Catatan Perjalanan

Candi I’m In Love : Wisata Candi

Wisata Candi
Temen gue : Tar kalo lu meried, mau prewed nya dimana?
Gue : Candi (hehe)

Gue itu sudah jatuh cinta dengan yang namanya Candi. Sejak pertama kali berkunjung ke Candi, gue sudah merasa suka. Bangunan nya yang indah dan nilai sejarah dari Candi itu yang bikin kagum, kebayang kan jaman dulu saat tekhnologi masih belum canggih, orang orang sudah bisa membangun bangunan yang luar biasa, batu yang luar biasa berat bisa dibuat bertingkat tingkat. Selain itu gue senang aja kalau foto di area Candi, foto foto nya terlihat bagus.

Bangunan Candi ini banyak tersebar di beberapa titik di Yogyakarta, jadi kalau mau wisata Candi datang saja ke kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Candi Prambanan

Candi inilah yang pertama kali bikin gue jatuh cinta, karna pertama kali main ke Candi ya ke Candi ini, kita semua juga pasti setuju kalau Candi Prambanan ini sangat cantik dan indah.
Candi Prambanan adalah Candi Hindu yang dibangun sekitar pertengahan abad ke-9 masehi, merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia.

Berlokasi di kecamatan Prambanan, perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO, luar biasa kan!
Yang gue ingat tentang Candi Prambanan ini adalah legenda Roro Jonggrang, cerita yang gue dengar ketika masih kecil. Kisah percintaan yang tragis, pengorbanan yang tidak dihargai heheh. Fyi, ini sudah yang ketiga kali gue main ke Candi ini dan tidak pernah merasa bosan.

Candi Borobudur


Saat masih duduk di bangku sekolah kita diajar tentang 7 keajaiban dunia, dan Candi Borobudur masuk ke dalam salah satunya. Waktu itu cuma bisa bermimpi kapan ya bisa kesana, melihat salah satu dari keajaiban dunia itu. Banyak orang menganggap (termasuk gue) kalau Borobudur itu ada di Yogyakarta, padahal lokasi nya ada di Magelang Jawa Tengah.

Candi Borobudur adalah Candi Budha terbesar di dunia yang dibangun pada abad ke-8 masehi dan masuk kedalam situs warisan dunia UNESCO. Tidak heran kalau Candi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada akhir minggu dan libur panjang. Buat anda yang ingin menikmati Borobudur dalam kondisi sepi, usahakan datang di hari biasa jadi tidak terlalu ramai dan hasil foto pun bisa lebih bagus. Gue kesini hari Jumat, jadi lumayan sepi.

Candi Sewu


Masih satu kawasan dengan Candi Prambanan, kita bisa jalan kaki sekitar 15 menit untuk sampai ke Candi ini. Candi Sewu (Sewu artinya seribu) tapi jumlah Candi nya tidak sampai seribu. Candi ini dibangun pada abad ke-8 masehi dan merupakan Candi Budha. Amazing ya pada zaman dahulu kerukunan umat beragama sudah terjaga, terbukti dari Candi Prambanan dan Candi Sewu yang lokasi nya berdekatan padahal Candi ini dari dua agama yang berbeda. Semoga kerukunan beragama tetap terjaga terus ya di bangsa kita, Amin.

Walaupun satu komplek dengan Candi Prambanan tapi pengunjung di Candi ini tidak seramai di Candi Prambanan, bisa jadi karna wisatawan tidak tau keberadaan Candi ini, atau mereka sudah capek duluan sehingga tidak kesini. Padahal Candi ini juga Indah, apalagi kalau buat foto foto.

Candi Ratu Boko


Salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di Yogyakarta adalah di Candi Ratu Boko atau dikenal juga dengan sebutan Keraton Ratu Boko. Sebenarnya di tempat ini tidak ditemukan Candi utuh, hanya merupakan reruntuhan sebuah istana atau keraton. Satu satunya bangunan yang mirip Candi di tempat ini adalah gapura utama.
Keraton Ratu Boko berlokasi tidak jauh dari Candi Prambanan dan berada di atas bukit. Komplek Candi ini sangat luas jadi harus siap capek ya untuk mengelilingi komplek Keraton ini. Bangunan yang ada di sini antara lain ada candi pembakaran mayat, pendopo, kolam, goa. Benar benar sebuah Istana di atas bukit. Sedikit berandai andai bagaimana kalau semua bangunan di keraton ini tidak runtuh, pasti akan sangat indah sekali.

Kalau mau kesini lebih bagus di sore hari karna udara tidak terlalu panas, kita bisa duduk duduk santai sambil menikmati pemandangan gunung Merapi dari kejauhan dan juga Candi Prambanan terlihat gagah dari atas sini.

Candi Sambisari


Kalau bangunan Candi umum nya berada di atas permukaan tanah dan terlihat tinggi, tapi tidak untuk Candi ini. Candi Sambisari berada di bawah permukaan tanah, sehingga tidak terlihat dari luar. Ternyata Candi ini sempat terkubur ber abad lampau dan baru ditemukan, kemudian dipugar kembali sehingga menjadi cantik seperti sekarang.
Candi ini dulu terkubur oleh material vulkanik dari gunung Merapi yang meletus ber abad lalu, dan ditemukan oleh seorang petani secara tidak sengaja. Nah itu erupsi Merapi dahsyat banget ya sampai bisa mengubur sebuah bangunan Candi, bisa jadi masih ada bangunan bangunan lain yang terkubur tapi belum ditemukan sampai sekarang (siapa yang tau).

