Catatan Perjalanan

Camping Ceria Di Datar Kolle

Gue termasuk orang yang lebih menyukai kegiatan outdoor/alam dibanding beraktivitas dalam ruangan (kecuali kerjaan ya hehe). Jadi gak heran ketika ada teman yang ngajak untuk liburan maka gue susah untuk menolak apalagi kalau liburan nya di alam. Ada energy tersendiri ketika bermain dengan alam, apalagi buat para pekerja seperti kita yang setiap hari nya disibukkan dengan rutinitas kerja dan juga kemacetan jalan pasti butuh piknik.

Ketika kali ini ada teman yang mengajak untuk camping maka gue tidak butuh waktu lama untuk menjawab ikut. Kita akan mengisi liburan kita dengan ber camping, tapi karna camping nya bukan di gunung dengan ketinggian diatas rata rata maka camping ini kita sebut dengan camping ceria. Camping ceria kita ini istimewa karna selain camping kita juga akan mengunjungi beberapa curug atau air terjun yang berada tidak jauh dari lokasi camping, jadi bisa main main air neh. Dijamin pasti petualangan bareng teman teman kali ini akan seru.

Lokasi Camping Ceria
Tempat yang kita pilih untuk camping yaitu di Datar Kolle yang berlokasi di desa Cibadak kecamatan Sukamakmur Sentul Jawa Barat. Tempat ini belum lama di buka tapi sudah banyak di datangi oleh pengunjung, baik pengunjung yang berwisata ke curug maupun yang mau camping seperti kita.

Pemandangan di tempat ini sangat indah karna kita akan melihat pegunungan dengan dominasi warna hijau, dan kalau malam hari terlihat lampu lampu dari perumahan penduduk. Udara disini tidak terlalu dingin seperti gunung gunung tinggi tapi tetap saja pakai jacket kalau tidak mau masuk angin.

Tidak jauh dari lokasi camping juga terdapat rumah pohon, kita bisa bersantai santai disini sambil berfoto dengan berbagai gaya. Kalau berfoto di spot ini maka kita akan dapat background yang indah.

Persiapan Perlengkapan Kelompok Dan Pribadi
Tidak butuh waktu lama untuk mengumpulkan massa buat ikutan camping kali ini, dan terkumpul juga 16 orang yang siap ber camping dan bermain air di curug, tadinya ada 18 orang yang bersedia ikut camping tapi dua orang mengundurkan diri sebelum hari H karna urusan kerjaan yah sudahlah. Kemudian kita membentuk grup WA dan apa apa yang diperlukan di acara camping ceria di bahas di grup ini, pokok nya dilakukan secara instant.

Pembagian tugas dan peralatan seperti tenda, alat masak dan lain lain mulai dilakukan, demikian juga dengan pembagian pembelian logistik. Dan setelah perlengkapan kelompok sudah ready maka kita tinggal melengkapi peralatan pribadi.

Menuju Lokasi Camping
Persiapan sudah beres, pembagian peralatan juga sudah siap semua, tinggal berangkat. Hari sabtu siang saat nya kita memulai perjalanan kita dengan menggunakan motor alias touring. Panas terik jalanan tidak menghalangi semangat kita untuk berpetualang. Meeting point pertama kita di daerah Jakarta Timur, pemilihan tempat untuk menyesuaikan dengan tempat tinggal kita yang berbeda beda. Setelah terkumpul kita menuju meeting point yang kedua yaitu di Cibinong. Udara yang panas menemani perjalanan kita sampai meeting point kedua. Setelah semua terkumpul kita meneruskan perjalanan kembali.

Makin keatas jalan yang kita lalui semakin menanjak dan ada beberapa ruas jalan yang rusak dan berbatu. Harus extra hati hati melewati jalan ini. Ada kejadian beberapa motor tidak kuat nanjak akhir nya terpaksa turun, dan akhir nya malah jadi bahan lucu lucu an diantara kita. Kondisi jalan yang tidak bagus, jalur yang menanjak ditemani oleh jurang disebelah jalan (hehe) jadi pengalaman yang seru aja buat kita. Ditambah lagi tidak adanya lampu jalan karna mendekati lokasi akhir kita menjelang malam. Tapi bersyukur semua dalam keadaan selamat dan lancar.

