Jejak Kuliner

Nikmatnya Makan Lontong Kupang Kuliner Surabaya

4.6
(5)

Sudah pernah mendengar lontong kupang Kuliner Surabaya? Nama kupang pada makanan ini ternyata bukan menunjukkan asal daerah kuliner ini. Tapi merupakan nama sejenis kerang kecil yang biasa ditemukan di pinggir pantai.

Umumnya, ada dua jenis kupang yang biasa ditemukan, yaitu kupang merah dan kupang putih. Seekor kupang memiliki ukuran yang cukup kecil. Kira-kira hanya sebesar ukuran beras atau biji kedelai. Meski ukurannya kecil, kupang ternyata kaya akan kandungan zat besi dan zinc, serta memiliki kandungan asam lemak tak jenuh serta protein yang bermanfaat untuk tubuh.

Lontong Kupang Kuliner Surabaya

Untuk resep lontong kupang, biasanya dibuat dengan menggunakan jenis kupang putih. Selain karena dagingnya tidak mudah hancur, rasa kupang putih cenderung lebih enak. Di samping itu, harga kupang putih juga lebih terjangkau dibandingkan dengan kupang merah.

Rekomendasi Tempat Makan Lontong Kupang Kuliner Surabaya

Penasaran ingin mencoba lontong kupang Kuliner Surabaya? Kuliner ini bisa Anda temui di kawasan Sidoarjo dan Surabaya. Biasanya lontong kupang disajikan dengan lontong, kremesan lento, dan sate kerang. Kuahnya gurih karena berpadu dengan petis beraroma udang.

Bagi Anda yang sedang berada di Surabaya dan ingin mencicipi kuliner ini, bisa datang ke beberapa tempat berikut ini:

1. Lontong Kupang Artomoro

Berada di Jl. Raya Manyar No. 5J, Manyar Sabrangan, tempat ini buka setiap hari sejak pukul 09.00 s.d. 20.00 WIB. Anda bisa menikmati kuliner ini dengan kisaran harga Rp 10.000 – Rp 13.500. Selain itu, Anda juga bisa menambah lauk lain seperti sate kerang untuk menemani santapan.

2. Lontong Kupang Pak H. Woko

Tempat ini terkenal dengan sate kerangnya yang enak. Selain itu, kombinasi petis dengan bumbu spesialnya pun membuat kuah lontong kupang semakin menggiurkan. Anda bisa menikmati kuliner ini mulai dari Rp 12.000 per porsi. Berlokasi di Jl. Kalasan No. 30, Pacar Keling, tempat ini buka setiap hari dari pukul 09.30 s.d. 17.00 WIB.

3. Lontong Kupang Bu Wito

Sudah ada sejak tahun 1980-an, tempat makan ini pun sangat legendaris. Berada di Jl. Raya Tenggilis No. 128, Tenggilis Mejoyo, tempat ini buka setiap Senin-Sabtu sejak pukul 10.00 s.d. 16.00 WIB. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 19.000 sudah termasuk dengan es degan.

4. Kupang Lontong Pak Hadi

Kupang Lontong Pak Hadi berada di sekitar SMAN 17 Surabaya. Karena dekat dengan sekolah, tempat ini pun menjadi sasaran kuliner anak sekolah. Apalagi, harganya juga cukup murah. Dengan harga sekitar Rp10.000, Anda sudah bisa menikmati seporsi lontong kupang.

Untuk mencicipi Lontong Kupang Pak Hadi, Anda bisa datang ke Jl. Rungkut Asri No. 24-22, Rungkut Kidul. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 s.d. 17.00 WIB.

Lontong Kupang Kuliner Surabaya

5. Warung Kupang Kenjeran Pak Warno

Warung Kupang Kenjeran Pak Warno berada di Jl. Ploso 12 No. 9A. Tempat ini buka setiap hari sejak pukul 10.00 s.d. 17.00 WIB. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 15.000 per porsinya. Untuk minumannya, Anda bisa memilih es teh manis, es teh melati, atau es degan.

6. Amboja Bistro

Tempat ini menawarkan berbagai masakan tradisional Indonesia. Salah satunya adalah lontong kupang. Harga yang diberikan sekitar Rp 19.000 – Rp 20.000. Buka setiap hari sejak pukul 10.00 s.d. 21.00 WIB, tempat ini terletak di Jl. Diponegoro No. 56, DR. Soetomo.

