Catatan Perjalanan

Ramainya Pengunjung Candi Borobudur Di Akhir Pekan

Borobudur Candi terbesar Di Indonesia

Hari ini adalah hari terakhir kami berada di Magelang, setelah mengunjungi Candi Mendut, Gereja Ayam dan Punthuk Setumbu maka agenda hari ini kami akan mengunjungi Candi terbesar di Indonesia yaitu Candi Borobudur.

Selalu Ramai Di Akhir Pekan Dan Libur Panjang

Candi Borobudur, semua orang pasti sudah mendengar namanya tapi masih banyak dari kita yang salah mengira lokasi keberadaannya. Candi Borobudur terletak di Magelang Jawa Tengah, tapi sebagian orang termasuk gue dulu berpikir kalau Candi Budha ini berada di Jogjakarta. Mungkin karna Jogja sudah lebih dulu dikenal sebagai kota tujuan wisata. 

Candi bernuansa Budha yang menjadi kebanggan bangsa

Foto google

Pagi itu sedang berlangsung event tahunan Borobudur Marathon yaitu lomba lari yang diikuti oleh ribuan peserta dari dalam maupun luar negri. Dengan adanya acara ini otomatis daerah sekitar Borobudur menjadi ramai dan bahkan ada pengalihan jalan. Kendaraan para pengunjung dialihkan untuk parkir diluar supaya tidak mengganggu jalannya event marathon. Cukup membayar uang Rp. 5.000 saja untuk biaya parkir. 

Setelah memarkirkan motor kami berjalan cukup jauh menuju loket penjualan tiket, wah kami sudah mencium aroma keramaian di tempat ini apalagi hari ini adalah hari sabtu saatnya untuk berekreasi. Kalau keadaan diluar saja sudah ramai lalu seperti apa keadaan didalam? 

Kami melihat bis bis besar terparkir yang membawa rombongan wisata yang datang dari berbagai daerah, para pengunjung pun terlihat sangat ramai memenuhi kawasan Candi Borobudur. Rombongan pelajar yang sedang study tour menjadi pengunjung terbanyak saat itu.   

Setelah antri cukup lama di loket penjualan tiket, kami mulai masuk ke dalam kawasan candi. Di pintu pemeriksaan tiket, antrian sangat panjang membuat suasana menjadi ramai dan para pengunjung pun mulai berisik. Kami hanya tertawa menghibur diri karna sepertinya kami salah waktu datang kesini. harus bisa bersabar karna ini bukan ujian hehe. 

Tak pernah sepi dari pengunjung

Tiba tiba sepi langsung berfoto

Memasuki kawasan candi kami sudah terbiasa melihat keramaian wisatawan yang memenuhi setiap bagian candi. Untuk berjalan saja harus antri dan pelan pelan, keadaan seperti ini hal yang wajar dan sering kita jumpai ketika mengunjungi tempat tempat wisata di akhir minggu atau liburan panjang seperti libur sekolah dan libur lebaran. 

Melihat antusias pengunjung yang datang berwisata ke Candi Borobudur kita patut bangga karna bangsa Indonesia memiliki tempat wisata sejarah yang masih berdiri kokoh hingga hari ini. Dan tempat ini selalu mendapat kunjungan dari wisatawan domestik maupun manca negara yang ingin menyaksikan keagungan dari candi yang dibangun pada abad ke 8 masehi. 

Harga Tiket, Jam Buka Dan Fasilitas Di Candi Borobudur

Beberapa waktu silam Candi Borobudur pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia dan sekarang masuk dalam situs warisan dunia Unesco, sehingga animo wisatawan sangat tinggi ke candi ini. Setiap hari candi Borobudur tidak pernah sepi dari wisatawan yang datang dari berbagai daerah dan negara. 

Foto dari google

Dari ketinggian Candi Borobudur kita bisa melihat beberapa gunung yang berada di Jawa Tengah seperti Sindoro, Sumbing, Merbabu dan Merapi. Gunung Merapi yang masih aktif hingga hari ini sempat mengubur Candi Borobudur dengan letusan abu vulcaniknya dalam jangka waktu lama.

Candi borobudur dikelola oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) dan menetapkan harga tiket masuk untuk wisatawan nusantara sebagai berikut :

Tiket Masuk Harga Tiket
BorobodurRp. 50.000
Terusan Borobudur – PrambananRp. 75.000
Terusan Borobudur – ratu BokoRp. 75. 000

*Tiket termasuk asuransi

Jam buka : Setiap hari 06.00 – 17.00

Selain di Punthuk Setumbu, kita juga bisa menyaksikan fenomena sunrise di Candi Borobudur. Tapi tiket masuk dijual terpisah dari tiket biasa dan harga nya cukup mahal untuk beberapa orang seperti gue hehe. Tapi harga mahal bukan masalah bagi mereka yang ingin menikmati keindahan sunrise dari tempat yang indah.

