalanya. Wisatawan dapat menyentuh dan memberi makan binatang seperti ular, penguin, dan lain-lain serta mengabadikan momen ini secara eksklusif.

Dolphin and Friends

Dolphin and Friends, ini adalah sebuah pertunjukan edukasi tentang lumba-lumba, sea lion, dan linsang. Pertunjukan ini dilakukan di area Dolphin Bay Safari Prigen.

Baby Zoo

Baby Zoo, Wahana ini bisa Anda jadikan lokasi menarik untuk berfoto dan melihat dari dekat bayi-bayi lucu satwa, mulai bayi singa, bayi orangutan, bayi buaya, bayi harimau, bayi ular, penguin Humboldt, dan satwa-satwa lainnya.

Elephant Tracking

Elephant Tracking, Anda bisa menikmati keindahan lereng Gunung Arjuna dengan sensasi berada di kawasan hewan liar, seperti jerapah, badak, dan hewan menarik lain diatas Gajah dari Sumatra yang disajikan di Safari Elephant Trekking. Anda pasti bakal menikmati keseruan berpetualang di kawasan Afrika dan melewati kawanan zebra dan watusi, serta naik dan turun bukit.

Safari Paintball

Safari Paintball, ini adalah permainan seru dan menantang yang bisa dinikmati bersama tim dalam paket 3-on-3 war game, 5-on-5 war game, dan juga shooting target.

Safari Water World

Safari Water World, yaitu permainan air yang terdiri dari beberapa wahana, di antaranya Angkor Wat, Gigantic Water Slide, Crocodile Cave Lazy River dan Pirate Ship Park,.

Tiger Show

Tiger Show, ini adalah satu-satunya pertunjukan edukasi yang menarik dan menegangkan, menampilkan kedekatan seorang keeper atau pawang dengan harimau.

Dan masih banyak lagi wahana-wahana lainya yang menarik dan tidak cukup seharian untuk mengunjunginya.

Penutup

Setalah seharian muter-muter mengelilingi wahana Taman Safari, kita semua sekeluarga meninggalkan tempat wisata menuju ke Pandaan, disana kita berburu sea food yang sangat terkenal di Jawa Timur, yakni Kepiting cak gundul. Dan disinilah akhir perjalanan kita sekeluarga hari ini, dan setelah istirahat dan makan kita langsung menuju Kota Malang Tercinta. Sekian kisah perjalanan singkat liburan sekeluarga hari ini lebih jelasnya bisa lihat di video yang terlampir, kapan-kapan berbagi kisah lain yang menarik, Terimakasih.

| Anda juga bisa membaca: Tempat Wisata Legendaris Zaman Old di Malang bernama Sengkaling