Candi Sambisari merupakan Candi Hindu dan berlokasi daerah di Sleman Yogyakarta. Lokasi nya berdekatan dengan pemukiman penduduk sehingga suasana di luar Candi lumayan ramai.

Candi Ijo


Candi Ijo merupakan Candi yang lokasi nya paling tinggi dibanding dengan Candi Candi lain nya. karna berada diatas bukit di Desa Sambirejo Sleman. Candi Ijo merupakan Candi Hindu dan dibangun antara abad 10-11 masehi.

Candi ini juga merupakan spot yang bagus untuk menikmati sunset. Biasa nya para pengunjung akan ramai di sore hari, selain karna udara yang tidak panas sekalian menikmati sunset. Kalau anda datang kesini tengah hari bolong siap siap saja untuk gosong hehe.
Walaupun lokasinya diatas bukit tapi akses ke Candi ini gampang, masih bisa dijangkau sama motor dan juga mobil. Masih satu arah menuju ke Candi Ijo kita akan menemui Candi yang lain juga yaitu Candi Barong dan tempat wisata Tebing Breksi. Jadi sekali jalan bisa mampir ke beberapa tempat.

Candi Barong


Candi Barong merupakan Candi Hindu yang diperkirakan dibangun sekitar abad 9-10 masehi. Berada di Desa Sambirejo Sleman, masih satu jalur dengan Candi Ijo. Jadi kalau mau berkunjung ke Candi Ijo pasti akan melewati lokasi Candi Barong. Kenapa Candi ini dinamakan dengan Candi Barong, karna bangunan Candi memiliki hiasan seperti Singa atau Barong. Pengunjung di Candi ini terlihat sepi tidak seperti Candi Candi yang lain, mungkin karna Candi ini lebih kecil jadi tidak butuh waktu lama untuk menikmatinya.

Fyi Hampir semua bangunan Candi ketika ditemukan dalam keadaan tidak utuh sehingga perlu proses pemugaran kembali sampai menjadi Candi yang indah.

Hal Hal Yang Diperhatikan Ketika Di Candi

1. Kebanyakan Candi berada di ruang terbuka sehingga akan sangat terik/panas, jadi kalau berkunjung ke Candi usahakan datang di pagi hari atau sore hari.

2. Karna kawasan Candi panas dan terik usahakan bawa payung, pakai topi, kacamata hitam dan kalau takut hitam pakai baju lengan panjang.

3. Bawa minuman karna didalam tidak ada pedagang, udara yang panas bikin cepat haus.

4. Kalau ingin menikmati suasana sepi ketika berkunjung ke Candi, pilihlah hari biasa saja, bukan weekend atau libur panjang.

5. Candi adalah tempat sakral suatu umat, jadi ketika di Candi kita harus menghargai dengan tidak sembarangan memegang, menginjak ataupun menduduki bagian Candi yang dilarang.

6. Jangan mencoret coret, stop vandalisme.

7. Berhati hati saat berfoto karna lokasi Candi yang lumayan tinggi.

8. Jagalah kebersihan, jangan membuang sampah sembarangan, jangan mengandalkan orang lain membuang sampah kalian, karna kebersihan adalah sebagian daripada Iman ^_^

Related posts

Melawan Rasa Takut Di Jembatan Cinta Pulau Tidung

Apriel Mendrofa

Dieng Negri Diatas Awan

Apriel Mendrofa

Explore Coban Glotak di Malang yang masih Alami dan Menantang (Air Terjun)

Rud

5 comments

BestElden November 13, 2018 at 10:33 am

Good job

Reply
NidaJuicy November 24, 2018 at 10:50 pm

Hi. I see that you don’t update your page too often. I know that writing articles is time consuming and boring.
But did you know that there is a tool that allows you to create new articles using existing content (from article directories or
other blogs from your niche)? And it does it very well.

Reply
SherryJuicy November 28, 2018 at 2:10 am

Hello. I see that you don’t update your website too often. I know
that writing content is boring and time consuming.
But did you know that there is a tool that allows you to create new articles using existing content (from article directories or other blogs from your
niche)? And it does it very well. The new posts are high quality and pass the copyscape test.
Search in google and try: miftolo’s tools

Reply
DeclanJuicy November 29, 2018 at 9:42 am

Hello. I see that you don’t update your page too often. I know that writing
posts is time consuming and boring. But did you know that there is a tool that allows you to create new posts using existing content
(from article directories or other blogs from your niche)?
And it does it very well. The new articles are unique and pass the copyscape test.
Search in google and try: miftolo’s tools

Reply
paysafecard to bitcoin December 5, 2018 at 7:51 am

It is in reality a nice and helpful piece of info.

I’m glad that you just shared this useful info with us.

Please keep us informed like this. Thanks for sharing.

Reply

Leave a Comment