7. Lontong Kupang Pak Gendut

Berada di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No. 11, Pacar Keling, tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 s.d. 21.00 WIB. Dengan harga sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000, Anda sudah bisa menikmati kuliner ini. Di sini, kuliner ini di bagian atasnya diberikan kremesan lento yang menggugah selera.

8. Lontong Kupang Bu Vivi

Hanya dengan harga sekitar Rp 15.000, Anda sudah bisa menikmati kuliner Kuliner Surabaya ini. Tak seperti di tempat lain, lontong kupang Kuliner Surabaya di sini menggunakan petis udang di dalamnya. Selain itu, terdapat bumbu tambahan sehingga kuahnya pun terlihat agak gelap.

Lokasi kuliner Lontong Kupang Bu Vivi berada di Jl. Raya Menganti No. 28, Lidah Wetan, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 s.d. 17.00 WIB.

9. Lontong Kupang Pesisir

Anda sedang berada di ITC Surabaya Mega Grosir? Jangan lupa kunjungi tempat ini. Lokasinya, tepat berada di Jl. Gembong, Kapasan, tempat ini buka setiap hari sejak pukul 11.00 s.d. 21.00 WIB. Harga yang ditawarkan pun terbilang murah, yaitu sekitar Rp 15.000 seporsi.

10. Kupang Lontong Cak Ipin

Tempat ini menawarkan cita rasa pedas dan manis yang menambah selera. Berlokasi di Jl.Ronggowarsito, Darmo, tempat ini buka setiap hari sejak pukul 12.00 s.d. 17.00 WIB. Dengan harga sekitar Rp 12.000, Anda sudah bisa menikmati seporsi kuliner Kuliner Surabaya ini, loh.

Resep Lontong Kupang Kuliner Surabaya

Lontong Kupang Kuliner Surabaya

Jika Anda belum berkesempatan untuk mencicipi kuliner lontong kupang, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Membuat kuliner Kuliner Surabaya ini pun cukup mudah. Namun, jika Anda masih bingung, berikut ini adalah resep lontong kupang Kuliner Surabaya yang bisa Anda coba:

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 500 gr kupang
  • Irisan daun bawang
  • Lontong
  • Lento singkong (parutan singkong yang digoreng garing)
  • Tahu goreng
  • Bawang goreng
  • Sate kerang

Bumbu halus:

  • 1 sdm petis matang
  • ½ siung bawang merah
  • ½ sdm bawang putih goreng
  • Cabai rawit secukupnya
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt gula pasir

Bumbu kuah:

  • 5 siung bawang putih halus
  • 6 siung bawang merah halus
  • ½ sdt lada bubuk
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • Garam dan gula secukupnya
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 1 liter air

Cara membuat lontong kupang:

1. Panaskan minyak di dalam wajan. Setelah itu, masukkan daun bawang dan tumis hingga kecokelatan. Kemudian, masukkan bumbu halus dan aduk hingga tercium bau wangi. Jika sudah, tuang air dan masukkan kupang hingga matang.

2. Siapkan piring. Lalu, taruh bumbu halus di piring. Kemudian iris lontong, tahu goreng, dan lento singkong. Masukkan kupang yang sudah matang beserta kuahnya dan aduk hingga merata. Setelah itu, di atasnya diberikan taburan bawang goreng dan sate kerang.

3. Lontong kupang siap disajikan.

Untuk menambah kenikmatan lontong kupang, Anda bisa menyajikannya bersama dengan es kelapa muda. Menikmati lontong kupang hangat dan es kelapa muda adalah kombinasi terbaik yang harus Anda coba.

Bagaimana? Anda tertarik mencoba untuk membuat lontong kupang Kuliner Surabaya di rumah? Atau Anda ingin langsung membeli saja di beberapa tempat rekomendasi di atas? Tentukan pilihan Anda dan jangan lupa ajak keluarga, teman, dan kerabat untuk menikmati kuliner ini, ya!

Jangan lupa follow i.g @jejakpejalankuliner

Terimakasih telah membaca, jangan lupa beri rating bintang lima

Klik bintang untuk memberi rating

Average rating 4.6 / 5. Vote count: 5

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts

No Copy, Yes Coffee !!!