Fasilitas yang ada di Candi Borobudur :

Area luar Candi : tersedia parkir yang luas, warung penjual makanan dan minuman, kios penjual oleh oleh dan souvenir buat keluarga dirumah.

Area dalam Candi : toilet yang bersih, mushola, museum, visitor center & audio visual, restoran, kereta mini, sepeda sambil berkeliling, safari gajah. Note: siapkan uang lebih jika ingin menikmati beberapa fasilitas ini.

Selain berwisata sejarah dan wisata alam, hal menarik lainnya di Candi Borobudur adalah perayaan Waisak, pada saat itu banyak wisatawan datang dari berbagai pelosok negri ikut menyaksikan perayaan waisak yang dilakukan dengan meriah. Dan salah satu agenda menarik pada perayaan ini adalah festival lampion.

Setelah capek berkeliling candi ada baiknya untuk beristirahat sejenak di bawah rindangnya pepohonan yang ada disekeliling candi. Semilir angin yang bertiup membuat mata cepat ngantuk dan tidak ingin buru buru untuk beranjak hehe.

Perhatikan Hal Berikut Di Candi Borobudur

Penemuan kembali Candi Borobudur membuat kita mengetahui keagungan budaya leluhur kita dimasa lampau. Sempat terbengkalai dalam waktu cukup lama dan pada akhirnya mengalami proses pemugaran sampai menjadi seperti sekarang ini. 

Cuaca yang sangat terik sangat terasa disini

Salah satu relief yang ada di dinding candi Borobudur

Dari Candi Borobudur kita bisa belajar tentang sejarah dan budaya dimasa silam, ini  terlihat dari bentuk bangunan yang megah, patung/stupa maupun relief yang ada di tembok Candi. Buat para pecinta sejarah, penyuka candi, Borobudur menjadi tempat yang cocok untuk dikunjungi.

Dan sangat disayangkan ada beberapa stupa yang sampai saat ini menghilang dan beberapa sudah tidak utuh lagi karna ulah orang yang tidak bertanggung jawab. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berkunjung ke Candi Borobudur :

  • Candi ini berada di ruang terbuka sehingga cuaca akan sangat terik dan panas, kalau tidak ingin kepanasan silahkan datang di pagi atau sore hari saat matahari sudah tidak terik lagi.
  • Pakailah topi atau payung serta kacamata hitam untuk mengurangi efek terik di badan dan silahkan pakai baju berlengan panjang jika takut hitam.
  • Pakai pakaian yang nyaman karna harus menaiki tangga yang curam dan tinggi.
  • Bawa air mineral karna udara panas bikin cepat haus.
  • Hindari akhir minggu atau libur panjang supaya dapat menikmati candi dalam keadaan sepi dan juga mendapatkan foto yang bagus.
  • Candi adalah tempat sakral bagi suatu umat jadi tolong hargai larangan untuk tidak memegang patung dan tidak duduk sembarangan dibagian candi. 
  • Berhati hati saat berfoto karna lokasi candi yang lumayan tinggi, jangan sampai membahayakan diri sendiri. 
  • Cari referensi spot terbaik untuk berfoto supaya dapat foto dengan hasil yang maksimal.
  • Jika dalam keadaan ramai, pintar pintar pilih moment dan tempat supaya dapat foto terbaik tanpa diganggu pengunjung lain.
  • Jarak antara candi menuju pintu keluar sangat jauh, ada baiknya untuk tidak tergesa gesa dan menikmati setiap moment.
  • Jangan mencoret coret dan jaga selalu kebersihan. 

Pilih hari biasa jika ingin berfoto seperti ini (foto tahun 2014)

Cari tempat yang sepi agar dapat berfoto dengan tenang

Borobudur adalah mahakarya terbesar dari leluhur kita dan menjadi salah satu kebanggaan bangsa yang harus kita jaga. Jangan sampai kita melupakan budaya dan sejarah bangsa sendiri.

Related posts

Melepas Kangen Dengan Ketinggian Prau 2565 Mdpl

Apriel Mendrofa

Nias Island Dan Pesona Nya

Apriel Mendrofa

Liburan dan Camping Akhir Tahun di Pulau Tidung

Apriel Mendrofa

2 comments

Gereja Ayam, Gereja Di Tengah Hutan? - Jejak Pejalan Kaki January 6, 2021 at 1:24 am

[…] Ramainya Pengunjung Candi Borobudur Di Akhir Pekan […]

Reply
Candi Kembar Yang Cantik : Candi Plaosan - Jejak Pejalan Kaki January 19, 2021 at 4:21 am

[…] Ramainya Pengunjung Candi Borobudur Di Akhir Pekan […]

Reply

Leave a Comment

You cannot copy content of this page