Mendirikan Tenda, Persiapan Makan Dan Santai
Setelah memarkirkan motor di salah satu rumah penduduk maka kita memulai pendakian singkat kita ke lokasi camping. Dengan berjalan kaki sekitar 5 menit atau sekitar 20 meter maka kita sampai di area camping. Waktu sudah masuk malam dan udara sedikit dingin namanya juga pegunungan. Karna sudah gelap kita buru buru bangun tenda dan mempersiapkan makan malam. Dan untuk acara masak memasak nya gagal karna nasi yang dimasak bentuk nya jadi gak karuan hehe, tapi masih bisa dimakan sih dan disitulah keseruan nya.

Suasana seperti ini yang bikin kangen

Selesai makan kita habiskan waktu dengan ngobrol dan bercanda, kapan lagi bisa kumpul kumpul kaya begini, apalagi sambil menikmati pemandangan alam di malam hari ditemani dengan udara dingin. Asekkk.

Dan ada satu informasi yang kita tahu malam itu ternyata datar kolle masih ada puncak nya lagi dan kalau mau kesana harus menempuh waktu sekitar 3 jam dengan jalur yang lumayan ribet karna masih jarang dilalui orang, tadinya kita juga akan menuju kesana tapi setelah tau kondisi jalurnya dan makan waktu yang lama juga maka kita putuskan untuk tidak ke puncak.

Bermain Air di Tiga Curug

Curug Hordeng apa curug Kembar?
Trek ke curug lumayan terjal dan menanjak

Kebiasaan kalau lagi pada ngumpul gini pasti tidak akan bisa untuk tidur cepat, karna pasti akan digunakan untuk ngobrol dan becanda sampai tengah malam dan imbas nya bangun nya juga bisa kesiangan. Dan karna bangun siang maka esok pagi nya kita melewati moment matahari terbit hehe. meskipun kita melewati moment sunrise gak masalah karna kita akan dapat keseruan yang lain yaitu bermain di air terjun dan gak tanggung tanggung kita akan mengunjungi tiga curug sekaligus yaitu curug Hordeng, curug Kembar dan curug Ciburial.

Curug Ciburial, tidak cocok untuk berenang

Selesai sarapan saatnya kita menuju ke lokasi curug, tapi kita harus berjalan dulu sekitar 45 menit dari lokasi camping dengan trek yang lumayan menanjak. Setelah trek menanjak kita akan trek menurun ke lokasi curug, dari atas sudah terdengar bunyi gemericik air yang indah didengar. Akhirnya sampai juga kita di curug yang pertama yaitu curug Hordeng. Lihat air bawaan nya pengen nyebur aja. Airnya sangat dingin, segar dan pemandangan disekitar juga indah masih asri. Di curug ini terdapat spot untuk hammock an jadi kita bisa berfoto di hammock dengan view curug hordeng, lumayan bagus.

Curug Kembar, airnya dingin banget

Puas main air dan berfoto di curug Hordeng kita pindah lokasi ke curug Kembar, kenapa disebut dengan curug Kembar itu karna curug ini memiliki dua kucuran air terjun yang berdampingan jadi terlihat seperti kembar. Tujuan kita selanjut nya adalah curug Ciburial, tapi di curug ini tidak cocok untuk bermain air. Waktu yang ada kita gunakan sebaik baiknya dengan bermain air dan bercanda bersama dengan teman teman, suatu momen yang tidak akan terulang kembali.

Seru banget ya, bahagia itu sederhana
Tempat ini bikin baper

Udara yang dingin membuat perut cepat lapar tapi sayang nya kita tidak membawa makanan, ada beberapa cemilan langsung diserbu karna laper hehe. itu tandanya kita harus mengakhiri petualangan seru ini. Kita kembali ke tenda untuk siap siap kembali ke ibukota membawa kenangan indah dari datar kolle. Oiya tetap menjaga kebersihan ya dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi sampai mencoret coret.

Cuma akting kok, gue aja yang ge er

Hidup itu terasa indah ketika bersentuhan dengan alam, maka sering sering lah bersentuhan dengan ALAM ^_^

Related posts

Sunrise Yang Indah Di Bukit Sikunir

Apriel Mendrofa

Liburan dan Camping Akhir Tahun di Pulau Tidung

Apriel Mendrofa

Jejak Lentera Peduli

Apriel Mendrofa

Leave a Comment